--> Skip to main content

Pengertian Furniture Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Sebuah rumah tentunya tidak dapat dipisahkan dengan furniture, karena tanpa adanya furniture maka rumah akan terasa kurang lengkap dan kurang menarik. Lalu apa itu furniture? Nah bagi kamu yang mungkin belum tahu, maka pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan penjelasan tentang pengertian furniture beserta dengan fungsi dan jenis-jenis furniture.

Pengertian Furniture

Pengertian Furniture

Dalam bahasa Indonesia, pengertian furniture adalah mebel atau bisa juga diartikan sebagai suatu perabot rumah tangga untuk melengkapi suatu ruangan. Furniture dapat digunakan untuk meletakkan atau menyimpan suatu benda, misalnya rak, meja, lemari, laci dan lain-lain. Selain itu, furniture juga sering digunakan sebagai tempat uuntuk mengerjakan berbagai aktivitas, misalnya meja dan kursi. Sehingga sangat wajar apabila berbagai macam furniture buatan dari lokal tidak pernah sepi dari peminat, baik itu dari masyarakat dalam negeri maupun dari luar negeri.

Fungsi Furniture

Fungsi furniture selain sebagai tempat untuk meletakkan atau menyimpan benda dan tempat melakukan aktivitas, furniture juga mempunyai beberapa fungsi lain sebagai berikut ini:

  • Untuk mengisi kekosongan hunian atau tempat tinggal.
  • Untuk mendukung berbagai aktivitas dalam suatu bangunan, sebagai contoh di dalam bangunan perkantoran dan sekolah.
  • Memberikan nilai seni dan menciptakan estetika pada sebuah ruangan. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor yang penting untuk dipertimbangkan dalam memilih furniture untuk tempat tinggal atau hunian.
  • Untuk meningkatkan nilai suatu perusahaan. Implementasinya bisa dalam bentuk penyediaan mebel ruang kerja yang mampu menghadirkan fasilitas dan suasana kerja yang mendukung sehingga motivasi karyawan bisa lebih meningkat.

Akan tetapi, kehadiran furniture pada sebuah ruangan terkadang terlihat kurang menarik dan menyatu dengan desain interior ruangan. Maka dari itulah, sangat penting untuk mempertimbangkan dengan baik sebelum membeli furniture.

Jenis-jenis Furniture

Terdapat beberapa jenis furnitur yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Adapun beberapa jenis-jenis furniture diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Furniture Free Standing

Furniture free standing merupakan jenis furniture yang mendasar dan paling umum pada sebuah bangunan. Furniture ini tidak dapat dibongkar pasang karena bersifat permanen. Sebagai contoh, meja makan, kursi sofa, lemari pakaian. Meskipun demikian, furniture seperti ini bukan berarti tidak dapat dipindah-pindahkan.

2. Furniture Inflatable

Furniture inflatable adalah jenis furniture atau perabot rumah tangga yang dapat dilipat setelah selesai digunakan. Sehingga, jenis furniture ini sangat cocok jika digunakan untuk hunian yang luasnya minimalis.

3. Furniture Built In

Furniture built in merupakan jenis furniture yang bersifat permanen sehingga tidak dapat dipindah ke tempat lain. Furniture jenis ini umumnya dibuat untuk memanfaatkan ruang yang tersisa pada suatu bangunana. Sebagai contoh rak untuk menyimpan barang yang diletakkan di bawah tangga.

4. Furniture Mobile

Furniture mobile adalah jenis furniture yang dapat dipindahkan secara mudah. Umumnya jenis furniture ini mempunyai roda pada kakinya sehingga akan lebih memudahkan ketika dipindahkan. Akan tetapi, perbotan ini mempunyai kelemahan yaitu rodanya lebih rentan terlepas atau rusak. Sebagai contoh furniture mobile yaitu kursi kantor.

5. Furniture Knock Down

Furniture knock down merupakan jenis furniture yang hampir mirip seperti furniture mobile karena sama-sama dapat dipindah secara mudah. Namun, furniture tipe knock down ini mempunyai kelebihan tersendiri yaitu mudah untuk dibongkar pasang. Kemudahan tersebut dikarenakan pada jenis furniture ini menggunakan sistem plug and play atau memiliki engsel.

6. Furniture Transformable

Furniture transformable merupakan jenis furniture yang dapat difungsikan untuk dua aktivitas. Furniture ini cocok digunakan untuk hunian masa kini yang berkonsep minimalis. Sebagai contoh, tempat tidur yang dapat diubah menjadi sofa, meja makan yang dapat dilipat menjadi bangku untuk nongkrong, dan lain-lain. Tentunya, furniture dengan dua fungsi ini mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dikarenakan proses pembuatannya tidaklah mudah. Akan tetapi, fungsi yang didapatkan sangat menarik.

Itulah penjelasan tentang pengertian furniture, beserta fungsi dan jenis-jenisnya. Nah, bagi kamu yang memerlukan berbagai furniture untuk melengkapi hunian anda, anda bisa membelinya di Dian Furniture. Dimana Dian Furniture ini adalah toko mebel Jepara yang menyediakan aneka produk furniture kayu jati yang berkualitas premium. Dian furniture memproduksi furniture jati dengan berbagai desain menarik yang bertema furniture klasik jepara hingga furniture dengan desain custom. Jadi, di Dian Furniture anda dapat memilih desain furniture sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WA atau telepon 0895422780107.

Buka Komentar
Tutup Komentar