--> Skip to main content

Pengertian Catokan Rambut dan Tips Memilih Catokan Rambut Yang Bagus

Catokan rambut yang bagus dapat menghindarkan kamu dari risiko kerusakan rambut. Nah bagi kamu yang suka menata rambut menggunakan alat catokan rambut, tentunya harus tahu bagaimana memilih catokan rambut yang bagus. Untuk itulah di sini akan kami bahas tentang tips memilih catokan rambut yang bagus. Namun sebelum membahas itu akan saya jelaskan terlebih dahulu tentang apa itu catokan rambut, agar kamu yang belum tahu bisa tahu pengertian catokan rambut.

Catokan Rambut Yang Bagus

Pengertian Catokan Rambut

Catokan rambut (hair straightener) merupakan alat elektronik yang fungsi utamanya adalah untuk meluruskan rambut dengan menggunakan panas dari platnya. Selain digunakan untuk meluruskan rambut, beberapa jenis catokan rambut juga dapat digunakan untuk mengeriting atau membuat rambut bergelombang dengan cara penggunaan yang berbeda. Catokan rambut memiliki variasi bentuk, ukuran, diameter, dan material yang dapat memberi ragam variasi gaya pada rambut.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tips Memilih Catokan Rambut Yang Bagus

Sekarang ini, semakin beragam catokan rambut yang dijual di pasaran, mulai dari yang harganya murah sampai yang mahal. Lalu, bagaimanakah tips memilih catokan rambut yang bagus dan tidak menyebabkan rambut menjadi rusak? Mari, simak beberapa tips berikut ini.

1. Kenali Bahan Catokan Rambut

Cara memilih catokan rambut yang bagus salah satunya adalah dengan mengenali material dasar yang digunakan dalam pembuatan alat catok. Umumnya, alat catok yang banyak dijual di pasaran berbahan aluminium, tourmaline, keramik dan titanium. Meskipun catokan rambut dengan bahan dasar alumunium mempunyai harga yang lebih murah, namun potensi dapat merusak rambut lebih besar. Itu terjadi karena suhu panas yang dihasilkan oleh alat catok berbahan aluminium sangat tinggi. Sedangkan alat catok yang berbahan keramak dan titanium lebih aman digunakan untuk rambut namun harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang berbahan aluminium.

2. Catokan disesuaikan dengan jenis rambut

Saat membeli catokan rambut sebaiknya sesuaikan dengan jenis rambut. Jika kamu mempunyai jenis rambut yang bergelombang dan normal, maka sebaiknya pilih catokan yang ukurannya sedang. Hal ini bertujuan supaya rambut bisa menjadi lurus dengan sekali tarikan. Dengan begitu rambut kamu tidak harus berlama-lama terapapar suhu panas yang dihasilkan oleh alat catokan. Sedangkan jika rambut kamu berjenis keriting dan tebal, maka sebaiknya kamu pilih catokan yang ukurannya besar. Kemudian jika rambut kamu tipis maka sebaiknya pilih alat catok yang ukurannya kecil agar kulit kepala tidak terkena suhu panas.

3. Catokan yang dilengkapi dengan pengatur suhu

Alat catok rambut memang digunakan untuk merapikan tatanan rambut. Apabila diibaratkan, catokan rambut itu seperti halnya sebuah setrika, dimana catokan rambut dapat mengubah rambut kusut berantakan menjadi rapi. Tetapi, jika suhu yang dihasilkan oleh alat catok semakin tinggi, maka risiko terjadinya kerusakan rambut akan semakin besar. Maka dari itulah sebaiknya pilih catokan rambut yang sudah dilengkapi dengan pengatur suhu sehingga suhu dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

4. Pertimbangkan tujuan penggunaan alat catok

Pertimbangkan tujuan penggunaan alat catok agar tidak merusak rambut. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa sekarang ini catokan rambut tidak hanya digunakan untuk meluruskan rambut. Tetapi, beberapa alat catok rambut juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur agar rambut tampak bergelombang atau keriting. Karena itulah, tentukan dulu tujuan penggunaan catokan sebelum membelinya.

5. Sebelum membeli sebaiknya cari tahu review merek catokan

Tentunya kamu tidak ingin jika alat catok rambut yang sudah kamu beli dengan harga mahal malah tidak awet dan justru merusak kondisi rambut kamu. Maka dari itulah sebaiknya sebelum membeli, kamu cari dulu review-review merek catokan rambut yang baik dan awet. Kamu bisa mencari review-review seputar merek catokan di internet. Yang perlu diingat adalah perhatikan dengan baik bahan material yang digunakan, fitur yang terdapat pada alat catok, hingga testimoni para pembelinya. Pastikan kamu tidak tergiur dengan harga yang murah atau diskon besar yang ditawarkan. Bijaklah dalam membeli supaya kamu bisa mendapatkan alat catok rambut yang bagus, awet dan tidak membuat rambut menjadi rusak.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan tentang pengertian catokan rambut dan tips memilih catokan rambut yang bagus. Semoga penjelasan yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar