--> Skip to main content

Pengertian Game Edukasi dan Contoh Game Edukasi Untuk Anak

Saat ini perkembangan game begitu pesat dengan jenis-jenisnya yang beragam, mulai dari game adventure, strategi, arcade, sport dan lain-lain. Bermain game tentunya sangat diminati oleh setiap orang terutama kalangan anak-anak. Sebuah game pada dasarnya diciptakan sebagai sarana hiburan saja, namun akan menjadi lebih baik jika game tersebut diciptakan sebagai sarana belajar atau dikenal dengan game edukasi. Nah berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian game edukasi dan juga contoh-contoh game edukasi.

Pengertian Game Edukasi

Game edukasi adalah jenis game yang tidak hanya menghibur tetapi juga dapat memberikan edukasi atau pengetahuan kepada para penggunanya. Game edukasi dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran karena saat memainkannya pengguna akan bermain sambil belajar. Melalui game edukasi ini pengguna akan memperoleh ilmu pengetahuan, sehingga game ini bisa menjadi trobosan baru dalam mengembangkan dunia pendidikan. Selain karena game edukasi yang memadukan antara sisi bermain dan belajar, game edukasi juga dapat dijadikan sebagai media untuk menarik perhatian anak-anak untuk mau belajar.

Baca juga artikel tentang: Pengertian Jenis dan Dampak Game Online.

Manfaat Game Edukasi Untuk Anak

Berikut ini adalah beberapa manfaat game edukasi untuk anak:

1. Dapat melatih anak dalam memecahkan suatu masalah

Meskipun terkesan hanya bermain biasa saja, ternyata game edukasi seperti game puzzle, matching shapes, mosaics merupakan game sederhana yang dapat melatih anak dalam memecahkan masalah.

2. Dapat mengembangkan imajinasi dan Kreatifitas anak

Game edukasi seperti menggambar dan mewarnai merupakan game yang dapat mengembangkan imajinasi dan kreatifitas anak.

3. Dapat melatih anak menjadi lebih mandiri

Saat bermain game anak akan berusaha untuk melakukan semua sendirian untuk memenangkan game yang dimainkan.

5. Dapat membantu mengenali kelebihan pada anak

Kecenderungan terhadap suatu game yang disukai anak dapat menunjukan bakat yang dimiliki anak.

4. Dapat melatih perkembangan fisik dan mental anak

Dengan bermain game anak akan menjadi ceria dan bahagia sehingga secara tidak langsung akan menstimulasi perkembangan fisik dan mental anak.

Contoh Game Edukasi Untuk Anak

Saat ini ada banyak game edukasi yang dapat dimainkan anak menggunakan smartphone maupun laptop. Namun yang perlu diperhatikan saat anak bermain game adalah harus ada pengawasan dari orang tua agar lebih terkontrol. Berikut ini adalah game edukasi untuk anak yang dapat dimainkan menggunakan browser tanpa harus download.

1. Alphabet Bubble Letter Match Game

Alphabet Bubble Letter Match Game Online adalah permainan pengenalan alfabet untuk anak-anak. Mainan ini terdiri dari 4 ronde atau level. Setiap ronde terdiri dari permainan utama dan permainan bonus. Ronde 1 terdiri dari 6 huruf (A B C D E F), ronde 2 terdiri dari 6 huruf (G H I J K L), ronde 3 terdiri dari 7 huruf (M N O P Q R S) dan ronde 4 terdiri dari 7 huruf (T U V W X Y Z).

Cara memainkannya yaitu Saat gelembung huruf melayang dari kanan ke kiri klik gelembung huruf yang. berada di atas peti harta karun yang diawali dengan huruf yang sama. Gelembung harus tepat di atas peti agar surat jatuh ke dalamnya. Di babak bonus pemain harus mengklik gelembung huruf sesuai urutan abjad. Putaran bonus memiliki huruf yang sama seperti yang muncul dalam permainan utama.

2. Complete The Sequence: Ordering Numbers Practice Game for Kindergarten

Complete The Sequence adalah game pengurutan angka yang menyenangkan dan mudah untuk anak-anak. Melalui game ini anak akan belajar mengurutkan angka di mana ini merupakan praktik yang baik untuk pemula yang baru mulai belajar matematika dasar.

Dalam permainan ini terdapat 3 tingkat kesulitan yaitu mudah, sedang dan Sulit. Cara memainkannya pemain harus memilih nomor yang tepat yang hilang dari urutan untuk menyelesaikan level. Selesaikan urutannya dengan cara meletuskan gelembungnya sesuai nomor yang tepat. Selesaikan levelnya dan mainkan kembali agar keterampilan pengenalan pola angka bisa lebih terasah.

3. Burn Matches Math Logic Puzzle Game

Burn Matches Math Logic Puzzle Game adalah permainan teka-teki logika di mana dalam permainan ini pemain diberikan kecocokan dan perintah pemindahan untuk membuat persamaan. Untuk memainkannya perhatikan instruksi di awal setiap level, kemudian ikuti intruksi tersebut dengan tepat. Ketuk di mana ingin meletakkan korek api dan ketuk korek api untuk mengambilnya untuk membuat persamaan. Ketika persamaan berhasil diselesaikan, korek api akan terbakar hangus dan permainan akan berlanjut ke level berikutnya. Dalam permainan ini terdapat 20 level yang dapat dimainkan.

Dengan memainkan permainan ini seorang anak akan belajar berhitung sekaligus belajar untuk memecahkan suatu masalah.

