--> Skip to main content

Pengertian DHA Dan EPA - Manfaat DHA Dan EPA

DHA dan EPA, pastinya kamu pernah mendengar istilah tersebut. Namun, tahukah kamu apa itu DHA dan EPA? Seperti apa yang dimaksud dengan EPA dan DHA itu? Nah bagi kamu yang belum tahu silahkan simak pembahasan ini karena dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian DHA dan EPA. Tidak hanya itu saja, di sini juga kami uraikan tentang manfaat DHA dan EPA. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

DHA

Pengertian DHA Dan EPA

DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eiscosapentaenoic acid) merupakan asam lemak esensial yang baik bagi tubuh. DHA dan EPA adalah lemak omega 3 yang bisa ditemukan pada ikan dan mempunyai peranan penting dalam berlangsungnya fungsi tubuh. Misalnya untuk menjaga fungsi otak dan retina mata, daya tahan tubuh, menjaga suasana hati, hingga kesehatan jantung. Sumber makanan yang mengandung zat ini diantaranya adalah ikan salmon, tuna, teri, makarel, minyak ikan, rumput laut dan kuning telur. Jadi, sekarang kamu bisa mulai untuk memasukan beberapa jenis makanan tersebut ke dalam menu harianmu.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat DHA Dan EPA

Terdapat beberapa manfaat DHA dan EPA bagi tubuh. Nah apa saja manfaat DHA EPA tersebut? Berikut ini adalah manfaat omega 3 DHA dan EPA:

- Bermanfaat untuk otak dan mata

DHA dan EPA dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan pembentukan otak secara menyeluruh pada anak. Sedangkan pada orang dewasa DHA dan EPA berperan untuk meningkatkan daya ingat. DHA dan EPA juga dapat meningkatkan ketajaman mata, DHA sendiri merupakan struktur utama pada retina mata.

- Mengurangi risiko penyakit jantung

DHA dan EPA bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam darah. Terjadinya penumpukan jenis kolesterol pada pembuluh darah bisa memicu risiko penyakit jantung dan stroke. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung DHA dan EPA maka dapat mengurangi risiko tersebut.

- Mengurangi depresi

Ketika kamu merasa tertekan, kamu dapat mencoba untuk lebih banyak mengkonsumsi omega-3. Dimana kandungan DHA dan EPA pada omega-3 dapat membantu mengurangi resiko stres atau depresi pada orang dewasa.

- Membantu penyerapan vitamin

Tidak perlu khawatir kalau tubuh sulit untuk mencerna vitamin yang masuk ke dalam tubuh dengan maksimal. Karena dengan mengkonsumsi DHA dan EPA dapat membantu penyerapan vitamin yang hanya bisa larut dalam lemak, misalnya vitamin A, D, E dan vitamin K.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat DHA Dan EPA Untuk Anak

EPA dan DHA merupakan dua komponen yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat DHA dan EPA yang baik untuk anak-anak.

  • Baik untuk perkembangan otak anak
  • Memperkecil keparahan asma pada anak
  • Membantu melawan penyakit autoimun
  • Membantu meringankan gejala depresi pada anak
  • Memantu meringankan gejala ADHD
  • Mengurangi risiko anak terkena diabetes tipe 2.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat DHA Dan EPA Untuk Ibu Hamil

Selama dalam masa kehamilan, ibu disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan bergizi. Salah satu nutrisi yang penting bagi ibu dan janin adalah asam lemak omega 3 (DHA dan EPA). Adapun manfaat DHA dan EPA untuk ibu hamil diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Mengurangi risiko terjadinya kelahiran secara prematur
  • Memperkecil risiko bayi mengidap alergi
  • Memperkecil risiko terkena penyakit jantung baik bagi si ibu maupun bayi
  • Meningkatkan kemampuan anak membaca
  • Memperkecil risiko ibu terkena baby blues (gejolak kondisi mental ibu setelah melahirkan)
  • Bagi ibu yang telah melahirkan juga dapat meningkatkan produksi ASI.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian DHA dan EPA serta manfaat DHA dan EPA. Semoga penjelasan yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar