--> Skip to main content

Pengertian Plak Gigi - Penyebab dan Cara Menghilangkan

Plak gigi bagi sebagian orang dianggap masalah yang spele. Padahal plak gigi yang tidak ditangani dengan segera bisa berkembang menjadi masalah yang serius pada gigi. Untuk itulah di sini kami akan menjelaskan tentang plak gigi mulai dari definisi plak gigi, penyebabnya, cara mencegahnya hingga cara menghilangkan plak gigi. Seperti apakah yang dimaksud dengan plak gigi itu? Simak pembahasannya berikut ini.

plak gigi

Pengertian Plak Gigi

Pengertian plak pada gigi adalah lapisan bakteri yang lengket, tampak terlihat jelas tetapi seringkali juga tidak terlihat yang terbentuk pada gigi baik itu di atas maupun di bawah garis gusi. Apabila tidak segera dibersihkan maka plak pada gigi bisa mengeras dan menjadi karang gigi.

Dapat pula didefinisikan bahwa plak gigi adalah endapan yang terdapat di permukaan gigi yang terdiri atas air liur, sisa makanan, bakteri serta racun yang dikeluarkan bakteri. Penumpukan plak gigi jika dibiarkan akan menjadi mengeras sehingga akan terbentuk karang gigi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Plak Gigi Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian plak gigi menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Plak Gigi Menurut Rose dan Mealey (2004)

Plak gigi adalah deposit lunak berupa lapisan tipis atau biofilm yang melekat dengan erat pada bagian permukaan gigi atau permukaan struktur keras lain di dalam rongga mulut. Plak gigi merupakan komunitas mikroba yang kompleks, terbentuk pada permukaan gigi yang terpapar oleh produk bakteri di dalam rongga mulut. Komunitas mikroba kompleks bisa terdiri dari bakteri hidup, maupun yang telah mati. Bisa juga produk sintesis bakteri dan saliva.

Pengertian Plak Gigi Menurut Ritonga (2005)

Plak gigi adalah benda lunak, material kuat yang bertahan di permukaan gigi dan tidak akan bisa lepas dengan cara berkumur dengan air. Plak gigi sebagai massa lunak yang konsistensinya terdiri atas sebagain besar variasi bakteri yang melekat secara bersama-sama dalam subtansi intermikrobial.

Pengertian Plak Gigi Menurut Carranza (2012)

Plak gigi adalah akumulasi deposit lunak yang dapat membentuk biofilm, menempel di bagian permukaan gigi maupun permukaan keras lain pada rongga mulut misalnya gigi tiruan atau restorasi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Penyebab Plak Gigi

Penyebab utama plak gigi adalah karena malas membersihkan gigi atau gosok gigi. Jika tidak melakukan rutinitas gosok gigi dengan baik, maka plak gigi akan cepat menumpuk dan menjadi tebal hingga mengeras. Plak gigi umumnya muncul mulai sekitar 4 sampai 12 jam setelah menggosok gigi. Jadi, apabila terlalu lama dibiarkan, maka plak akan menjadi menebal dan sulit untuk hilang.

Selain itu terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi juga dapat mempercepat penumpukan plak di sela-sela gigi dan gusi. Karbohidrat termasuk zat makanan yang disukai oleh mikroorganisme di mulut. Oleh karena itu, apabila ada sisa-sisa makanan yang mengandung karbohidrat dan tidak segera disikat dengan bersih, maka akan menjadi tempat berkembangnya mikroorganisme.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Mencegah Plak Pada Gigi

Cara mencegah terbentuknya plak gigi bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut ini:

  • Sikat Gigi Secara Rutin
  • Hindari Makanan dan Minuman Manis
  • Kurangi Ngemil
  • Berhenti Merokok
  • Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Menghilangkan Plak di Gigi

Cara menghilangkan plak di gigi adalah dengan cara memperbaiki perawatan kesehatan gigi diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Gosok gigi 2 kali sehari selama 2 menit. Menggosok gigi secara rutin 2 kali sehari pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur dapat membantu mencegah terbentuknya plak dan dapat menghancurkan plak-plak yang telah terbentuk.
  • Berkumur menggunakan obat kumur.
  • Gunakan benang gigi setiap hari untuk menghilangkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi yang tidak dapat terjangkau oleh bulu sikat.
  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis.
  • Konsumsi makanan sehat dengan takaran seimbang.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan tentang pengertian plak gigi, penyebab plak gigi, cara mencegah dan menghilangkan plak gigi. Semoga penjelasan yang telah kami uraikan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar