--> Skip to main content
Menu

Pengertian Kurikulum Fungsi dan Komponennya

Pengertian kurikulum fungsi dan komponennya – Dalam dunia pendidikan yang formal, kurikulum mempunyai peranan yang sangat penting dami tercapainya kesuksesan dalam belajar. Seiring dengan perkembangan zaman, kurikulum sering mengalami perubahan, agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Lalu apa itu kurikulum? Seperti apa yang dimaksud dengan kurikulum? Nah bagi kamu yang mungkin belum mengetahui definisi kurikulum, maka di sini kamu bisa menemukan penjelasan arti dari kurikulum. Tidak hanya itu saja di sini juga akan kami bahas tentang fungsi kurikulum dan komponen kurikulum. Oke langsung saja silahkan kamu simak penjelasan tentang pengertian kurikulum dan fungsinya beserta komponennya berikut ini:

Pengertian Kurikulum Fungsi dan Komponennya

Pengertian Kurikulum

Pengertian kurikulum secara umum adalah seperangkat mata pelajaran yang terdiri atas program studi yang diberikan oleh lembaga penyelenggara pendidikan, yang didalamnya terdapat suatu rancangan pelajaran yang akan diperoleh peserta didik dalam jenjang pendidikan pada satu periode.

Dapat pula dikatakan bahwa pengertian kurikulum adalah sistem rencana dan seperangkat pengaturan tentang isi dan bahan pembelajaran yang dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Dengan kata lain definisi kurikulum adalah perangkat mata pelajaran yang terdapat dalam suatu lembaga pendidikan untuk mengarahkan proses belajar-mengajar supaya dapat berjalan dengan baik atau bisa teratur.

Pengertian kurikulum secara etimologis berasal dari kata dalam bahasa Inggris “curriculum” yang artinya adalah rencana pelajaran. Curriculum berasal dari bahasa latin yaitu “currere” yang artinya maju dengan cepat, berlari cepat, menjalani dan berusaha untuk.

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa penjelasan tentang kurikulum, berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang definisi kurikulum menurut para ahli:

Pengertian Kurikulum Menurut Permendikbud

Bahwa kurikulum ialah seperangkat rencana dan peraturan tentang tujuan, isi, tambahan pelajaran dan cara yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran agar bisa mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Pengertian Kurikulum Menurut Kemendikbud

Kurikulum merupakan materi yang dirumuskan untuk menunjang terwujudnya manusia yang mempunyai sikap kepribadian, pengetahuan, dan keterampilan yang berdasarkan pada pendekatan ilmiah (scientific approach).

Pengertian Kurikulum Menurut UU No 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 19

Berbunyi kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan tentang tujuan, isi dan bahan pembelajaran serta cara yang dipergunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk dapat mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pengertian Kurikulum Menurut Hilda Taba (1962)

Menerangkan bahwa kurikulum adalah pernytaan mengenai tujuan-tujuan pendidikan yang sifatnya umum dan khusus dan materinya dipilih dan diorganisasikan menurut suatu pola tertentu untuk keperluan belajar mengajar.

Pengertian Kurikulum Menurut Harold b Albertycs (1965)

Menyatakan bahwa kurikulum adalah seluruh kegiatan yang disediakan oleh sekolah untuk siswa. Kurikulum dalam hal ini, tidak terbatas pada mata pelajaran saja, namun juga termasuk berbagai kegiatan lain di dalam maupun di luar kelas yang diselenggarakan oleh sekolahan.

Pengertian Kurikulum Menurut Inlow (1966)

Menyatakan bahwa kurikulum ialah usaha menyeluruh yang dirancang secara khusus oleh pihak sekolah untuk membimbing peserta didik untuk mendapatkan hasil dari pembelajaran yang telah ditentukan.

Pengertian Kurikulum Menurut Kerr Jf (1968)

Bahwa kurikulum adalah semua pembelajaran yang disusun atau dirancang dan dilaksanakan secara individu maupun kelompok, baik itu yang di sekolah maupun yang di luar sekolah.