4. Feed Math: Addition & Subtraction Math Practice Game for Kids

Feed math merupakan game hitung-hitungan matematika dengan karakter seorang anak yang akan memakan nasi atau sushi. Game ini dapat melatih kecepatan anak dalam melakukan perhitungan sehingga dapat menunjang nilai matematikanya di sekolah.

Cara bermain Feed Math adalah dengan menambahkan antara angka satu dengan angka lainnya sehingga jumlahnya seperti yang terlihat di baju anak. Contohnya jika pada baju anak terdapat angka 9, maka kita klik angka 8 dan angka 1. Jika hasilnya benar, maka lanjut ke level penambahan selanjutnya. Semakin tinggi levelnya maka jumlah penambahan yang muncul juga akan semakin tinggi.

5. Dot to Dot Animals Drawing Game for Kids

Dot to Dot Animals Drawing Game for Kids merupakan permainan menggambar titik-ke-titik yang mudah dimainkan oleh anak-anak. Dalam game ini sebagian besar bagian hewan sudah digambar dan pemain harus menyelesaikan bagian yang belum tergambar.

Sebelum memulai permainan menggambar ini terlebih dahulu harus memilih hewan apa yang ingin digambar. Terdapat 10 gambar hewan yang bisa dipilih dalam permainan ini diantaranya yaitu beruang, kucing, anjing, buaya, gajah, rubah, penguin, kelinci, harimau, dan kura-kura. Setelah memilih gambar yang diinginkan selanjutnya selesaikan gambar tersebut dengan menggambar dari titik ke titik yang telah diberikan nomor secara urut. Dengan memainkan game menggambar ini maka imajinasi dan Kreatifitas anak dapat lebih berkembang.

6. Cute Shapes: Color & Shape Art Game for Children

Cute Shapes adalah permaianan sederhana untuk anak kecil yang mengajarkan tentang bentuk, warna, ukuran dan sudut.

Cara memulainya pilih bentuk yang berada di sisi kiri bidang permainan. Sesuaikan ukuran sudutnya menggunakan tombol yang berada di bagian bawah layar. Aturlah warna menggunakan pilihan warna yang tersedia di bagian atas bidang permainan. Untuk melengkapi bentuknya bisa menambahkan bentuk wajah. Kemudian tambahkan bentuk yang lain ke bidang permainan sesuai yang kita inginkan. Setelah selesai hasilnya dapat disimpan. Dengan memainkan permainan ini maka imajinasi dan kreatifitas anak terlatih.

7. Fuzz Bugs Factory: Kids Bug Painting Pattern Game

Fuzz Bugs Factory merupakan game mencocokan pola warna yang ditampilkan pada bug. Untuk memainkannya perhatikan referensi bug yang berada di sebelah kanan. Warnai bug yang berada di sebelah kiri sesuai dengan warna referensi bug yang berada di sebelah kanan. Gunakan penutup sesuai kebutuhan dan cat dengan urutan yang benar untuk mengecat setiap bug.

Dalam permainan ini terdiri dari 5 level dan untuk setiap levelnya ada 5 tahap yang harus diselesaikan. Game ini cocok untuk anak yang ingin belajar tentang warna dan memecahkan masalah logika sederhana dengan cara yang menyenangkan.

8. Garfield Sentences: Educational Kid’s Sentence Structure Game

Garfield Sentences adalah sebuah game yang cara memainkannya menyusun kalimat dalam bahasa inggris dengan benar. Selain melakukan penyusunan kalimat bahasa Inggris, game dengan karakter seekor kucing yang bernama Garfield ini juga mengajak pemain untuk bermain game mengeja kalimat dengan menggunakan sebuah keyboard.

Apabila jawaban yang pemain berikan benar, maka seekor kucing akan terlihat senang. Jika jawabannya salah, maka dia akan telihat kecewa. Dengan memainkan game ini maka kemampuan bahasa inggris anak akan terlatih dengan cara yang menyenangkan.

9. Kid Maestro: 12-Song Virtual Piano Simulator Game for Kids

Kid Maestro adalah sebuah game yang dapat mengajarkan anak untuk bermain musik dengan mengenal tangga nada yang terdiri dari do re mi fa sol la si do. Tangga nada tersebut penting untuk dipelajari karena merupakan nada dasar pada sebuah lagu.

Selain itu dalam permainan ini juga terdapat kumpulan lagu yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan anak. Semakin sering berlatih maka kemampuan anak dalam mengetahui tangga nada akan semakin meningkat. Beberapa lagu popular yang ada dalam permainan ini yaitu Do Re Mi, Happy Bhirtday, Jingle Bell, dan lain-lain.

10. Learn Origami Game for Kids

Learn Origami Game for Kids merupakan permainan yang mengajarkan kepada anak untuk berlatih melipat kertas origami menjadi suatu bentuk. Dalam permainan ini terdapat 4 pilihan bentuk yang akan dibuat menggunakan kertas origami.

Cara memainkan Learn Origami Game for Kids yaitu pilihlah salah satu 4 bentuk yang terdiri dari perahu, kura-kura, kucing dan katak. Setelah itu ikuti petunjuknya langkah demi langkah sehingga kertas origami bisa membentuk sesuai bentuk yang dipilih. Setelah berhasil terbentuk nantinya kamu juga bisa mendapatkan petunjuk lengkap jika ingin melipat kertas origami sungguhan.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian Game edukasi dan contoh game edukasi untuk anak. Semoga penjelasan yang saya tulis di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar