--> Skip to main content

Pengertian Strategi Pemasaran 4P Dan Contohnya

Dalam sebuah bisnis tentunya memerlukan yang namanya strategi pemasaran agar bisnis yang dijalankannya bisa sukses. Ada berbagai macam strategi pemasaran yang dapat dilakukan, salah satunya yang terkenal yaitu strategi pemasaran 4P. Strategi pemasaran 4P ini cukup ampuh dalam menarik customer untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang dipasarkan. Lalu, apa itu strategi pemasaran 4P? Bagi kamu yang belum tahu, kamu bisa menyimak pengertian dan penjelasan strategi pemasaran 4P beserta dengan contoh strategi pemasaran 4P.

Pengertian Strategi Pemasaran

Pengertian Strategi Pemasaran 4P

Strategi pemasaran 4P adalah sebuah strategi pemasaran yang menggunakan 4 komponen dasar (Product, Price, Promotion dan Place) sebagai acuan untuk menarik konsumen. Ke empat komponen tersebut dikemas dengan baik agar konsumen bisa tertarik untuk membeli suatu produk atau menggunakan jasa yang dipasarkan.

Berikut ini adalah penjelasan tentang kompenen 4P yaitu Product, Price, Promotion dan Place:

1. Product (Produk)

Produk merupakan komponen yang paling penting dapat dikatakan produk adalah jantungnya pemasaran. Semua aktivitas pemasaran dimulai dari adanya produk, baik itu produk dalam bentuk fisik maupun bentuk lainnya seperti layanan atau ide.

Tanpa adanya produk, maka tidak akan ada komponen lain seperti price (harga), promotion (promosi) , dan place (tempat). Sehingga dapat dikatakan dari semua komponen 4P, produk menjadi komponen yang paling utama. Terdapat beberapa faktor keputusan dalam mempertimbangkan komponen produk diantaranya yaitu Variasi produk, fitur, kualitas, desain, nama merek, ukuran, kemasan, layanan, garansi, dan retur.

2. Price (Harga)

Harga adalah besarnya nilai yang harus dibayar oleh pelanggan untuk bisa mendapatkan atau memiliki produk dari suatu perusahaan. Bagi perusahaan komponen harga menjadi komponen yang penting karena merupakan penghasil pendapatan.

Dalam menetapkan harga harus dilakukan dengan hati-hati, karena biasanya pelanggan setelah membandingkan produk dengan competitor, maka selanjutnya akan membandingkan harga sebagai tolak ukur. Untuk menetapkan harga ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan yaitu nilai produk atau jasa, perbandingan harga dengan competitor, pemberian diskon, promo, keuntungan, periode pembayaran, dan persyaratan kredit.

3. Promotion (Promosi)

Promosi adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk tujuan memberi tahu calon pelanggan tentang produk yang dijual, dan membujuk mereka untuk membeli produk. Sehingga dalam melakukan promosi harus menggunakan tata cara komunikasi yang baik untuk bisa menarik banyak pelanggan.

Saat ini, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk, baik itu melalui media konvensional maupun media internet. Namun, sebelum melakukan promosi, untuk menentukan kegiatan promosi yang tepat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu waktu pelaksanan promosi, media yang digunakan untuk promosi, dan saat melakukan promosi pelajari dulu pesaing.

4. Place (Tempat)

Pemilihan tempat atau lokasi bisnis yang strategis dan ramai dikunjungi atau dilalui orang juga menjadi salah satu faktor penentu produk bisa terjual dengan cepat. Hal itu karena lokasi yang strategis bisa menarik calon pembeli untuk mengunjungi tempat bisnis dengan harapan akan membeli produk.

Selain tempat bisnis yang strategis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu jenis tempat, saluran distribusi, penanganan produk, logistik, dan kompetitor.

Contoh Strategi Pemasaran 4P

Setelah membahas tentang pengertian strategi pemasaran 4P beserta komponen 4P, maka selanjutnya agar kamu lebih paham tentang strategi pemasarn 4P kamu perlu tahu penjelasan tentang contoh penerapan strategi pemasaran 4P.

Berikut ini kami contohkan penerapan strategi pemasaran 4P dalam bisnis Burger King:

Product

Produk yang ditawarkan Burger King bervariasi mulai dari makanan hingga minuman, seperti burger, ayam goreng, es krim dan beragam minuman lainnya.

Price

Price merupakan strategi harga yang digunakan misalnya harga paket makanan untuk produk bundle yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga satuan. Sehingga cara ini dapat mendorong pelanggan untuk membeli lebih sering atau lebih banyak.

Place

Place merupakan tempat yang digunakan oleh burger king, contohnya restoran, kios di dalam mall, dan mobile apps.

Promotion

Strategi yang dilakukan oleh Burger King melalui media sosial, promosi penjualan seperti adanya diskon dan dan public relation (PR).

Baca juga artikel tentang: Pengertian Strategi Bisnis dan Contohnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian strategi pemasaran 4P dan contohnya, semoga apa yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar