--> Skip to main content

Apa Itu Toples Kaca dan Apa Saja Manfaat Toples Kaca

Ada berbagai jenis toples yang dapat dijadikan pilihan salah satunya yaitu toples kaca. Apa itu toples kaca? Toples kaca adalah sebuah wadah yang terbuat dari bahan kaca dilengkapi dengan penutup. Biasanya digunakan untuk menyimpan makanan, teh, kopi, dan lain-lain. Material kaca dapat menjaga aroma dan keawetan sebuah makanan, sehingga tidak heran jika toples kaca menjadi pilihan yang tepat untuk menyimpan makanan. Selain itu dilihat dari tampilan, toples kaca juga terlihat cantik dan mempermudah kita untuk melihat isi yang ada di dalamnya.

apa itu toples kaca

Manfaat Toples Kaca

Toples kaca selain dimanfaatkan untuk menyimpan makanan, juga dapat digunakan untuk berbagai hal yang menarik. Kira-kira apa sajakah manfaat toples kaca?

1. Toples kaca digunakan sebagai vas bunga

Toples kaca digunakan sebagai vas bunga

Jika dilihat dari bentuknya, toples kaca ini cocok sekali digunakan sebagai vas bunga. Sebelum kamu menaruh bunga di dalam toples kaca, isilah toples kaca terlebih dahulu dengan air agar bunga yang kamu taruh tersebut tetap segar. Agar tampilannya bisa lebih menarik, kamu bisa menggunakan gel air warna-warni yang fungsinya juga sama seperti halnya air biasa. Selain bunga asli, bunga artifisial juga bisa kamu pajang di dalam toples kaca. Agar terlihat lebih hidup, kamu bisa menambahkan batu kerikil. Jika dengan tampilan vas bunga yang polos kamu merasa bosan, kamu juga bisa menghiasnya dengan pita. Siapkan pita atau renda dan juga lem, lalu lilitkan di area mulut toples kaca.

2. Toples kaca digunakan sebagai tempat lilin

Toples kaca digunakan sebagai tempat lilin

Tentunya kamu pernah mengalami lilin yang kamu nyalakan padam akibat tertiup oleh angin. Nah, solusi agar lilin tidak tertiup oleh angin adalah dengan memanfaatkan toples kaca untuk tempat lilin. Toples kaca bisa menjadi pilihan yang tepat karena bahannya tidak meleleh jika terkena api. Selain itu cahaya lilin bisa menembus toples kaca dan berpendar dengan cantik. Dari segi keamanannya pun terjamin, karena lilin yang meleleh akan jatuh di permukaan kaca dan tidak menyebar ke benda lain yang ada di sekitarnya. Jika kamu ingin memanfaatkan toples kaca sebagai tempat lilin, pastikan toples kaca yang kamu gunakan ukurannya lebih tinggi dari lilin yang kamu gunakan dan biarkan toples kaca dalam keadaan terbuka.

3. Toples kaca digunakan sebagai terarrium

Toples kaca digunakan sebagai terarrium

Terarrium merupakan seni bercocok tanam yang dilakukan di dalam wadah kaca yang berukuran kecil hingga berukuran sedang. Jika diperhatikan bentuknya, toples kaca juga dapat dimanfaatkan sebagai terrarium. Sehingga cukup dengan menggunakan toples kaca yang kamu miliki, maka kamu tidak perlu membeli terrarium. Hadirnya terrarium ini dapat menjadi alternatif bagi kamu yang ingin memiliki taman, namun lahan hunian sempit. Adapun bahan-bahan yang perlu untuk disiapkan yaitu tanah atau media tanam lain yang sesuai dengan kebutuhan dan juga tanaman yang berukuran kecil. Jangan lupa untuk merawat terarrium dengan rutin agar tumbuh subur.

4. Toples kaca digunakan sebagai celengan

Toples kaca digunakan sebagai celengan

Daripada membeli celengan, jika ada toples kaca yang tidak terpakai di rumah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai celengan. Celengan toples kaca yang tampak kosong tentunya dapat memotivasimu agar bisa memenuhi isinya. Namun, bagi kamu yang sering tergoda jika melihat uang di dalam celengan, maka sebaiknya kamu lapisi permukaan toples kaca tersebut dengan cat warna yang kamu sukai. Apabila perlu, kamu juga memberikan lem pada penutupnya agar tidak mudah dibongkar. Hal penting yang jangan sampai dilupakan yaitu lubangi tutup toples menggunakan pisau agar uang yang ingin kamu tabung bisa kamu masukkan.

5. Toples kaca untuk membuat pudding in jar

Toples kaca untuk membuat pudding in jar

Mungkin banyak yang mengira kalau toples kaca hanya digunakan untuk menyimpan makanan kering saja. Tetapi, sebenarnya toples kaca juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan makanan kering misalnya untuk membuat pudding. Tren makanan ini dikenal dengan sebutan pudding in jar. Toples kaca yang dapat digunakan yaitu toples kaca model mason. Adonan pudding yang baru saja mendidih dapat dituangkan secara langsung ke dalam toples kaca. Dengan kaca toples yang bening, kamu bisa berkreasi dengan adonan warna-warni dan bahan makanan lain sebagai penghias. Selain dapat digunakan sebagai wadah pudding, toples kaca juga dapat digunakan sebagai wadah minuman, yogurt ala kafe, atau mungkin campuran granola.

Itulah penjelasan tentang apa itu toples kaca dan apa saja manfaat dari toples kaca. Semoga penjelasan yang telah kami uraikan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu.

Buka Komentar
Tutup Komentar