--> Skip to main content
Menu

Apa Itu Kaolin Clay Dan Apa Saja Manfaat Kaolin Clay

Saat ini penggunaan masker clays sudah semakin popular digunakan untuk keperluan perawatan kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Salah satu bahan yang digunakan dalam masker clay adalah kaolin clays. Nah, karena kepopuleran masker clays dengan bahan kaolin clays tersebut, maka muncullah kaolin clay supplier Indonesia yang memasok kebutuhan akan bahan kaolin clays. Lalu, sebenarnya apa itu kaolin clay? Dan apa saja manfaat kaolin clay? Simak penjelasannya di sini.

Apa Itu Kaolin Clay

Apa Itu Kaolin Clay

Kaolin clay merupakan mineral alami yang dikenal sebagai China clays atau white clays. Disebut sebagai China clays karena nama kaolin clay berasal dari sebuah bukit di China yang menjadi lokasi pertama ditemukannya clay ini. Kaolin clay adalah jenis tanah liat lunak yang telah digunakan di China selama berabad-abad untuk pembuatan produk porselen. Selain bisa ditemukan di alam, kaolin clays juga bisa dibuat di dalam sebuah laboratorium.

Kaolin clay memiliki warna putih dengan tekstur yang sangat lembut. Namun, seiring dengan berjalannya waktu kaolin clay juga ditemukan dalam warna yang berbeda tergantung dari jenis mineral lain yang terdapat pada clay tersebut. Dapat dikatakan kaolin clay merupakan jenis clay mask yang paling lembut dibandingkan dengan clay mask lainnya. Kandungan silica dioxide dan pH netral di dalamnya dapat berkhasiat untuk kesehatan kulit terutama kulit wajah.

Sebelum populernya penggunaan kaolin clay untuk wajah, bahan kaolin clay lebih sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Khususnya dalam pengobatan tradisioanl untuk mengatasi terjadinya pembengkakan dan juga luka di area mulut. Ketika diaplikasikan pada sebuah luka, maka kaolin clay dapat membantu mempercepat pembekuan pendarahan, sehingga luka bisa lebih cepat sembuh.

Manfaat Kaolin Clay

Terdapat beberapa manfaat kaolin clay untuk wajah ketika digunakan sebagai masker, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Menyerap minyak yang berlebih

Manfaat utama dari kaolin clay yaitu memiliki kemampuan dalam menyerap minyak yang berlebih dan juga sebum atau kotoran. Selain itu kaolin clay juga mampu mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori yang merupakan salah satu penyebab munculnya komedo dan risiko munculnya jerawat. Kulit yang terbebas dari minyak berlebih dapat menjaga tampilan wajah tetap segar dan tidak mengkilap.

2. Merawat kulit yang sensitif

Umumnya masker yang terbuat dari clays berkhasiat untuk menyerap minyak berlebih dan kotoran yang terdapat di wajah, akan tetapi tidak jarang juga bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit yang sensitif. Akan tetapi, hal ini tidak terjadi dalam penggunaan kaolin clay karena kaolin clay merupakan jenis clays yang paling lembut sehingga cukup aman jika digunakan pada kulit yang sensitif.

Meskipun begitu, bagi yang memiliki kulit yang sangat sensitif, sebaiknya melakukan uji coba terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit kaolin clay untuk pada area di leher belakang. Apabila tidak terjadi reaksi iritasi atau alergi, itu berarti masker kaolin clay dapat digunakan.

3. Membuang kotoran dan racun

Selain menyerap minyak yang berlebih, kaolin clay juga dapat digunakan untuk mengeluarkan kotoran dan juga racun yang terdapat di pori-pori. Kaolin clay berkhasiat untuk menyingkirkan polutan tanpa menimbulkan kemerahan atau iritasi.

4. Mengatasi jerawat

Kotoran yang menumpuk di wajah dan infeksi bakteri dapat menyebabkan munculnya jerawat. Kaolin clay ini memiliki sifat antibakteri yang dapat mengatasi jerawat ringan yang mengganggu penampilan. Selain bekhasiat sebagai agen pembersih, kaolin clay juga berkhasiat sebagai penyegar yang menyerap kelembapan dan menjadi obat yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat ringan.

5. Memperlambat penuaan

Penggunaan kaolin clay juga dapat meningkatkan serat kalogen. Kalogen sendiri bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan elastisitas kulit sehingga kulit akan terlihat lebih muda dan kencang.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang apa itu kaolin clay dan apa saja manfaat kaolin clay. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.