--> Skip to main content
Menu

Pengertian Interior dan Tips Menata Interior

Kata “interior” sepertinya merupakan kata yang sudah sangat familiar bagi kita. Tidak sedikit dari kita yang sudah lazim dengan kata tersebut, lantaran sering kali melihat papan reklame ataupun plang yang menawarkan jasa interior. Bahkan di internet pun sering kita jumpai tentang jasa interior seperti halnya Jasa Interior Bogor. Lalu, apa itu pengertian interior? Nah, bagi kamu yang mungkin saja belum tahu dengan apa yang dimaksud interior, maka di sini akan kami bahas pengertian interior dan juga tips untuk menata interior. Oke langsung saja berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Interior

Pengertian Interior

Pengertian interior yaitu bagian dalam pada sebuah ruangan yang berupa tatanan fisik, seperti perabotan, untuk memenuhi kebutuhan sarana pada ruangan tersebut. Lain halnya dengan tatanan pada bagian depan rumah atau luar rumah yang termasuk ke dalam eksterior.

Hal tersebut sebagaimana pengertian interior menurut KBBI yang berarti bagian yang terdapat di dalam sebuah gedung (ruangan dan lain sebagainya) atau tatanan perabotan (dapat berupa hiasan dan lain sebagainya) yang berada di dalam ruangan dalam sebuah gedung dan sebagainya.

Selain itu interior juga bisa diartikan sebagai tatanan fisik untuk memenuhi kebutuhan akan sarana yang ada di dalam ruangan dan juga dapat menentukan bentuk dari ruangan tersebut. Sedangkan desain intrior adalah merencanakan, menata dan merancang bentuk ruangan yang terdapat di dalam sebuah bangunan.

Tips Menata Interior

Ada beberapa tips menata interior agar penghuni rumah bisa lebih nyaman ketika berada di dalam ruangan. Berikut ini adalah beberapa tips menata interior yang perlu kamu ketahui:

1. Perhatikan kerapian ruangan

Kerapian dalam sebuah ruangan menjadi unsur yang penting pada saat menata interior rumah. Jangan sampai membiarkan barang-barang berserakan di mana-mana. Kamu mungkin tidak menyadarinya kalau rumah yang berantakan dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya stress.

Cara untuk merapikan rumah yang berantakan bisa dengan pengadaan beragam ruang penyimpanan, sehingga barang-barang pun bisa tersusun dengan teratur dan rapi.

2. Pilih warna yang tepat untuk setiap ruangan

Dalam sebuah interior rumah, kekuatan warna tidak boleh dianggap sebagai hal yang sepele. Hal tersebut karena warna yang berbeda memang terbukti dapat memberikan efek yang berbeda terhadap mood seseorang.

Sebagai contoh, warna biru muda dan warna hijau dapat memberikan efek menenangkan yang bisa digunakan untuk kamar tidur. Kemudian warna kuning dan warna merah cocok digunakan untuk ruang makan karena dapat memberikan efek yang dapat meningkatkan nafsu makan bagi penghuninya. Selain itu, warna netral dan alami bisa memeberikan efek terang dan lapang. Pilihlah juga perpaduan antar warna yang bisa mendatangkan atmosfer ringan ke dalam interior ruangan.

3. Menambah tanaman hijau

Menambahkan tanaman hijau di dalam ruangan dapat memberikan berbagai manfaat untuk kamu dan keluargamu. Selain bisa menyejukkan pandangan, tanaman hijau juga dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Tanaman hijau diyakini bisa membersihkan racun atau toksin di udara. Dengan kualitas udara yang lebih baik, maka kesehatan kamu dan keluargamu tentunya akan bisa lebih terjaga.

4. Berikan akses terbuka untuk cahaya matahari

Interior rumah yang sehat rasanya kurang lengkap jika tidak ada akses terbuka untuk masuknya cahaya matahari. Untuk itu cobalah untuk memasang jendela kaca pada setiap ruangan rumah. Dengan masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan, maka kamu bisa menikmati manfaat sinar matahari yang bisa manghangatkan tubuh dan memberikan penerangan pada ruangan.

5. Aturlah penempatan furnuitur dengan baik

Untuk menciptakan kenyamanan dalam ruangan, kamu juga perlu memperhatikan penempatan furniture. Furnitur berupa kursi, meja, lemari, tempat tidur, dan furnitur berat yang lainnya perlu kamu atur dengan baik supaya ruangan tidak tampak sumpek.

Itulah penejalasan tentang pengertian interior dan tips menata interior. Karena interior ruangan itu sangat penting untuk kenyamanan, maka untuk bisa menata interior ruangan dengan baik perlu dipersiapkan dengan matang. Bahkan, jika perlu untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa juga mempercayakannya pada jasa Custom interior Bogor.