--> Skip to main content

Pengertian Kuota Internet dan Jenis Jenis Kuota Internet

Sekarang ini internet menjadi kebutuhan hampir setiap orang. Baik itu anak-anak, remaja maupun orang dewasa semua menggunakan internet untuk berbagai macam keperluan, misalnya untuk mengakses informasi, menonton video, menggunakan sosial media dan masih banyak yang lainnya. Kebanyakan orang dalam memenuhi kebutuhan akses internet, itu membeli kuota internet dari salah satu provider internet seluler, sebagai contoh beli kuota internet di Live.On dari PT XL Axiata. Membahas tentang kuota internet, apa itu kuota internet? Nah, penjelasan tentang pengertian kuota internet adalah sebagai berikut ini.

Pengertian Kuota Internet

Pengertian Kuota Internet

Kuota internet adalah batasan dalam penggunaan internet untuk jangka waktu tertentu. Contohnya kamu membeli kuota internet 10GB untuk satu bulan. Itu berarti, kamu dapat mengakses internet dalam waktu 1 bulan sebanyak 10GB.

Pada saat penggunaan internet melebihi batas waktu satu bulan, maka kamu tidak dapat mengakses internet lagi karena telah melebihi batas waktu yang telah ditentukan. Hal serupa terjadi juga ketika batas penggunaan melebihi 10GB, maka kamu juga tidak bisa mengakses internet meskipun belum mencapai batas waktu 1 bulan.

Lalu, bagaimana untuk kuota internet unlimited? Kuota internet unlimited biasanya penggunaannya menggunakan sistem FUP yang telah ditentukan oleh provider. Sebagai contoh, kamu membeli kuota internet unlimited untuk satu bulan dan memiliki FUP 10GB. Apabila penggunaan kuota internet unlimited tersebut telah melebihi FUP tersebut, maka kamu masih tetap bisa mengakses internet selama 1 bulan. Akan tetapi kecepatannya menjadi berkurang ketika telah melebihi FUP. FUP sendiri merupakan singkatan dari Fair Usage Policy yaitu kebijakan batas penggunaan internet yang telah ditentukan oleh masing-masing provider.

Jenis Jenis Kuota Internet

Para provider penyedia layanan kuota internet biasanya menyediakan beberapa jenis kuota internet. Jenis jenis kuota internet tersebut antara lain yaitu kuota internet utama, kuota internet regular, kuota internet malam, kuota internet streaming, kuota internet bonus, dan lain-lain. Untuk penjelasan tentang masing-masing jenis kuota internet adalah sebagai berikut:

  • Kuota utama: kuota internet yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas kapan saja.
  • Kuota reguler: kuota internet ini seperti halnya kuota utama yang dapat digunakan kapan saja dan untuk melakukan berbagai aktivitas.
  • Kuota malam: kuota internet yang hanya dapat digunakan di waktu malam dengan syarat dan ketentuan tertentu misalnya kuota internet hanya dapat digunakan mulai dari jam 00.00 sampai jam 06.00.
  • Kuota streaming: kuota internet yang bisa digunakan untuk menonton acara streaming contohnya streaming YouTube atau aplikasi lain yang memang telah disediakan atau yang telah bekerja sama dengan pihak provider internet.
  • Kuota bonus: kuota internet tambahan yang diberikan oleh pihak provider internet dan bisa didapatkan serta digunakan sesuai dengan syarat dan ketentuan tertentu, contohnya ketika melakukan pembelian kuota internet pertama atau membeli kuota internet dengan pilihan tertentu maka akan mendapatkan kuota bonus.
  • Kuota download: kuota internet yang hanya dapat digunakan untuk mendownload atau mengunduh file.
  • Kuota 4G: Kuota internet yang hanya bisa digunakan ketika berada di tempat yang mendukung koneksi internet 4G. Jadi pada saat berada di tempat lain, biasanya akan dikenai tarif normal.
  • Kuota 2G/3G/4G: kuota internet yang bisa digunakan pada jaringan 2G,3G, dan 4G. Kuota internet jenis ini merupakan pendukung dari kuota internet 4G. Itu artinya pada saat berada di tempat yang tidak mendukung sinyal 4G, masih tetap dapat mengakss internet dengan kuota internet jenis ini.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian kuota internet dan jenis-jenis kuota internet, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar