--> Skip to main content

Tips Memilih Sekolah Dasar Islam Favorit

Sebagai orang tua tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyekolahkan anaknya. Memilih sekolah untuk anak yang tepat bukanlah perkara yang mudah, karena ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dengan baik. Bagi orang tua yang beragama islam, pendidikan untuk anak tidak hanya sebatas pada pendidikan umum saja. Akan tetapi, pendidikan agama islam juga sangat penting untuk diperhatikan.

Tips Memilih Sekolah Dasar Islam

Bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya ke sekolah islam, tentunya memiliki keinginan untuk menyekolahkan anaknya ke Sekolah Dasar Islam favorit. Untuk menentukan pilihan Sekolah Dasar Islam favorit terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Tips Memilih Sekolah Dasar Islam Favorit

Sekolah Dasar Islam yang baik akan membentuk karakter anak menjadi seorang pribadi yang berakhlakul karimah. Setiap sekolah dan guru tentunya memiliki sistem dan cara mengajar yang berbeda-beda. Agar bisa mendapatkan Sekolah Dasar Islam yang favorit, sebagai orang tua anda bisa mengikuti beberapa tips yang kami tulis berikut ini:

1. Menyesuaikan dengan kemampuan

Sebagi orang tua, jika ingin menyekolahkan anak di sekolah dasar islam harus menyesuaikan kemampuannya baik itu dari segi finansial maupun fisik. Hal itu karena umumnya sekolah itu memerlukan biaya yang cukup banyak. Selain itu, sebagai orang tua juga harus bisa meluangkan waktu khusus, misalnya untuk mengantar dan menjemput anak sekolah. Yang perlu di ingat, meskipun sudah mendapatkan pendidikan di sekolah, bukan berarti urusan pendidikan sepenuhnya diserahkan ke sekolah. Sebagai orang tua anda juga harus bisa mendidik anak ketika sedang berada di rumah. Oleh karena itu, pastikan sekolah dasar islam yang anda pilih nantinya memiliki rasa kepedulian untuk salalu mengingatkan anda sebagai orang tua untuk mengawasinya dan mengajarinya saat di rumah.

2. Kurikulum sekolah sesuai ajaran islam

Pilihlah sekolah yang memiliki kurikulum sesuai ajaran Islam. Kurikulum sekolah yang sesuai ajaran Islam dapat mendidik siswa-siswi menjadi pribadi yang sholeh dan sholihah yang mencintai Allah dan Rasulnya. Dengan begitu anda akan merasa lebih tenang karena anak anda diberikan pelajaran agama Islam.

3. Guru yang baik dan memiliki akhlak yang mulia

Guru yang baik yaitu guru yang bisa mengaplikasikan ajaran islam dalam kesehariannya, selalu ingin memberikan yang terbaik untuk siswa-siswinya, dan bisa menjalin hubungan yang baik dengan orang tua atau wali murid. Untuk itu anda harus mengecek terlebih dahulu daftar guru yang bekerja di sekolah supaya sekolah yang anda pilih itu sesuai dengan apa yang anda harapkan yaitu memiliki guru yang baik dan berakhlak mulia.

4. Menyesuaikan kemampuan dan minat anak

Perhatikan bakat dan kemampuan yang dimiliki anak anda, dengan begitu anda akan lebih mudah dalam menentukan sekolah mana yang cocok untuk anak anda. Jika anak anda sekolah di sekolahan yang tepat, maka anak anda akan bisa mencapai prestasi yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

5. Memiliki fasilitas yang nyaman dan aman

Pilihlah sekolah yang memiliki fasilitas yang nyaman dan aman supaya anak bisa belajar dengan maksimal. Selain itu anak juga akan merasa senang untuk belajar dan mengaplikasikan bakatnya.

6. Perhatikan ketertiban dan kebersihan sekolah

Sekolah yang tertib dapat membentuk sikap anak menjadi lebih disiplin dan lingkungan sekolah yang bersih dapat membuat anak menjadi lebih senang dan betah untuk belajar. Dengan menyekolahkan anak di sekolahan yang tertib dan kebersihannya selalu terjaga maka dapat membentuk pribadi anak menjadi lebih baik.

7. Memiliki Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler di sekolah dapat membantu anak untuk meningkatkan bakatnya. Jadi sebelum mendaftarkan anak ke sekolah dasar, sebaiknya pastikan dulu sekolah tersebut memiliki ekstrakurikulernya.

Itulah beberapa tips memilih sekolah dasar islam favorit. Di Indonesia sendiri memang ada banyak sekolah dasar Islam favorit, namun bagi kamu yang tinggal di sekitar Bintaro mungkin SD Islam favorit di Bintaro seperti SD ISLAM TERPADU AULIYA bisa menjadi pilihan yang tepat. SD ISLAM TERPADU AULIYA memiliki suasana belajar yang aman dan nyaman. Selain itu Circle Time di pagi hari dapat membangun suasana kekeluargaan antara guru dengan siswa. Guru- guru yang mengajar di sekolah SD ISLAM TERPADU AULIYA merupakan guru yang berkompeten dan juga dekat dengan para siswa sehingga hadir sebagai orangtua ke-dua. Karakter siswa dididik melalui suatu Program Utama Character Camp. Selain itu mental juara siswa juga dibangun melalui berbagai ekstrakurikuler seperti futsal, basket, tari, taekwondo dan lain-lain.

Buka Komentar
Tutup Komentar