--> Skip to main content

Pengertian Paket Internet dan Tips Beli Paket Internet

Saat ini hampir semua orang membutuhkan yang namanya internet untuk berbagai keperluan seperti untuk mengakses informasi, menggunakan sosial media, menonton video dan lain-lain. Baik itu orang dewasa hingga anak-anak hampir semua menggunakan internet untuk berbagai keperluan. Untuk memenuhi kebutuhan internet kebanyakan orang membeli paket internet di salah satu provider internet seluler, misalnya beli paket internet Live.On dari PT XL Axiata. Berbicara tentang paket internet, apa itu paket internet? Beikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Paket Internet

Pengertian Paket Internet

Paket internet adalah suatu layanan internet yang berbasis volume dan dapat diakses melalui sebuah jaringan operator seluler yang menawarkan paket tersebut. Paket internet umumnya tersedia dalam berbagai macam pilihan kuota yang berbeda untuk tiap-tiap produk.

Adapun secara umum macam-macam kuota paket internet adalah sebagai berikut:

  • Kuota Utama: kuota internet yang bisa dipakai untuk keperluan apa saja dan kapan saja.
  • Kuota Reguler: Kuota internet ini seperti halnya kuota utama yang bisa diguankan untuk apa saja dan kapan saja.
  • Kuota Bonus: Kuota internet tambahan yang diberikan oleh provider yang bisa digunakan dengan syarat dan ketentuan tertentu.
  • Kuota Malam: Sesuai dengan namanya, kuota internet ini hanya bisa digunakan diwaktu malam hari saja, tergantung ketetapan dari pihak provider internetnya dalam memberlakukan waktu jam malamnya, sebagai contoh dari jam 00:00 sampai 06:00.
  • Kuota Download: Kuota internet yang hanya bisa digunakan untuk keperluan mendonwload suatu file di internet.
  • Kuota Streaming: Kuota internet yang hanya bisa digunakan untuk melihat video streaming yang telah disediakan oleh provider.
  • Kuota 4G: Kuota internet yang hanya bisa digunakan untuk jaringan yang telah menggunakan 4G. Jika tidak ada jaringan 4G maka akan dikenakan dengan tarif normal.
  • Kuota Unlimited: Kuota internet yang dapat digunakan tanpa batas dalam penggunaan yang wajar. Meskipun kuota internet unlimited itu tanpa batas, akan tetapi akan mengalami penurunan kecepatan jika telah mencapai limit pemakaian (FUP) yang sudah ditentukan oleh pihak provider.
  • Kuota Lokal: Kuota internet yang hanya bisa digunakan sesuai dengan daerah dimana paket internet tersebut dibeli. Tiap-tiap daerah bisa saja mempunyai harga yang berbeda.

Dalam pembelian sebuah paket internet, terkadang terbagi menjadi beberapa kuota, sehingga terkadang kuota internet tertentu ada yang tidak terpakai. Misalkan kamu membeli kuota internet sebesar 5GB yang terbagi menjadi kuota utama 3GB dan kuota malam 2GB, sementara kamu jarang atau mungkin tidak pernah menggunakan internet di malam hari. Maka kuota internet yang 2GB tidak terpakai sehingga kamu hanya menggunakan yang 3GB saja. Itu artinya kamu rugi karena membeli paket seharga 5GB tapi hanya menggunakan 3GB saja. Maka dari itulah ketika kamu membeli sebuah paket internet jangan hanya melihat total banyaknya GB saja, tetapi lihat rincian kuotanya. Nah, supaya kamu bisa lebih hemat dalam membeli paket internet di sini kami tuliskan tips beli paket internet yang murah dan terbaik.

Tips Beli Paket Internet

Berikut ini adalah beberapa tips membeli paket internet yang lebih hemat dan tentunya terbaik untuk kamu:

  • Pastikan provider Internet memberikan harga paket internet yang murah.
  • Kuota internet yang besar dan bisa digunakan untuk keperluan apa saja dan kapan saja. Sehingga kamu tidak dipusingkan dengan pembagian kuota yang terpisah-pisah.
  • Tidak ada limitasi harian.
  • Kuota internet yang tersisa bisa digunakan pada periode berikutnya sehingga tidak ada kuota yang hangus terbuang sia-sia.
  • Disediakan oleh operator besar yang telah memiliki jangkauan internet yang luas di Indonesia.
  • Untuk membelinya bisa dilakukan secara mudah, tanpa harus repot-repot datang ke counter.

Mungkin yang menjadi pertanyaan dalam hatimu, apakah ada provider internet seluler yang seperti itu? Tentunya ada, saat ini provider internet seluler Live.On dari PT XL Axiata telah memenuhi semua hal-hal yang telah disebutkan tersebut.

Demikian penjelasan tentang pengertian paket internet dan tips beli paket internet yang murah dan terbaik, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kamu semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar