--> Skip to main content

Pengertian Creative Agency (Fungsi, Struktur dan Tips Memilih)

Para pelaku bisnis pada mulanya hanya menggunakan media seperti surat kabar, majalah, atau brosur untuk mempromosikan produk maupun jasa yang mereka tawarkan. Selain menggunakan media cetak, mereka juga mempromosikannya melalui media elektronik seperti televisi dan radio. Seiring dengan perkembangan teknologi, bidang periklanan kini telah beradaptasi, sehingga banyak bermunculan perusahaan creative agency di berbagai daerah, salah satunya yaitu creative agency jakarta. Lalu apa itu creative agency? Nah, bagi anda yang belum tahu, maka bisa menyimak penjelasan tentang pengertian creative agency.

Pengertian Creative Agency

Pengertian Creative Agency

Creative agency adalah sebuah agensi yang bergerak dalam bidang yang menawarkan jasa dan layanan yang berfokus pada desain dan tim kreatif. Selain itu, mereka juga memerlukan bantuan dari pihak lain, seperti konsultan iklan marketing baik itu secara online maupun offline untuk mensupport pekerjaan mereka.

Umumnya perusahaan creative agency memberikan pelayanan dalam pembuatan konten iklan misalnya dalam bentuk video, membangun branding dengan cara menggarap website, dan mengatur event-event tertentu untuk dapat mempopulerkan suatu brand. Tim kreatif yang terdapat dalam perusahaan ini dapat membantu sebuah perusahaan untuk bisa menemukan suatu inovasi baru untuk menunjang pertumbuhan bisnis dan membangun brand awareness.

Idealnya creative agency adalah branding haus yang hebat dalam hal marketing dan desain produk yang dimaksudkan agar bisa menarik perhatian, memikat, dan persuasive secara visual. Umumnya produk creative agency dapat berupa logo, kartu nama, kop surat, hingga konsep branding secara keseluruhan yang komprehensif. Creative agency secara sistem lebih berfokus pada tim kreatif daripada strategi marketing. Sering kali creative agency terdiri dari direktur kreatif dan desainer grafis yang tugasnya adalah untuk memikirkan dan menciptakan konten-konten kreatif yang digunakan untuk memperkuat marketing.

Fungsi Creative Agency

Adapun beberapa fungsi creative agency diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Memberikan pelayanan terhadap klien sesuai dengan permintaan maupun keinginannya untuk mempromosikan produk maupun jasa yang dimilikinya.
  • Membantu klien untuk menunjang pertumbuhan bisnis agar klien bisa meningkatkan omset atau keuntungan.
  • Membantu membangun brand awareness.

Struktur Dalam Perusahaan Creative Agency

Adapun Struktur yang terdapat dalam sebuah perusahaan creative agency, umumnya adalah sebagai berikut ini:

  • Account executive: Bagian yang menangani marketing supaya perusahaan bisa mempunyai banyak klien dan bahkan bisa mendapatkan klien baru melalui media untuk menyalurkan informasi tentang produk maupun jasa yang dipasarkan.
  • Desain kreatif: Bagian yang membuat desain atau rancangan yang diinginkan oleh klien. Bidang desain kreatif ini harus dapat menangani dengan baik sesuai brief dari klien.
  • Media: Bagian yang bertanggung jawab dalam menangani media iklan yang dipilih, jadwal tampilan, hingga penentuan harga. Bagian media merupakan bagian yang menangani perencanaan media dan juga sebagai media untuk pembayaran pembeli.
  • Area produksi: Bagian yang menangani eksekusi, tampilan, hingga pelaksanaan syuting atau pengambilan gambar untuk pembuatan iklan kreatif, produksi bidang usaha yang sudah dirancang oleh bidang kreatif.
  • Bidang riset pemasaran: Bagian yang menangani berbagai hal mengenai kondisi pasar, pasar pesaing, rating iklan hingga respon dari masyarakat tentang produk maupun layanan.
  • Bidang konsultan Pasar: Bagian yang mengurusi berbagai hal tentang bagaimana mendefinisikan produk, desain kemasan, harga produk dan lain-lain sehingga bisa bersaing di pasaran.

Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Memilih Creative Agency

Berikut ini adalah beberapa tips memilih sebuah perusahaan creative agency sebagi partner untuk kerjasama:

  • Perhatikan alamat kantornya apakah jelas, sehingga tidak ada unsur penipuan.
  • Perhatikan dulu review tentang perusahan crative agency.
  • Perhatikan portofolio yang biasanya tercantum di websitenya.
  • Perhatikan para klien yang sebelumnya pernah dihandlenya.
  • Perhatikan harga apakah sudah sesuai dengan layanan yang ditawarkan.
  • Perhatikan garansi pengerjaan.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian creative agency dan juga penjelasan lain yang berkaitan. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Buka Komentar
Tutup Komentar