--> Skip to main content
Menu

Mengenal Beberapa Universitas Terbaik Di Malaysia

Malaysia kini menjadi salah satu negera yang bisa dijadikan sebagai tujuan untuk melanjutkan pendidikan. Faktor utama yang membuat Malaysia sebagai tempat yang tepat untuk melanjutkan pendidikan adalah karena tingkat kualitas pendidikannya yang berkembang pesat. Hal tersebut, terbukti dari peringkat yang berhasil diraihnya dalam QS World University Rankings oleh universitas-universitas terbaik Malaysia yang terus naik secara konsisten.

universitas terbaik di Malaysia

Orang Indonesia setiap tahunnya pasti banyak yang melanjutkan studinya di universitas atau perguruan tinggi yang ada di Malaysia. Beberapa diantaranya ada yang baru masuk ke jenjang pendidikan sarjana, magister bahkan doktoral. Hal tersebut sebenarnya berbanding terbalik jika dibandingkan dengan 30 atau 40 tahun yang lalu, dimana orang-orang Malaysia banyak yang berbondong-bondong melanjutkan kuliahnya di Indonesia. Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Malaysia mungkin masih bingung untuk menentukan universitas terbaik di Malaysia. Maka dari itulah dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tersebut.

Universitas Terbaik Di Malaysia

Berikut ini adalah beberapa pilihan universitas terbaik di Malaysia yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan di Malaysia.

1. USM (Universiti Sains Malaysia)

Awalnya Universiti Sains Malaysia atau USM bernama Universiti Penang yang berdiri pada tahun 1969. USM saat ini telah menjadi salah satu universitas yang terkenal di tingkat internasional dengan mahasiswanya yang berjumlah mencapai 20 ribuan.

Lokasi kampus USM tersebar di 3 tempat. Lokasi pertama di Pulau Penang yang merupakan kampus utama terdiri dari sekolah campuran (pendidikan, teknik industri, manajemen, dan sebagainya), sains (sekolah fisika, biologi, matematika, kimia, farmasi, dan komputer), seni (sekolah seni, bahasa, humaniora, dan ilmu sosial). Lokasi yang kedua terletak di Seri Apangan yang merupakan kampus teknik (sekolah teknik sipil, teknik kimia, teknik elektro dan elektronik, teknik mesin, teknik material dan mineral serta teknik ruang angkasa). Lokasi yang ketiga berada di Kubang Kerian di Negara Bagian Kelantan yang merupakan kampus kesehaan (sekolah kedokteran, sekolah kesehatan dan sekolah kedokteran gigi). Di sekolah-sekolah tersebut menyediakan program sarjana dan program pasca sarjana.

2. University of Malaya

University of Malaya sejarahnya tidak terlepas dari berdirinya King Edward VII College of Medicine (1905) dan Raffles College (1928 di singapuran yang digabungkan pada tahun 1949. Selanjutnya di dalam perkembangannya menjadi University of Malaya, menggunakan nama yang kelak dijadikan sebagai nama Negara. University of Malaya mempunyai pertumbuhan yang sangat pesat sehingga pada tahun 1959 dibagi menjadi 2 divisi yang mempunyai otonomi. Lokasinya masing-masing berada di Kuala Lumpur dan Singapura. Selanjutnya pada tahun 1960 kedua divisi tersebut dilebur kembali, dan secara resmi di tahun 1962 dijadikan sebagai universitas nasional.

3. UPM (Universiti Putra Malaysia)

UPM berdiri pada tahun 1931, awalnya hanya merupakan sebuah sekolahan pertanian yang kecil, yang selanjutnya mengalami perkembangan yang sangat pesat. Di tahun 1997, terjadilah perubahan nama dari Universiti Pertanian Malaysia menjadi Universiti Putra Malaysia oleh Tun Dr. Mahathir Mohammad selaku Mantan Perdana Menteri. Sekarang ini UPM sudah menjadi universitas riset yang unggul di Malaysia, bahkan telah dikenal hingga kalangan internasional. Lokasi UPM berada di Serdang yaitu Negara Bagian Selangor, yang mempunyai visi menjadi universiti yang bereputasi antarabangsa.

4. UKM (Universiti Kebangsaan Malaysia)

Tempat kuliah di Malaysia yang dapat anda jadikan sebagai pilihan adalah UKM (Universiti Kebangsaan Malaysia). UKM sendiri terdiri atas 12 fakultas dan satu sekolah bisnis. 12 fakultas tersebut yaitu pendidikan, ekonomi dan manajemen, kedokteran gigi, ilmu kesehatan, farmasi, teknik, ilmu dan teknologi informasi, sains dan teknologi, hukum, ilmu sosial dan humaniora, serta studi islam. Kampus UKM ini berada di Selangor.

5. UTM (Universiti Teknologi Malaysia)

Dulunya UTM merupakan sekolah teknik yang berdiri pada tahun 1904, lalu ketika tahun 1941 statusnya meningkat menjadi perguruan tinggi keteknikan. Kampus ini lokasinya berada di Kuala Lumpur, dimana pada saat terjadi perang dunia kedua pernah mengalami stagnasi. Kemudian, pada tahun 1946 kembali dilanjukan dan pada tahun 1955 dikembangkan kursus keteknikan tingkat diploma dalam bidang teknik mesin, teknik sipil, dan teknik elektro serta radio.

Selanjutnya di tahun 1960 dikembangkan lagi program rekayasa pada tingkat sarjana. Di tahun 1972 sudah menjadi ITK (Institut Teknologi Kebangsaan). Ketika menjadi ITK terjadi perkembangan yang pesat, yang kemudian di tahun 1975 resmi menjadi UTM (Universiti Teknologi Malaysia).

Demikian penjelasan untuk mengenal beberapa universitas terbaik di Malaysia, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.