--> Skip to main content

5 Tips Ikut Lelang Kendaraan Untuk Pemula

Dengan semakin banyaknya minat dari masyarakat terhadap lelang mobil bekas maka sekarang banyak orang yang beralih ke sistem lelang untuk memperoleh mobil impian. Apalagi jika harga kendaraan dari lelang masih lebih terjangkau jika dibandingkan beli secara langsung atau melalui dealer yang khusus menjual mobil bekas. Tetapi setiap calon pembeli tetap harus berhati-hati dan waspada ketika ingin beli mobil bekas. Sebaiknya baca dulu 5 tips ini bagi yang mau ikut lelang mobil khusus untuk para pemula.

5 Tips Ikut Lelang Kendaraan Untuk Pemula

Ada Banyak Pilihan

Sistem lelang terbuka untuk siapa saja yang ingin menjual dan membeli, itu artinya akan ada beragam pilihan merk serta tipe kendaraan dengan harga kompetitif dan bervariasi yang bisa dipilih calon pembeli. Balai lelang juga selalu memastikan keamanan dan kenyamanan semua pihak sehingga selalu mengikuti prosedur dan aturan yang ada.

Terdapat Produk Non Otomotif

Banyak orang menganggap kalo produk yang dilelang hanya kendaraan mobil saja, tetapi sekarang sudah banyak balai lelang yang menyediakan lelang untuk produk non otomotif. Salah satunya IBID yang sudah membuka lelang untuk produk selain otomotif misalkan gadget atau bahkan ada alat berat juga. Ini tentunya karena adanya kebutuhan dari masyarakat untuk lelang produk-produk tersebut.

Cek Fisik dan Dokumen

Hal wajib yang mesti dilakukan calon pembeli adalah mengecek secara langsung tentang kondisi mobil apakah sudah cocok dengan dokumen. Biasanya balai lelang seperti IBID sudah terlebih dahulu melakukan proses inspeksi untuk kendaraan yang akan dilelang. Inspeksi dilakukan oleh teknisi berpengalaman disebut dengan ACV untuk menilai kondisi mobil. Jadi calon pembeli tidak perlu khawatir karena akan mendapat laporan detail tentang kendaraan.

Cari Referensi Harga

Jika sudah tahu jenis kendaraan yang akan dibeli, sebaiknya cari referensi harga dulu untuk dijadikan sebagai acuan atau standar ketika mengajukan penawaran saat lelang berlangsung. Pastikan harga lebih murah atau sama dengan yang di pasaran dan jangan sampai harga kendaraan yang dibeli lebih mahal.

Tentukan Nominal Anggaran

Setiap orang punya anggaran tertentu untuk beli mobil bekas, jadi pastikan penawaran saat lelang tidak melebihi anggaran yang dimiliki. Jangan sampai melakukan penawaran yang tidak terkendali sehingga bisa melebihi anggaran dan akan bingung ketika harus melunasi pembayaran kendaraan tersebut.

Inti dari tips di atas adalah pastikan memilih balai lelang yang aman dan terpercaya untuk semuanya seperti IBID yang juga menjadi member dari perusahaan Astra. Sehingga dipastikan semua aturan dan regulasi yang berkaitan dengan lelang akan mengikuti standar yang ada. IBID juga menghadirkan program titip lelang untuk setiap orang yang mau menjual kendaraan baik itu mobil atau motor dengan waktu yang relatif singkat melalui lelang online.

Buka Komentar
Tutup Komentar