--> Skip to main content

Pengertian Email Bisnis dan Manfaat Email Bisnis

Email menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat terpisahkan bagi seorang yang sering menggunakan internet, terutama untuk keperluan membuat sebuah akun tertentu. Sementara bagi seseorang yang menekuni suatu bisnis, email menjadi sesuatu yang wajib untuk dimiliki sebagai sarana komunikasi ataupun keperluan bisnis yang lainnya. Email sendiri ada email personal atau pribadi dan email bisnis atau email perusahaan. Untuk keperluan pribadi biasanya email personal sudah cukup, namun bagi seorang pebisnis rasanya kurang profesional jika menggunakan email personal, maka dari itu seorang pebisnis harusnya menggunakan email bisnis agar terlihat lebih profesional dan terpercaya. Lalu, apa yang dimaksud dengan email bisnis? Nah bagi anda yang belum tahu apa itu email bisnis, anda bisa menyimak penjelasannya di sini.

Pengertian Email Bisnis

Pengertian Email Bisnis

Pengertian email bisnis adalah email yang memang ditujukan untuk keperluan bisnis agar lebih profesional. Perbedaan email bisnis dan email pribadi dapat dilihat dari domain yang digunakan untuk alamat email. Email bisnis atau email perusahaan mempunyai alamat email yang khas yaitu menggunakan nama domain atau alamat website yang digunakan untuk bisnisnya. Contoh email bisnis kontak@namabisnis.com. Sedangkan email pribadi atau personal biasanya menggunakan email gratisan yang disediakan oleh pemberi layanan email seperti namaanda@yahoo.com, namaanda@gmail.com dan lain-lain.

Memiliki email bisnis menjadi sesuatu yang sangat penting bagi seorang pebisnis. Selain agar terlihat proesional, email bisnis juga bisa menjadi daya tarik bagi konsumen terhadap bisnis anda dan juga dapat membuat konsumen menjadi lebih percaya terhadap bisnis anda. Maka dari itulah bagi anda seorang pebisnis yang sampai saat ini masing menggunakan email personal, sebaiknya beralih menggunakan email bisnis. Jika anda tidak tahu bagaimana cara membuat email bisnis, anda bisa menyerahkan urusan tersebut kepada pihak jasa buat email perusahaan untuk pembuatan email bisnis anda. Dengan memiliki email bisnis maka anda akan merasakan banyak manfaat dari penggunaan email bisnis.

Manfaat Email Bisnis

Bagi anda seorang pebisnis, ada banyak manfaat yang bisa anda rasakan jika menggunakan email bisnis. Adapun penjelasan tentang manfaat email bisnis yang bisa anda rasakan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa email bisnis dapat membantu membangun kepercayaan konsumen. Sehingga dengan anda menggunakan email bisnis, konsumen bisa lebih percaya untuk membaca pesan email yang anda kirimkan menggunakan email bisnis. Tidak hanya itu saja, memiliki email bisnis dan situs web yang tertaut juga bisa menunjukkan keseriusan anda dalam menjalani sebuah bisnis. Tentunya hal ini akan sangat membantu anda untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan anda atau kolega anda.

2. Mencerminkan bagaimana Anda mengelola bisnis

Ketika anda menggunakan email bisnis sebagai kontak anda dengan calon pelanggan potensial anda, maka alamat email bisnis anda misalnya anda@namabisnis.com akan bisa mewakili bisnis anda. Tentunya hal ini akan terlihat lebih baik daripada anda menggunakan alamat email gratisan seperti anda@gmail.com. Dengan memiliki email bisnis yang tertaut ke domain bisnis seperti anda@namabisnis.com maka akan memberikan kesan profesionalisme dalam menjalani sebuah bisnis.

3. Sarana Branding dan pemasaran

Secara tidak langsung email bisnis dapat membantu proses branding, hal ini karena alamat email bisnis mencantumkan nama domain yang digunakan untuk bisnis. Pengaruhnya, bisnis anda akan semakin dikenal banyak orang melalui email bisnis yang anda miliki. Selain itu email bisnis juga dapat menjadi sarana pemasaran dimana dalam alamat email bisnis setelah tanda @ terdapat nama domain atau alamat website yang bisa diakses. Dengan mengakses website bisnis anda tersebut maka orang akan tahu apa bisnis yang anda jalani dan yang anda promosikan melalui website anda.

4. Mempunyai fitur yang lengkap

Email bisnis berbeda dengan email personal, dimana pada email bisnis ini memiliki fitur yang lengkap. Misalnya, email bisnis bisa melampirkan file yang berukuran besar, email bisnis dapat mengirim pesan email ke ribuan orang setiap harinya, mengirim pesan email ke puluhan orang secara bersamaan, dan lain-lain.

5. Memiliki sistem keamanan yang baik

Jika dibandingkan email pribadi, sistem keamanan email bisnis lebih canggih. Sehingga dengan menggunakan email bisnis, anda bisa terlindungi dari serangan malware, virus atau orang yang berniat jahat untuk mencuri data penting anda melalui email.

Itulah penjelasan tentang pengertian email bisnis dan manfaatnya. Bagaimana setelah anda tahu manfaatnya apakah anda tertarik untuk menggunakan email bisnis? Jika tertarik, maka segera buat email bisnis sekarang juga dan rasakan berbagai manfaatnya. Namun, bagi anda yang kesulitan dalam pembuatan email bisnis anda bisa mempercayakan pembuatan email bisnis kepada jasa pembuatan email perusahaan.

Buka Komentar
Tutup Komentar