--> Skip to main content

Pengertian Meningitis - Apa Itu Meningitis?

Apa itu meningitis? Mungkin kamu pernah mendengar yang namanya penyakit meningitis, namun belum tahu seperti apa yang dimaksud meningitis itu. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengertian meningitis secara umum juga pengertian meningitis menurut para ahli. Tidak hanya itu, di sini juga kami uraikan tentang apa saja penyebab meningitis, bagaimana pencegahan meningitis, apa saja gejala meningitis dan juga pengobatan meningitis. Langsung saja silahkan simak pembahasannya berikut ini:

apa itu meningitis

Pengertian Meningitis

Meningitis berasal dari kata meninges yang artinya selaput otak dan kata itis yang artinya peradangan. Jadi meningitis adalah suatu peradangan yang terjadi pada meningen yang merupakan lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan juga saraf tulang belakang. Terkadang meningitis sulit untuk dikenali, karena penyakit meningitis mempunyai gejala awal yang mirip seperti flu, demam dan sakit kepala.

Dapat pula dijelaskan bahwa definisi meningitis adalah penyakit pada lapisan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang yang mengalami peradangan. penyakit meningitis disebut juga sebagai penyakit radang selaput otak.

Usia muda seperti anak-anak, remaja mempunyai resiko yang paling besar terkena meningitis, meskipun kondisi tersebut juga bisa menimpa pada orang dewasa. Terutama bagi mereka yang sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Meningitis Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi meningitis menurut para ahli:

Pengertian Meningitis Menurut Suriadi & Rita Yuliani (2006)

Meningitis adalah peradangan pada selaput meningen, spinal column dan cairan serebrospinal yang menyebabkan terjadinya proses infeksi pada sistem saraf pusat.

Pengertian Meningitis Menurut Widagdo (2011)

Bahwa meningitis adalah infeksi akut yang terjadi pada selaput mengineal yang bisa disebabkan oleh berbagai mikroorganisme yang ditandai dengan adanya gejala yang spesifik dari system saraf pusat yaitu gangguan kesadaran, gangguan rangsang yang meningkat, gejala defisit neurologi dan gejala peningkatan tekanan intracranial.

Pengertian Meningitis Menurut Judha & Rahil (2012)

Bahwa penyakit meningitis adalah radang dari selaput otak yakni lapisan araconoid dan piameter yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Penyebab Meningitis

Penyebab penyakit meningitis adalah karena virus, bakteri, jamur atau protozoa. Penyebarannya bisa terjadi melalui kontak jarak dekat, bersin, batuk, maupun lingkungan yang tidak higienis. Jika tidak ditangani secara tepat, maka meningitis bisa menyebabkan komplikasi yang sangat buruk yaitu terjadi kerusakan pada otak dan gangguan pada pendengaran.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pencegahan Meningitis

Meningitis merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme seperti virus dan bakteri. Karena itulah pencegahan infeksi dari mikroorganisme ini bisa dilakukan dengan cara menjaga pola hidup sehat. Jadi kebersihan merupakan salah satu kunci untuk mencegah terjangkit virus maupun bakteri yang menyebabkan meningitis. Untuk itu, biasakanlah untuk selalu menjaga kebersihan, menjaga pola makan yang sehat dan mencuci tangan secara berkala.

Selain itu pencegahan meningitis dapat dilakukan dengan diberikan vaksin atau imunisasi. Tujuan pemberian vaksin adalah untuk melindungi dari penyebaran seperti virus dan bakteri. Beberapa vaksi yang digunakan untuk pencegahan meningitis adalah sebagai berikut:

  • Vaksin Hib untuk memberikan perlindungan dari bakteri Haemophilus influenza tipe B penyebab meningitis.
  • Vaksi pneumococcal untuk memberi perlindungan terhadap bakteri pneumococcal.
  • Vaksin MMR, untuk memberikan perlindungan dari kondisi yang dapat memicu meningitis, seperti campak, gondongan, dan rubella.
  • Vaksin MenC, untuk memberikan perlindungan dari bakteri meningococcal grup C.
  • Vaksin meningitis B, untuk memberikan perlindungan terhadap bakteri meningococcal tipe B.
  • Vaksin ACWY, untuk memberikan perlindungan pada pasien terhadap bakteri meningococcal grup A, C, W dan Y.

Tentunya dalam pemberian vaksin harus sesuai dengan umur. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, terikait vaksin yang tepat sesuai dengan kondisi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Gejala Meningitis

Gejala meningitis bisa berbeda beda, tergantung dari usia dan tingkat keparahannya. Untuk usia diatas 2 tahun, secara umum gejala meningitis adalah:

  • Terjadi demam tinggi
  • Sakit kepala berat
  • Leher terasa kaku
  • Kejang
  • Mual dan muntah
  • Sensitive terhadap cahaya
  • Ruam
  • Sulit untuk berkonsentrasi
  • Nafsu makan berkurang

Sedangkan pada anak-anak di bawah 2 tahun atau pada bayi, beberapa gejala yang muncul adalah demam tinggi, nafsu makan berkurang, gangguan tidur dan kaku pada leher. Tetapi ada gejala lain yang lebih spesifik yaitu terdapat benjolan pada bagian kepala dan bayi akan menangis terus. Pada saat gejala tersebut muncul, pasien harus secepatnya mendapatkan penangnan yang tepat.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengobatan Meningitis

Bentuk dari pengobatan meningitis yang paling penting adalah mencegah terjadinya kerusakan otak lebih lanjut. Penanganannya yaitu dengan mempertahankan fungsi jalan napas, resusitasi cairan, mempertahankan kestabilan alat vital dan pemberian antimikroba yang adekuat. Apabila penyebab meningitis dicurigai dari bakteri, maka bisa diberikan obat-obat antibiotik. Untuk mendapatkan perawatan secara optimal pada penderita meningitis sebaiknya dirawat secara intensif di rumah sakit.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jadi itulah sedikit penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian meningitis. Sekarang kamu sudah mengerti kan apa itu meningitis? Semoga penjelasan yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar