--> Skip to main content

Pengertian Cyber Security dan Manfaatnya

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan era digital, semua data baik itu data perusahaan, organisasi maupun data pribadi saat ini sudah melalui sistem digital yang terkomputerisasi. Tetapi dengan banyaknya pemanfaatan sistem digital tersebut, mengakibatkan munculnya berbagai ancaman tindak kejahatan. Demi untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di dunia maya atau yang dikenal dengan cyber crime, maka diperlukanlah Cyber security solution. Nah, apa itu cyber security. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Cyber Security

Pengertian Cyber Security

Cyber security adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk melindungi perangkat, program, jaringan dan data dari berbagai ancaman cyber dan akses illegal. Biasanya, ancaman cyber ini dilakukan oleh seorang oknum yang tak bertanggungjawab untuk berbagai macam kepentingan yang dapat menimbulkan kerugian pada korban.

Ancaman cyber tidak hanya mengincar perusahaan-perusahaan besar saja tetapi juga menyerang bisnis kecil bahkan kalangan pribadi. Misalnya mengakses informasi yang sensitive, mengubah data-data penting bahkan menghancurkan data-data penting. Berbagai betuk ancaman cyber inilah yang membuat cyber security penting untuk perlindungan.

Manfaat Cyber Security bagi Bisnis

Seiring berjalannya waktu serangan cyber terus meningkat. Akan tetapi masih banyak para pelaku bisnis yang belum paham betapa pentingnya cyber security untuk solusi keamanan bisnisnya. Tanpa adanya prosedur keamanan yang kuat, maka tanpa disadari aktivitas bisnis dapat dilacak dengan mudah oleh para pelaku tindak kejahatan. Untuk mengatasi hal tersebut keamanan harus menjadi prioritas utama. Lalu sebenarnya, apa sajakah manfaat cyber security? Berikut ini adalah penjelasannya:

Meningkatkan manajemen data

Data merupakan sesuatu yang sangat penting dalam aktivitas bisnis dan perusahaan. Dengan menerapkan metode cyber security dengan baik, maka data maupun informasi sensitive pelanggan akan terlindungi dari berbagai ancaman cyber maupun tindakan peretasan. Secara tidak langsung hal ini bisa meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Menjaga reputasi perusahaan

Di mata pelanggan, reputasi perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Salah satu cara yang perlu dilakukan untuk menjaga reputasi perusahaan adalah dengan menjaga keamanan sistem. Hal tersebut karena ada berbagai kemungkinan serangan yang dapat mengancam keamanan data perusahaan.

Sebagai contoh data breaching yang dapat menyebabkan informasi pelanggan bisa diakses tanpa otorisasi. Jika ini terjadi maka kepercayaan pelanggan dapat menurunkan dan berbagai aspek bisnis maupun pelanggan dapat mengalami kerugihan. Maka dari itulah cyber security sangat penting manfaatnya untuk menjaga keamanan data perusahaan.

Keamanan website lebih terjamin

Website merupakan suatu representasi digital dalam sebuah bisnis. Apabila sistem terinfeksi, maka websitenya kemungkinan besar akan mengalami down. Hal inilah yang dapat menyebabkan kerugian yang besar dalam sebuah bisnis, misalnya risiko mengalami kehilangan data, kehilangan pelanggan hingga kehilangan sebagian besar transaksi. Oleh karena itulah, salah satu faktor yang penting adalah memastikan agar keamanan website tetap selalu terjaga. Dengan mempunyai prosedur keamanan cyber security tentunya akan bisa mencegah terjadinya kerusakan dan berbagai ancaman yang tidak terduga.

Pemulihan kerusakan lebih cepat

Manfaat yang lainnya dari penerapan cyber security yaitu proses pemulihan sistem ketika terjadi kerusakan menjadi lebih cepat dan lebih mudah untuk ditangani. Jadi meskipun sistem sempat terjadi kerusakan, waktu untuk memperbaikinya akan lebih singkat apabila telah dilengkapi dengan prosedur keamanan yang tepat. Dengan demikian, perusahaan akan bisa meminimalisir kerugian yang mungkin saja terjadi.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian cyber security dan manfaatnya, semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat bagi anda semua.
Buka Komentar
Tutup Komentar