--> Skip to main content
Menu

Apa Itu Besi Elbow dan Apa Saja Jenisnya

Ketika hendak memilih elbow, mungkin perlu memperhatikan bahannya agar sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, tujuan penggunaan elbow bisa menjadi lebih optimal. Selain berbahan dari plastik dan baja, ada juga elbow pipa yang terbuat dari bahan besi atau yang dikenal dengan besi elbow. Lalu apa itu besi elbow? Nah, bagi kamu yang mungkin belum tahu bisa menyimak penjelasan tentang apa itu besi elbow dan jenis-jenis besi elbow berikut ini.

besi elbow

Apa itu besi elbow

besi elbow adalah salah satu jenis fitting pipa terbuat dari besi yang sering dipakai dalam dunia industri. Besi elbow biasanya disebut juga sebagai tikungan atau bends. Kegunaan dari besi elbow adalah untuk menghubungkan antara 2 pipa yang mempunyai diameter nominal yang sama maupun berbeda. Selain itu, besi elbow juga bisa digunakan untuk mengubah arah aliran fluida menuju ke arah tertentu.

Terjadinya perubahan arah aliran tersebut dapat mengurangi tekanan ke sistem karena adanya benturan, gesekan dan percepatan yang berubah sesudah belokan fluida pada elbow. Besi elbow pada umumnya dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis.

Jenis-Jenis Besi Elbow

Terdapat beberapa jenis besi elbow yang bisa dipilih untuk digunakan sesuai kebutuhan masing-masing. Adapun jenis-jenis besi elbow yaitu sebagai berikut:

Jenis Besi Elbow Berdasarkan Sudut Lengkung

Berdasarkan dari sudut lengkungnya terdapat 3 jenis besi elbow yang biasa digunakan dalam suatu rangkaian perpipaan, adapun diantaranya yaitu:

Besi Elbow 45 derajat

Biasanya pemasangan jenis elbow ini digunakan untuk mengubah arah aliran sebesar 45 derajat di area dengan ruang terbatas dan dibutuhkan perubahan arah secara bertahap.

Besi Elbow 90 derajat

Besi elbow jenis ini adalah ebow yang paling umum dipakai dalam mengubah sistem perpipaan, karena dapat memberikan perubahan arah yang tajam dan berfungsi mengarahkan aliran pada sekitar sudut.

Besi Elbow 180 derajat

Besi elbow 180 derajat dipakai untuk mengubah arah aliran sebesar 180 derajat. Dapat dikatakan bahwa jenis besi elbow ini untuk membalikkan arah aliran. Besi elbow ini banyak dipakai dalam aplikasi yang membutuhkan pembalikan arah aliran secara menyeluruh, misalnya dalam sistem drainase.

Jenis Besi Elbow Berdasarkan Bentuk/ Radius

Berdasarkan dari bentuknya atau radiusnya, besi elbow dapat dibedakan menjadi 3 macam atau long radius elbow, short radius elbow, dan reducing elbow. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah penjelasannya.

Besi Elbow LR (Long Radius)

Pada jenis besi elbow LR ini, garis tengahnya memiliki radius 1,5 kali ukuran pipa normal atau dapat dikatakan 1,5 kali diameter pipa. Besi elbow LR biasanya dipakai dalam perpipaan ketika kehilangan tekanan lebih sedikit dibandingkan siku radius pendek. Elbow radius panjang atau LR memerlukan ruang yang lebih banyak dibandingkan dengan yang pendek.

Besi Elbow SR (Short Radius)

Jenis besi elbow ini mempunyai jari-jari garis tengah yang ukurannya sama dengan nominal pipa, atau dapat dikatakan satu kali diameter pipa dan dapat dipakai dalam situasi ruang yang terbatas. Akan tetapi jenis besi elbow ini mempunyai penurunan tekanan yang lebih cenderung tinggi dikarenakan terdapat perubahan arah aliran yang secara tiba-tiba.

Besi Elbow Reducing

fitting elbow jenis ini dapat dipakai untuk menyambungkan 2 potong pipa yang ukurannya berbeda. Besi elbow Reducing memiliki bukaan yang ukurannya berbeda di setiap ujungnya sehingga membuat jenis besi elbow ini bisa menghubungkan 2 pipa yang ukurannya berbeda.

Itulah penjelasan tentang apa itu besi elbow dan jenisnya, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat. Baca juga artikel: Pengertian Besi Beton Dan Jenis Jenis Besi Beton.