--> Skip to main content
Menu

Pengertian Besi Beton Dan Jenis Jenis Besi Beton

Siapa sih yang tidak kenal dengan besi beton? Besi beton merupakan salah satu material yang paling umum digunakan untuk proyek kontruksi bangunan. Sehingga tidak heran jika di Indonesia ada banyak sekali distributor besi beton salah satunya yaitu MBT Steel di Surabaya. Berbicara tentang besi beton, apa pengertian besi beton? Apa saja jenis-jenis besi beton? Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Besi Beton Dan Jenis Jenis Besi Beton

Pengertian Besi Beton

Besi beton adalah salah satu material yang berbentuk baja tulangan yang berpenampang bulat. Dalam bahasa Inggris besi beton disebut sebagai concrete steel atau rebar. Besi beton di Indonesia ada juga yang menyebutnya dengan sebutan baja tulangan atau besi tulangan. Dalam penggunaannya yang luas dan fungsinya yang vital, besi beton sebagai tulang atau kerangka sebuah bangunan, menjadikan besi beton sebagai material yang wajib memenuhi standar SNI yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Jenis Jenis Besi Beton

Jenis besi beton berdasarkan fisiknya dibedakan menjadi 2 macam yaitu besi beton polos dan besi beton ulir. Berikut ini adalah penjelasan tentang besi beton polos dan besi beton ulir:

1. Besi Beton Polos

Besi beton polos (plain rebar atau reinforced bar) adalah besi baja tulangan yang memiliki permukaan dan penampang yang mulus, rata, dan tidak bersirip. Jika dibandingkan dengan besi beton jenis ulir, besi beton polos lebih cenderung memiliki struktur miko yang lebih renggang. Selain itu, jenis besi beton polos memiliki sifat baja yang cenderung lebih lunak jika dibandingkan dengan besi beton jenis ulir. Besi beton polos memiliki panjang 12 meter dengan diameter yang bervariasi diantaranya yaitu: 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm, 16 mm, 19 mm, 22 mm, 25 mm, 32 mm dan 36 mm.

Fungsi Besi Beton Polos

Adapun fungsi besi beton polos diantaranya yaitu:

  • Dapat digunakan untuk tulangan konstruksi skala kecil maupun besar, seperti membangun hunian, jalan, jembatan dan lain-lain.
  • Dapat digunakan sebagai begel yang tujuannya adalah untuk mengikat batang-batang besi ulir, sehingga dapat membentuk rangka-rangka beton.

2. Besi Beton Ulir

Besi beton ulir (deformed bar) adalah besi baja tulangan yang memiliki permukaan bersirip/ ulir melintang serta memanjang yang tujuannya dapat menyatukan elemen pada bahan bangunan dengan rangka yang dirancang menggunakan besi beton ulir tersebut. Besi beton ulir memiliki panjang 12 meter dengan diameter yang bervariasi yaitu 10 mm, 13 mm, 16 mm, 19 mm, 22 mm, 25 mm, 29 mm, 32 mm, dan 36 mm.

Fungsi Besi Beton Ulir

Adapun beberapa fungsi besi beton ulir diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dapat digunakan untuk pembangunan konstruksi dan infrastruktur yang memerlukan daya tarik yang kuat, misalnya pada gedung-gedung pencakar langit.
  • Dapat digunakan sebagai tulangan utama pada pembuatan beton bertulang, hal ini karena besi beton ulir bisa mengait dengan kuat.
  • Dapat digunakan untuk kebutuhan dalam pembangunan jembatan, hal tersebut karena besi ulir memiliki ikatan yang kuat diantara tulang-tulangnya. Selain itu daya ikat besi beton ulir juga mempunyai fungsi untuk menahan atau meredam berbagai gerakan membujur dari batang secara relatif terhadap bahan beton.

Baca juga artikel tentang: Apa Itu Besi Elbow dan Apa Saja Jenisnya.

Bagi kamu yang memerlukan besi beton khususnya daerah surabaya baik itu besi beton jenis polos maupun jenis ulir untuk kebutuhan kontruksi, kamu bisa menghubungi distributor besi beton Surabaya MBT Steel. Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian besi beton dan jenis-jenisnya, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.