--> Skip to main content
Menu

Apa Itu Anjing Ras Dan Apa Perbedaan Anjing Ras Dan Kampung

Anjing merupakan hewan yang dikenal pintar dan juga mudah bersosialisasi. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang menganggap bahwa hewan ini memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Karena itulah beberapa orang ada yang suka memelihara anjing baik itu anjing ras maupun anjing kampung untuk berbagai keperluan. Nah, apa itu anjing ras? Apa bedanya anjing ras dengan anjing kampung? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Anjing Ras Dan Apa Perbedaan Anjing Ras Dan Kampung

Apa Itu Anjing Ras

Anjing ras atau anjing trah adalah seekor anjing yang memiliki 75% dari karakteristik yang harus ada pada ras tersebut. Anjing ras biasanya dipelihara untuk tujuan kontes atau mengikuti sebuah perlombaan tertentu misalnya anjing ras bulldog, husky, rottweiler, dan jenis anjing ras lainnya. Namun ada juga anjing ras yang memang dipelihara untuk dijadikan sebagai teman berburu, menjaga perkebunan, dan menjaga peternakan. Anjing ras berbeda dengan anjing kampung yang tidak tergolong ke dalam ras tertentu dan memiliki campuran dari 2 ras atau lebih dalam berbagai presentase.

Perbedaan Anjing Ras Dan Kampung

Terdapat beberapa hal yang membedakan antara anjing ras dengan anjing kampung, mulai dari cara perawatannya, makanannya, harga jualnya, hingga tingkah lakunya. Untuk perawatan anjing ras umumnya lebih sulit apabila dibandingkan dengan anjing kampung. Selain itu biaya perawatan anjing ras juga lebih mahal karena memerlukan perawatan khusus yang bukan sembarangan. Perawatan khusus yang diberikan pada anjing ras bertujuan agar kesehatan fisik dan mental anjing bisa selalu terjaga dengan baik. Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam perawatan anjing ras adalah jumlah asupan makanannya harus teratur.

Sementara untuk anjing kampung apabila dilihat dari perawatannya tidak sesulit merawat anjing ras. Namun, anjing kampung pun jika dirawat dengan baik bisa juga menjadi anjing yang berkualitas. Dari segi harga, anjing kampung harga jualnya tidak semahal harga jual anjing ras. Selain itu, makanan anjing kampung pun makanan yang seadanya tidak harus makanan yang istimewa seperti makanan anjing ras.

Kepribadian dan tingkah laku anjing bisa berbeda-beda tergantung dari ras masing-masing. Dilihat dari kepribadian atau tingkah lakunya, anjing ras memiliki kepribadian dan tingkah laku yang bisa diduga dengan lebih akurat. Misalnya anjing ras Labrador Retriever yang umumnya senang bermain air, kemudian untuk anjing ras Beagle merupakan anjing yang sangat tertarik dengan berbagai bau-bauan. Sementara anjing kampung atau campuran kepribadian dan tingkah lakunya sulit untuk di duga dan kadang-kadang sangat unik.

Selain itu, ada juga faktor lain yang juga mempengaruhi kepribadian dan tingkah laku anjing yaitu perilaku yang diterima oleh anjing dan juga orang-orang yang berkomunikasi dengan anjing. Pemilik anjing yang gagal dalam mendidik anjing bisa menyebabkan tingkah laku anjing menjadi tidak baik. Tidak jarang, anjing yang kurang perhatian dan kurang pendidikan dari pemiliknya bisa menjadi anjing yang mudah marah. Maka dari itu perhatian dan pendidikan yang baik untuk anjing sangat penting agar bisa menjadi anjing yang penurut bisa bermanfaat sesuai yang diinginkan.

Baik itu anjing ras maupun anjing kampung dilihat dari perbedaannya di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meskipun banyak perbedaan antara anjing ras dengan kampung, semua tergantung dari alasan dan kebutuhan masing-masing setiap orang untuk memelihara anjing.

Itulah penjelasan yang dapat kami tulis tentang apa itu anjing ras dan apa perbedaan anjing ras dan kampung. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang suka memelihara anjing.