--> Skip to main content

Pengertian Karang Gigi dan Cara Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi sering kali menjadi masalah gigi yang disepelekan. Padahal apabila ditelaah lebih jauh, karang gigi bisa memicu berbagai masalah pada gigi, bahkan bisa menyebabkan kerusakan gigi permanen. Lalu apa itu karang gigi? Nah bagi kamu yang belum tahu apa yang dimaksud dengan karang gigi di sini akan kami jelaskan tentang pengertian karang gigi. Selain itu di sini juga akan kami jelaskan tentang cara membersihkan karang gigi secara alami.

Pengertian Karang Gigi dan Cara Membersihkan Karang Gigi

Pengertian Karang Gigi

Karang gigi adalah plak yang mengalami penebalan dan mengeras. Karang gigi biasanya terakumulasi di atas garis gusi, sering kali berada di gigi depan bawah bagian dalam. Umumnya karang gigi berwarna kecoklatan bahkan kehitaman. Jika semakin gelap warnanya, maka semakin banyak karang gigi yang terbentuk.

Selain itu, jika karang gigi diraba menggunakan lidah, maka akan terasa kalau tekstur karang gigi keras dan kasar. Karang gigi yang dibiarkan bertambah banyak, lama-kelamaan akan menyebabkan tampilan gigi menjadi tidak estetis. Tidak hanya itu saja, kondisi karang gigi yang semakin bertambah banyak juga dapat mengikis gigi, sehingga dapat menyebabkan gigi menjadi goyang.

Dalam jangka panjang kondisi tersebut juga dapat menimbulkan berbagai masalah gigi yang lebih serius, seperti periodontitis, gigi tanggal, bahkan dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Adanya bakteri di gigi bisa saja masuk ke dalam aliran darah dan menyebabkan kerusakan hingga terjadinya penyumbatan di pembuluh darah.

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Jika karang gigi yang dialami masih dalam intensitas ringan, berikut ini cara membersihkan karang gigi secara alami yang dapat kamu lakukan di rumah secara mandiri:

1. Rutin Menyikat Gigi dengan teknik yang benar

Salah satu cara membersihkan karang gigi adalah dengan menyikat gigi secara teratur. Menyikat gigi dapat dilakukan 2 kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Lakukan menyikat gigi selama 2 menit, yang terbagi 30 detik untuk beberapa bagian yaitu bagian depan, belakang, kanan, dan kiri . Sikatlah gigi dengan gerakan memutar atas dan bawah. Pastikan kalau sikat dapat menjangkau seluruh permukaan gigi. Pastikan juga tidak menyikat gigi terlalu keras, supaya tidak merusak enamel gigi.

2. Membersihkan gigi menggunakan benang

Selanjutnya, cara membersihkan karang gigi yang dapat dilakukan adalah pembersihan gigi lebih detail menggunakan benang gigi. Tujuannya adalah agar plak yang berada di sela-sele gigi bisa bersih. Benang gigi dapat menjangkau sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau menggunakan sikat gigi. Untuk hasil yang maksimal lakukan cara ini setelah menyikat gigi.

3. Manfaatkan air perasan lemon

Salah satu cara menghilangkan karang gigi secara alami bisa dengan menggunakan air perasan lemon untuk menyikat gigi. Kadar asam yang terdapat pada jeruk lemon juga bisa membuat gigi menjadi lebih putih. Meskipun demikian, jika terlalu sering melakukan cara ini bisa menyebabkan erosi gigi.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat, asam lemak dengan sifat antimikroba. Karena beberapa kandungan tersebutlah minyak kelapa dapat digunakan untuk menghilangkan karang gigi yang masih dalam intensitas ringan.

5. Menggunakan baking soda

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya adalah menggunakan baking soda. Caranya bisa dengan menggosok gigi menggunakan baking soda. Baking soda dipercaya mampu menghilangkan plak gigi tanpa merusak enamel gigi. Selain itu kandungan di dalamnya juga dipercaya mampu melindungi gigi, dan mencegah gigi kekurangan kalsium. Sifat antimikroba yang terdapat pada baking soda bisa mencegah terjadinya kerusakan gigi.

6. Menggunakan obat kumur

Menggunakan obat kumur bisa menjadi salah satu cara membersihkan karang gigi. Obat kumur dipercaya dapat merontokkan kotoran dari sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Selain itu, menggunakan obat kumur juga bisa membuat aroma napas menjadi lebih segar.

7. Hindari makanan dan minuman yang manis

Sebaiknya, jangan terlalu sering makan atau minum yang manis, kalau bisa dihindari. Kebiasaan sering makan dan minum yang manis dapat meningkatkan jumlah bakteri S. Mutans dan lactobacillus pada plak gigi.

8. Perbanyak minum air putih

Minum air putih bisa meningkatkan produksi air liur. Nah, air liur yang terdapat di mulut tersebut dapat melembabkan dan melarutkan sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi. Selain itu air putih juga mengandung enzim yang bisa mencegah berkembangnya bakteri penyebab infeksi mulut.

9. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Sering mengkonsumsi buah dan sayur dapat menjadi salah satu cara menghilangkan karang gigi secara alami. Misalnya pada buah yang mengandung banyak serat, dapat merangsang produksi air liur sehingga dapat membantu membersihkan permukaan gigi. Tidak hanya itu saja, buah dan sayur juga banyak mengandung vitamin yang dapat menyehatkan gusi.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian karang gigi dan cara membersihkan karang gigi, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar