--> Skip to main content

Pengertian Packaging Dan Fungsinya

Bisnis percetakan packaging sebenarnya bukanlah sebuah bisnis yang baru di Indonesia. Hal ini terbukti sudah ada banyak bisnis percetakan packaging yang tersebar di Indonesia dan menjawab kebutuhan banyak konsumen. Misalnya, salah satunya percetakan packaging Surabaya yang cukup terkenal yaitu Nain Offset yang memberikan kemudahan dan keleluasaan kepada konsumen dalam menentukan model, bentuk, desain ukuran, bahan, warna cetak dan finishing sesuai keinginan dan kebutuhan. Lalu apa itu packaging? Berikut ini penjelasan tentang pengertian packaging beserta fungsinya.

Pengertian Packaging Dan Fungsinya

Pengertian Packaging

Packaging adalah kemasan atau wadah atau material yang digunakan untuk melindungi produk atau barang dari benda asing seperti debu atau kotoran agar tidak mencemari atau merusak barang yang terdapat di dalamnya.

Packaging secara umum bukan hanya sebagai pelindung saja, tetapi juga bisa sebagai sarana promosi yang dapat menjadi daya tarik untuk mengundang minat pembeli. Hal tersebut dapat dibuktikan pada saat kamu sedang berada di minimarket kamu melihat ke rak makanan. Pasti beberapa diantaranya ada makanan yang kemasannya menarik perhatian sehingga bisa membuat penasaran hingga akhirnya tertarik untuk membelinya.

Packaging memiliki beragam jenis yang dibuat secara khusus untuk setiap jenis produk yang dikemas, misalnya produk makanan, minuman, shampo, parfum, alat elektronik dan lain-lain. Produk yang dibungkus dengan packaging yang menarik akan mempunyai nilai tambah tersendiri dan akan sangat mempengaruhi pandangan seseorang tentang produk tersebut.

Packaging termasuk juga dalam strategi pemasaran. Sehingga bagi kamu yang ingin berjualan suatu produk jangan sampai tidak memperhatikan desain packagingnya, buatlah packaging yang semenarik menarik.

Fungsi Packaging

Selain untuk melindungi produk dan memberikan nilai tambah, ada juga beberapa fungsi lain dari packaging. Berikut ini adalah beberapa fungsi packaging:

  • Sebagai kemasan yang dapat menambah daya tarik produk. Sehingga, meskipun produk yang didalamnya sederhana dan banyak ditemukan dipasaran tetapi jika packagingnya menarik maka akan menjadikan produk tersebut unik dan berbeda dengan yang lainnya.
  • Sebagai bentuk promosi yang sangat memberikan pengaruh, karena orang akan lebih mudah mengingat suatu produk dari kemasan atau packagingnya. Sebagai contoh ketika kamu sedang mencari pasta gigi Pepsodent di sebuah minimarket, sebelum kamu mengambil produk tersebut di rak pastinya kamu sudah mengenali kemasannya dari kejauhan.
  • Untuk menjaga kualitas produk, karena produk yang tidak disertai dengan kemasan atau pelindung akan lebih mudah rusak terkontaminasi oleh lingkungan sekitar. Apalagi jika itu produk minuman atau makanan yang tentunya kondisinya harus steril.
  • Dapat memberikan persepsi yang baik terhadap suatu produk. Jadi membuat packaging dengan desain yang baik dapat mempengaruhi persepsi seseorang terhadap suatu produk. Sehingga, dalam menentukan desain packaging produk juga harus dilakukan melalui riset atau percobaan agar dapat menimbulkan persepsi sesuai yang diinginkan.
  • Dapat memberikan kesan yang mewah terhadap konsumen. Biasanya beberapa jenis produk mempunyai packaging yang mewah seperti kue, minuman kopi maupun jenis produk yang lainnya. Sehingga dengan kemasan yang mewah akan bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi konsumen ketika produk tersebut dibawanya.

Jadi, jika dilihat dari beberapa fungsi tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa packaging suatu produk yang baik akan sangat memberikan pengaruh dari sisi produknya sendiri maupun dari sisi konsumennya.

Nah, bagi kamu yang saat ini membutuhkan packaging untuk kemasan produk, agar hasilnya bisa lebih maksimal kamu bisa memesan di Nain Offset. Nain Offset merupakan percetakan packaging yang bisa melayani aneka packaging sesuai permintaan konsumen, juga mampu melayani pembuatan corrugated box packaging Surabaya dan sekitarnya hingga luar kota.

Buka Komentar
Tutup Komentar