--> Skip to main content

Pengertian Ruqyah: Tempat Ruqyah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan kuningan

Mungkin anda sering mendengar yang namanya ruqyah, bahkan mungkin pernah melihat seseorang yang diruqyah oleh peruqyah. Lalu sebenarnya apa itu ruqyah? Nah, bagi teman-teman yang mungkin belum tahu apa yang dimaksud dengan ruqyah, berikut ini kami tuliskan penjelasan tentang pengertian ruqyah dan macam-macam ruqyah.

Pengertian Ruqyah

Pengertian Ruqyah

Ruqyah atau rukyah adalah suatu metode yang digunakan untuk penyembuhan dengan cara membacakan doa pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (mata hasad), rasa sakit, sengatan hewan, bisa, gila, sihir, gangguan dan kerasukan jin.

Pengertian ruqyah dalam islam merupakan suatu upaya dan proses penyembuhan melalui bacaan ayat-ayat suci yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Secara lebih jelasnya, bacaan doa yang dipanjatkan ketika sedang menjalani ruqyah yaitu dengan melafalkan ayat-ayat suci, nama dan sifat Allah SWT, hingga doa-doa lainnya sembari diiringi dengan tiupan.

Ruqyah secara tidak langsung merupakan salah satu bentuk usaha manusia dalam mendekatkan diri dan meminta perlindungan kepada Allah SWT. Sehingga, ruqyah bisa dilakukan ketika seseorang sedang membutuhkan perlindungan dari segala macam bahaya yang bisa dialaminya. Tidak terkecuali juga dari berbagai macam gangguan dari makhluk halus/ gaib.

Seorang ahli ruqyah disebut sebagai peruqyah. Seorang peruqyah inilah yang membantu dalam proses penyembuhan seseorang yang sakit, depresi, terkena gangguan sihir maupun jin melalui lantunan ayat-ayat suci Alqur’an dan pujian-pujian kepada Allah SWT. Nah, bagi anda atau keluarga anda yang mengalami berbagai masalah atau gangguan seperti yang disebutkan, maka anda bisa menghubungi seorang peruqyah yang memang ahli dalam bidang Ruqyah. Saat ini peruqyah ada di mana-mana, mungkin setiap kota di Indonesia ada peruqyah yang memang ahli ruqyah seperti Ruqyah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan.

Macam-macam Ruqyah

Macam macam ruqyah ada 2 macam yaitu ruqyah Syar'iyyah yang sesuai syariat Islam dan ruqyah syirkiyah yang berdasarkan kesyirikan. Berikut ini adalah penjelasan dari 2 macam ruqyah tersebut.

1. Ruqyah Syar'iyyah

Jenis ruqyah ini bebas dari segala bentuk syirik (menyekutukan Allah). Ruqyah syar'iyyah adalah bentuk penyembuhan dengan cara melantunkan ayat- Ayat suci Al Qur’an kepada pasien. Tujuan dari ruqyah ini adalah memohon pertolongan kepada Allah SWT melalui dzikir dan do’a untuk penyembuhan penyakit. Ruqyah ini secara hukum syariat diperbolehkan. Biasanya ruqyah ini dilakukan oleh seorang yang shalih dan bertakwa kepada Allah SWT.

Rukyah Syar’iyyah ini memiliki syarat penting, diantaranya yaitu:

  1. Harus dengan kalimat-kalimat Allah SWT (Bacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an), menyebut nama-nama Allah SWT dan sifat-sifatnya.
  2. Menggunakan bahasa Arab atau bahasa yang dimengerti dengan jelas oleh masyarakat.
  3. Yakin bahwa ruqyah ini tidak bisa memiliki manfaat dengan sendirinya, akan tetapi manfaat dan penyembuhannya datang dari pertolongan Allah SWT.

2. Ruqyah Syirkiyah

Jenis ruqyah ini dapat menyebabkan dosa karena bertentangan dengan ajaran Islam. Ruqyah syirkiyah adalah bentuk penyembuhan yang dilakukan dengan melibatkan bantuan dari Jin, penyihir, mantra dan jimat-jimat tertentu. Biasanya ruqyah semacam ini diiringi dengan jampi-jampi dan perkataan yang bahkan tidak dimengerti karena dilakukan oleh seorang pengikut setan. Dalam syariat Islam, hukum ruqyah ini adalah haram karena dapat menuju pada kesyirikan.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan yaitu tentang apa itu ruqyah. Semoga penjelasan yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat bagi anda, terutama bagi kamu yang sedang mencari informasi tentang ruqyah.

Buka Komentar
Tutup Komentar