Pengertian Kurikulum Menurut Beauchamp (1968)

Kurikulum menurut beauchamp yaitu dokumen tertuis yang berisi tentang mata pelajaran yang akan diajarkan kepada para peserta didik melalui berbagai macam mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, rumusan masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Kurikulum Menurut Murray Print (1993)

Kurikulum yaitu suatu ruang pembelajaran yang terencana, yang secara langsung diberikan kepada siswa oleh suatu lembaga pendidikan dan pengalaman yang bisa dinikmati oleh semua peserta didik ketika kurikulum tersebut diterapkan.

Fungsi Kurikulum

Terdapat beberapa fungsi kurikulum dalam pendidikan yang sangat penting, adapun fungsi kurikulum adalah sebagai berikut ini:

1. Fungsi Penyesuaian

Fungsi penyesuaian dalam kurikulum (the adjustive or adaptive function) adalah kemempuan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dilingkungan, karena lingkungan tersebut bersifat dinamis maksudnya yaitu bisa berubah-ubah.

2. Fungsi Integrasi

Fungsi integrasi dalam kurikulum (the integrating function) adalah suatu alat pendidikan yang bisa menghasilkan individu-individu yang utuh yang bisa diandalkan dan berintegrasi di masyarakat.

3. Fungsi Diferensiasi

Fungsi diferensiasi dalam kurikulum (the diferentiating function) adalah suatu alat yang bisa memberikan suatu pelayanan terhadap berbagai perubahan pada setiap siswa yang harus dihargai dan dilayani.

4. Fungsi Persiapan

Fungsi persiapan dalam kurikulum (the propaeduetic function) adalah sebagai alat pendidikan yang mampu mempersiapkan para siswa ke jenjang pendidikan selanjutnya dan juga bisa mempersiapkan diri agar bisa hidup di dalam masyarakat, apabila tidak melanjutkan pendidikan.

5. Fungsi Pemilihan

Fungsi pemilihan dalam kurikulum (the selective function) adalah adanya kesempatan bagi para siswa untuk menentukan pilihan program belajar yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

6. Fungsi Diagnostik

Fungsi diagnostik dalam kurikulum (the diagnostic function) adalah sebagai alat pendidikan yang dapat mengarahkan dan memahami potensi para siswa serta kelamahan-kelemahannya. Apabila telah memahami potensi dan mengetahui kelemahannya, maka para siswa diharapkan bisa mengembahkan potensi dan memperbaiki kelemahan yang ada pada dirinya.

Komponen Kurikulum

Kurikulum terdiri dari 4 unsur komponen yang membentuk kurikulum. Adapun 4 unsur komponen kurikulum adalah sebagai berikut ini:

1. Komponen Tujuan

Komponen tujuan merupakan komponen yang berhubungan dengan hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran. Jadi berhasil atau tidaknya sistem pembelajaran diukur dari banyaknya tujuan-tujuan yang tercapai. Misalnya yaitu pengetahuan, kecerdasan, kepribadian, keterampilan dan akhlak mulia.

2. Komponen Isi atau Materi (Bagian Pembelajaran)

Komponen isi atau materi merupakan komponen yang berhubungan dengan segala aspek, termasuk materi pelajaran ataupun kegiatan peserta didik yang terarah sesuai dengan tujuan dari pendidikan.

3. Komponen Strategi Pelaksanaan

Komponen strategi dalam kurikulum berkaitan atau merujuk pada pendekatan, metode, dan peralatan yang dipakai dalam proses pelaksanaan kurikulum supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik.

4. Komponen Evaluasi

Komponen evaluasi dalam kurikulum berhubungan dengan proses penilaian terhadap tingkat ketercapaian tujuan dan efektivitas suatu kurikulum dalam proses pembelajaran dan hasil belajar. Dengan adanya evaluasi ini, maka bisa ditentukan apakah suatu kurikulum dapat dipertahankan ataukah tidak, atau mungkin perlu diperbaiki supaya bisa menjadi lebih baik.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian kurikulum fungsi dan komponennya. Semoga penjelasan yang telah kami uraikan dalam blog temukan pengertian di atas dapat memberikan manfaat.