--> Skip to main content

Apa itu Blower AC Mobil? (Fungsi dan Cara Kerjanya)

Blower AC Mobil merupakan salah satu komponen yang terdapat dalam AC Mobil yang memiliki tugas dan peranan yang penting. Oleh karena itu, blower AC Mobil harus selalu berfungsi dengan baik supaya performa AC mobil dan komponen-komponen yang lain bekerja dengan baik. Lalu apa yang dimaksud dengan Blower AC Mobil? Apa saja fungsinya? Dan bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Blower AC Mobil

Apa itu Blower AC Mobil?

Blower AC Mobil adalah salah satu komponen yang terdapat pada AC Mobil yang berbentuk motor dinamo. Letak komponen ini berada di bagian belakang evaporator. Fungsi atau tugas utama dari blower AC Mobil adalah untuk menghasilkan udara dingin sesuai dengan pengaturan yang telah dilakukan. Jadi suhu di dalam kabin mobil bisa dingin itu karena adanya blower AC Mobil yang masih berfungsi normal.

Cara menggunakan blower AC mobil tidaklah sulit. Anda hanya peerlu memutar saklar AC yang berada di dasbor. Setelah anda putar, anda dapat merasakan hembusan udara dingin sesuai dengan tingkatan suhu tertentu. Sebagai mana yang sudah kami jelaskan di atas bahwa anda dapat melakukan pengaturan suhu dingin sesuai dengan kebutuhan anda.

Fungsi Blower AC Mobil

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, bahwa blower AC Mobil memilki peranan yang sangat penting yaitu untuk menghasilkan udara dingin. Blower AC Mobil berfungsi menghisap udara yang ada di sekitarnya, kemudian diembuskan kembali ke ruang kabin mobil dengan daun kipas. Jadi blowerAC mobil ini memilki daun kipas seperti halnya kipas angin.

Proses tersebut dapat menjadikan udara tidak panas lagi karena melalui Freon yang memiliki suhu rendah atau dingin. Sehingga, udara yang dihembuskan oleh blower AC Mobil ke ruang kabin mobil adalah udara yang dingin.

Selenjutnya, tentang seberapa banyak udara yang disuplai oleh blower AC Mobil ke ruang kabin mobil, itu ditentukan oleh pengaturan yang telah dilakukan. Mulai dari pengaturan tingkat rendah, sedang dan tinggi. Beberapa dari mobil keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan pengaturan suhu AC untuk beberapa area. Jadi anda bisa mengatur suhu AC dengan tingkatan dingin yang berbeda antara satu area dengan area yang lain.

Cara Kerja Blower AC Mobil

Perlu anda ketahui, bahwa blower AC Mobil mempunyai beberapa bagian penting untuk menjalankan fungsinya. Bagian-bagian tersebut diantaranya adalah motor blower, tahanan pengatur kecepatan, sekring dan saklar pengatur. Bagian-bagian blower tersebut harus dalam performa baik agar kinerja blower AC Mobil bisa baik.

Cara kerja blower AC Mobil diawali dari arus udara yang mengalir ke bagian saklar motor blower evaporator dari kunci kontak. Setelah itu, udara akan masuk ke dalam massa dan motor blower. Jika pengaturan suhu berada pada posisi low (rendah), maka motor blower berputar perlahan karena melewati 2 tahanan pengatur kecepatan. Jika pengaturan suhu berada di posisi medium (sedang) maka motor blower berputar sedikit lebih cepat dari pengaturan low karena hanya melewati 1 tahanan pengatur kecepatan, sehingga suhu yang dihasilkan sedang. Kemudian, jika pengaturan suhu berada di posisi high (tinggi) maka motor blower berputar sangat cepat karena arus udara tidak lagi melewati tahanan pengatur kecepatan. Inilah yang membuat suhu yang dihasilkan menjadi paling dingin.

Mengingat fungsi blower AC Mobil yang krusial dan harus bisa bekerja dengan baik untuk menjalankan fungsinya, maka blower AC mobil harus dilakukan perawatan secara berkala. Anda bisa melakukan perawatan blower AC Mobil dan juga komponen-komponen AC mobil lainnya di tempat servis ac mobil berkualitas Rotary Bintaro.

Itulah penjelasan yang dapat kami tulis tentang Blower AC Mobil mulai dari pengertiannya, fungsinya dan cara kerjanya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar