--> Skip to main content

Inilah Peringkat yang Diraih Universitas Malaya

Bagi kamu yang saat ini mempertimbangkan Universitas Malaya sebagai tempat untuk melanjutkan kuliah, maka mengetahui peringkat yang diraih oleh Universitas Malaya sangatlah penting. Bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan sarjana maupun pascasarjana universitas malaya, peringkat ini penting sebagai indikator kualitas kampus. Baik itu dari segi fasilitas, pengajaran, lingkungan, kualitas pengajar, dan masa tunggu lulusan memperoleh pekerjaan.

Inilah Peringkat yang Diraih Universitas Malaya

Universitas Malaya Ranking

Berdasarkan hasil pemeringkatan tahun 2022, di Malaysia University of Malaya telah berhasil menempati peringkat pertama dan di dunia berada di peringkat 486. Selain itu, kampus negeri ini juga telah berhasil meraih predikat TOP 100 dalam 12 topik akademik. Peringkat tersebut ditentukan berdasarkan dari 3 variabel yakni kinerja penelitian (algoritma eksklusif mengevaluasi 901.944 kutipan dan 44.141 publikasi), dampak dari 84 alumni terkemuka, dan reputasi non-akademik.

Dari 9 kampus yang ada di Kuala Lumpur, Universitas Malaya berhasil menempati posisi peringkat pertama. Untuk semua wilayah di Malaysia juga menempati posisi peringkat yang sama yaitu peringkat pertama dari 45 kampus. Sementara di Asia, posisinya berada di peringkat 73 dari sebanyak 5.830 kampus kenamaan dengan penilaian variabel yang serupa.

Berdasarkan dari hasil peringkat tersebut, maka Universitas Malaya dapat diindikasikan sebagai universitas yang memang sangat berkualitas. Dengan demikian universitas tersebut sangat ideal dijadikan sebagai tempat untuk menempuh pendidikan sarjana maupun pascasarjana. Universitas Malaya tidak hanya diakui di kawasan Asia saja tetapi juga dunia. Dengan bisa Kuliah di universitas Malaya Malaysia tentunya bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Sekaligus bisa menjadi nilai plus bagi lulusan Universitas Malaya sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap peluang karir.

Ranking Jurusan Universitas Malaya

Suatu kampus, hasil peringkatnya berakar dari peringkat masing-masing dari jurusan yang telah dibukanya. Tentunya setiap fakultas mempunyai nilai dan kualitas tersendiri yang secara keseluruhan membangun peringkat institusi. Dibawah ini adalah beberapa jurusan dengan peringkat bergengsi di Universitas Malaya.

1. Medicine

Di Malaysia untuk jurusan kedokteran berhasil menempati peringkat 1. Sementara di dunia peringkat 356 dengan 11.412 publikasi yang dibuat dan 238.611 kutipan diterima. Topik utama penelitiannya adalah penelitian bedah, penelitian kanker dan Onkologi, patologi, ilmu kesehatan, ilmu kesehatan masyarakat.

2. Engineering

Di Malaysia, untuk jurusan teknik berhasil menduduki peringkat ke 2. Sementara di dunia berhasil menduduki peringkat 218 dengan 11.938 publikasi yang telah dibuat dan 301.801 kutipan yang diterima. Utamanya topik penelitiannya yaitu Teknik Kimia, Ilmu Material, Teknik Optik, Teknik Otomasi dan Kontrol, serta Nanoteknologi.

4. Biology

Untuk jurusan Biologi, di Malaysia Universitas Malaya berhasil menempati peringkat 2. Sementara peringkat 397 di dunia dengan 8.604 publikasi yang dibuat dan 226.937 kutipan diterima. Topik utama penelitiannya adalah penelitian Mikrobiologi, Virologi, Nanoteknologi, Onkologi dan Kanker, Bioinformatika dan Biologi Komputasi.

3. Chemistry

Untuk jurusan kimia, Universitas Malaya berada di posisi peringkat 2 di Malaysia. Sementara di dunia peringkat 274 dengan 11.091 publikasi dan 261.444 kutipan diterima. Topik utama penelitiannya adalah Teknik Kimia, Ilmu Material, Nanoteknologi, Kimia Anorganik, dan Radiokimia.

5. Physics

Menempati peringkat 1 untuk jurusan fisika di Malaysia dan 310 di dunia dengan 8.412 publikasi yang dibuat dan 194.279 kutipan diterima. Topik utama penelitiannya adalah Teknik Optik, Ilmu Material, Fisika Atom dan Molekuler, Nanoteknologi, Fisika Kuantum dan Partikel.

6. Liberal Arts & Social Sciences

Di Malaysia berhasil menempati peringkat 1, dan 366 didunia dengan 5.794 publikasi dibuat, 79.643 kutipan diterima. Topik utama penelitiannya adalah sosiologi, ilmu politik, Demografi, jurusan pendidikan, Komunikasi dan Humas.

Itulah peringkat yang telah diraih Universitas Malaya, dimana sebenarnya masih banyak lagi peringkat bergengsi yang lain untuk kategori nasional. Begitu pula pemeringkatan untuk kelas dunia. Tentunya dengan berbagai peringkat yang telah diraih oleh Universitas Malaya tersebut dapat anda jadikan sebagai pertimbangan yang kuat untuk melanjutkan kuliah di sana.

Buka Komentar
Tutup Komentar