--> Skip to main content
Menu

Apa Itu Rambut Mengembang dan Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Setiap orang pastinya ingin memiliki rambut yang sehat dan indah. Masalahnya, rambut sering kali membandel dan susah diatur, apalagi saat bangun tidur. Salah satu masalah rambut yang sering kali dialami oleh setiap orang adalah rambut mengembang. Seperti apa itu rambut mengembang? Nah bagi kamu yang belum tahu, simak penjelasan tentang apa itu rambut mengembang dan cara agar tidak rambut mengembang dalam artikel ini.

Apa Itu Rambut Mengembang dan Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Apa Itu Rambut Mengembang

Rambut mengembang adalah kondisi ketika rambut kering dan sering kali rusak. Ketika rambut dalam kondisi rusak, kelembapan keluar dari batang rambut, sedangkan kelembapan dari udara masuk ke batang rambut, sehingga menyebabkan batang-batang rambut menjadi membengkak dan berubah menjadi mengembang dan mengeriting.

Masalah rambut mengembang tidak hanya terjadi pada seseorang yang berambut keriting saja, tetapi bisa juga terjadi pada seseorang yang berambut lurus. Sering kali seseorang yang berambut lurus lebih menyadari ketika rambutnya mengalami mengembang saat berada di cuaca yang sangat panas. Beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan rambut mengembang adalah terlalu sering keramas, penggunaan alat styling, sering menggunakan hair dryer dan catokan, penggunaan produk rambut tertentu seperti pewarna rambut yang keras, polusi, terlalu lama terpapar sinar matahari, dan stres.

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Masalah rambut mengembang tentunya tidak diinginkan oleh siapapun. Selain merepotkan dan sulit di tata, rambut mengembang juga dapat mengurangi rasa percaya diri saat bertemu dengan orang lain. Jika anda mengalami masalah rambut mengembang anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara agar rambut tidak mengembang yang bisa kamu coba untuk mengatasinya. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Keramas menggunakan air dingin

Salah satu cara mengatasi rambut mengembang adalah dengan keramas menggunakan air dingin. Jika membilas rambut menggunakan air hangat, maka kutikula rambut menjadi terbuka. Kutikula merupakan lapisan terluar pada ramut yang melindungi inti rambut. Pada saat kutikula terbuka maka kelembapan rambut akan hilang, sehingga rambut akan menjadi mengembang. Nah, supaya kutikula tidak terbuka, maka solusinya bisa keramas menggunakan air dingin.

2. Jangan terlalu sering keramas

Cara mengatasi rambut mengembang selanjutnya yaitu jangan terlalu sering keramas. Hal ini karena terlalu sering keramas dapat menyebabkan minyak alami pada kulit kepala menjadi berkurang, bahkan bisa hilang. Tentunya itu akan mempengaruhi kelembapan rambut sehingga rambut berubah mengembang dan kaku. Oleh karena itu, pastikan kulit kepala senantiasa bersih meskipun tidak sering keramas.

3. Menggunakan shampo yang terbuat dari bahan-bahan alami

Penggunaan shampo yang tepat tentunya juga sangat mendukung untuk mengatasi masalah rambut mengembang dan kaku. Sebaiknya hindari shampo yang mengandung zat kimia seperti sodium lauryl sulfate, hal tersebut karena dapat menyebabkan rambut menjadi semakin mengembang. Sebagai gantinya gunakanlah shampo yang mengandung bahan alami supaya rambut senantiasa sehat dan tidak mudah mengembang.

4. Menggunakan conditioner

Setelah rambut dicuci, selanjutnya bisa menggunakan conditioner yang mengandung protein. Tujuan penggunaan conditioner adalah agar kondisi rambut bisa menjadi halus dan tampak berkilau. Selain itu penggunaan conditioner juga membuat rambut menjadi lebih mudah diatur. Tetapi, hal yang perlu dihindari saat menggunakan conditioner adalah hindari area kulit kepala agar rambut tidak tampak berminyak.

5. Gunakan perawatan rambut yang tanpa alkohol

Jika tidak ingin mengalami masalah rambut mengembang sebaiknya jika menggunakan produk perawatan rambut seperti shampo dan condisioner pilihlah yang tidak mengandung alkohol. Hal ini karena kandungan alkohol yang terdapat pada produk perawatan rambut dapat membuat rambut menjadi kering, kaku dan mengembang.

6. Jangan menyisir rambut yang sudah kering

Sebaiknya jangan menyisir rambut yang sudah kering karena dapat merusak kutikula sehingga membuat rambut menjadi mengembang dan kaku. Jadi sisirlah rambut saat kondisi rambut masih agak basah.

7. Jangan terlalu sering menata rambut

Terlalu sering menata rambut seperti meluruskan, mengeriting, mengecat, dan penggunaan alat penata rambut seperti catokan maupun hair dryer bisa menjadi penyebab rambut menjadi mengembang, kering dan kaku. Jika memang perlu menggunakan alat penata rambut, pastikan sebelum menggunakannya oleskan dulu serum rambut untuk menjaga agar rambut tetap sehat. Selain itu, jika perlu keringkan menggunakan kipas angin atau hair dryer dengan suhu yang rendah.

8. Lindungi rambut dari panasnya sinar matahari

Agar rambut tidak mudah mengembang sebaiknya lindungi rambut dari terik sinar matahari. Hal ini karena paparan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari dapat merusak struktur batang rambut sehingga rambut mengembang dan berubah warna. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan penutup rambut atau menggunakan produk perawatan untuk rambut yang ada filter ultravioletnya sehingga rambut tetap sehat dan tidak mengembang.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang apa itu rambut mengembang dan cara agar rambut tidak mengembang. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.