--> Skip to main content
Menu

Informasi Kuliah di Oxford University

Salah satu hal yang sangat penting untuk di dapatkan adalah pendidikan. Bahkan, saat ini banyak orang yang rela menempuh pndidikan hingga ke luar negeri demi menambah ilmu yang bermanfaat dan untuk meningkatkan kualitas. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk menempuh pendidikan di luar negeri, mungkin Oxford University bisa menjadi pilihan yang tepat.

Informasi Kuliah di Oxford University

Tentang Oxford University

Oxford University merupakan universitas yang menurut The World University Ranking telah menempati peringgkat pertama untuk kategori universitas terbaik di dunia. Hal tersebut membuat setiap jurusan yang ada di Oxford University menjadi tujuan utama untuk setiap orang yang akan kuliah di luar negeri.

Oxford University merupakan universitas bergengsi di dunia. Sehingga, tidak heran jika banyak tokoh dunia yang pernah menempuh pendidikan di sana, diantarnya yaitu Bill Clinton dan Aung San Suu Kyi. Berdasarkan situs resminya, proses pendidikan di Oxford University telah berlangsung sejak tahun 1096 dan baru mengalami perkembangan yang pesat pada tahun 1167. Sebagai salah satu universitas tertua di dunia, Universitas Oxford menggunakan bahasa Inggris untuk pengantar kuliah.

Biaya Kuliah di Oxford University

Berbicara tentang biaya kuliah di oxford university itu seperti halnya dengan kebanyakan universitas yang ada di Inggris. Biaya kuliahnya dibedakan berdasarkan kewarganegaraan. Jadi, mahasiswa bersal dari UK, Uni Eropa dan non Uni Eropa akan diberlakukan degan biaya kuliah yang tidak sama.

Biaya untuk kuliah di Oxford University memang cukup tinggi karena memang Oxford University adalah universitas terbaik dunia. Untuk mahasiswa asing akan dikenakan biaya kuliah sebesar antara 24.750 hingga 34.678 Poundsterling atau jika dirupiahkan bisa menyentuh angka Rp. 445 hingga Rp. 625 juta per tahun.

Namun, meskipun biaya kuliahnya mahal jangan sampai hal tersebut menghalangimu untuk bisa menggapai cita-cita berkuliah di sana. Hal itu karena di Oxford University banyak menyediakan beasiswa bagi pelajar berprestasi termasuk untuk pelajar dari Indonesia. Meskipun persaingan untuk bisa masuk kuliah di Oxford University sangat ketat dan susah, tetapi jangan mudah untuk mennyerah, giatlah belajar dan jangan lupa selalu berdo’a.

Jurusan di Oxford University

Bagi kamu yang ingin kuliah di universitas oxford inggris tentunya mengetahui jurusan apa saja yang ada di sana sangatlah penting. Karena ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kamu dalam memilih jurusan yang sesuai dengan bidang yang akan kamu tekuni. Secara akademik, fakultas dan jurusan Oxford University berada dibawah divisi akademik. Terdapat 4 divisi akademik di Oxford University, diantaranya yaitu

1. Humanities (Humaniora)

Terdiri dari jurusan sekolah Kesenian (Ruskin School of Art), Institut Amerika (Rothermere American Institute), Fakultas Bahasa dan Sastra Inggris (Faculty of English Language and Literature), Fakultas Klasik (Faculty of Classics), Fakultas Linguistik, Filologi dan Fonetik (Faculty of Linguistics, Philology and Phonetics and Phonetics Laboratory ), Fakultas Sejarah (Faculty of History), Fakultas Musik (Faculty of Music), Fakultas Bahasa Abad Pertengahan dan Modern (Faculty of Medieval and Modern Languages), Fakultas Filsafat (Faculty of Philosophy), Studi Oriental (Faculty of Oriental Studies), dan Teologi dan Agama (Faculty of Theology and Religion).

2. Mathematical, Physucal, and Life Sciences (Matematika, Fisika dan Ilmu Hayati)

Terdiri dari jurusan Institut Matematika (Mathematical Institute), Fisika (Department of Physics), Kimia (Department of Chemistry), Ilmu Bumi (Departement of Earth Sciences), Ilmu Tumbuhan (Department of Plant Sciences), Zoologi (Department of Zoology), Material (Department of Materials), Ilmu Teknik (Department of Engineering Sciences), Ilmu Komputer (Departement of Computer Science) dan Statistik (Departement of Statistics).

3. Medical Sciences (Ilmu Kesehatan)

Terdiri dari jurusan Kedokteran Klinik (Nuffield Department of Clinical Medical), Kodekteran (Radcliffe Department of Medicine), Psikologi Eksperimental (Departement of Experimental Psychology), Neurosains Klinis (Nuffield Departement of Clinical Neurosciences), Biokimia (Departement of Biochemistry), Ilmu Ortopedi, Rematologi dan Muskuloskeletal (Nuffield Department of Orthopaedics, Rheumatology and Musculoskeletal Sciences), Onkologi (Department of Oncology), Farmakologi (Department of Pharmacology), Pediatri (Department of Paediatrics), Fisiologi, Anatomi & Genetika (Department of Physiology, Anatomy and Genetics), Patologi (Sir William Dunn Shool of Pathology), Ilmu Kesehatan Perawatan Primer (Nuffield Department of Primary Care Health Sciences), Kesehatan Penduduk (Nuffield Department of Population Health), Ilmu Bedah (Nuffield Department of Surgical Sciemces), dan Psikiatri (Department of Psychiatry).

4. Sosial Sciences (Ilmu Sosial)

Terdiri dari jurusan Arkeologi (School of Archaelogy), Antropologi (School of Anthropology and Museum Ethnography), Ekonomi (Department of Economics), Sekolah Bisnis, Pendidikan (Department of Education), Studi Global serta Area (School of Interdisciplinary Area Studies), Geografi dan Lingkungan (School of Geography and the Environment), Pengembangan Internasional (Department of Internasional Development), Pemerintahan (Blavatnik School of Goverment), Politik dan Hubungan Internasional (Departement of Politics and International Relations), Hukum (Faculty of Law), Sosiologi (Department of Sociology), dan Kebijakan dan Intervensi Sosial (Department of Social Policy and Intervention).

Itulah penjelasan tentang Informasi kuliah di oxford university, semoga informasi yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.