--> Skip to main content

Pengertian Blogger dan Cara Blogger Menghasilkan Uang

Di zaman yang serba dengan teknologi seperti saat ini tentunya semua orang sudah pernah mendengar istilah blogger. Istilah blogger merupakan istilah yang berkaitan erat dengan blog. Banyak orang yang mengatakan bahwa terjun ke dunia blogger itu bisa menjadi bisnis yang menghasilkan banyak uang. Lalu apa itu blogger? Bagaimana cara blogger menghasilkan banyak uang? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Pengertian Blogger

Pengertian Blogger

Blogger adalah pemilik blog, orang yang membuat blog dan mengelola blog. Dalam mengelola sebuah blog, seorang blogger membuat tulisan artikel untuk membagikan informasi kepada para audiensnya berdasarkan segement tertentu untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan bisnis.

Bagi orang yang suka menulis atau hobi menulis dan suka membagikan informasi ke banyak orang, tentunya menjadi seorang blogger akan terasa menyenangkan. Hal tersebut karena, selain bisa menyalurkan hobi, juga bisa mendpatkan penghasilan. Enaknya kerja sebagai blogger yaitu kerjanya tidak terikat dengan jam kerja sehingga lebih bebas karena dapat mengerjakannya kapan pun dan di mana pun.

Meskipun untuk menjadi blogger pada awalnya harus berusaha keras untuk membangun blognya. Namun, ketika blognya sudah mulai popular dan mempunyai trafik yang tinggi, maka akan sangat mudah untuk bisa menghasilkan banyak uang. Lalu, bagaimanakah cara blogger menghasilkan uang? Simak pembahasan berikut ini.

Cara Blogger Menghasilkan Uang

Cara blogger menghasilkan uang sebenarnya ada segudang cara yang bisa dilakukan. Akan tetapi, pada pembahasan ini akan kami bagikan beberapa cara blogger menghasilkan uang secara umum. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para blogger dalam menghasilkan uang.

1. Menghasilkan dari iklan

Cara ini menjadi cara yang paling banyak dilakukan para blogger untuk menghasilkan uang dengan blognya. Namun, supaya blog bisa menampilkan iklan, maka blogger perlu mendaftarkan blognya di sebuah platform periklanan tertentu. Adapun platform periklanan yang dapat dijadikan sumber penghasilan blogger adalah Adsense, AdNow, MGID, Adsterra, MediaNet, Propeller Ads, PopAds, RevenueHits, dan lain-lain. Setelah disetujui, maka blogger dapat menambahkan kode script ke blognya agar iklannya dapat ditampilkan.

Penghasilan yang berhasil diperoleh tergantung dari jenis iklan yang ditayangkan, nilai klik, dan banyaknya klik yang dilakukan oleh para pengunjung blog. Harga setiap klik dari iklan nilainya berbeda-beda bergantung pada iklan yang ditayangkan. Sementara, iklan yang ditayangkan biasanya bergantung pada topik pembahasan blognya. Sebagai contoh, blog yang membahas tentang laptop, maka iklan yang ditampilkan sering kali iklan tentang laptop.

2. Menghasilkan dengan berjualan suatu produk

Penjualan produk secara online juga dapat ditingkatkan dengan menggunakan blog. Sehingga, bagi para blogger bisa memanfaatkan hal ini untuk berjualan suatu produk tertentu baik itu dalam bentuk barang maupun produk digital. Misalnya, produknya adalah produk ponsel, maka blogger dapat membuat artikel seputar spesifikasi ponsel atau review tentang ponsel, dimana dalam artikel tersebut disisipkan produk ponsel.

3. Menghasilkan dengan menawarkan jasa

Blog dapat digunakan untuk menawarkan keahlian atau jasa tertentu. Misalnya, bagi yang mempunyai keahlian untuk membuat sebuah web, maka bisa menawarkan jasa pembuatan website. Untuk dapat melakukan hal tersebut tentunya sebagai seorang blogger harus mampu menunjukan keahlian yang dimiliki melalui blog yang dimilikinya.

4. Menghasilkan melalui program afiliasi

Cara blogger dalam menghasilkan uang bisa juga melalui program afiliasi. Dengan program afiliasi, blogger akan mendapatkan komisi setiap terjadi penjualan produk melalui kode, link atau banner yang ditayangkan di blog. Banyaknya komisi yang bisa diperoleh oleh blogger bargantung pada ketentuan program afiliasi yang diikuti. Setiap ada penjualan yang berhasil, umumnya akan mendapatkan komisi sebesar 10%, 15%, 25% atau yang lainnya.

5. Menghasilkan dari endorse

Endorse merupakan suatu teknik melakukan promosi yang bisa dilakukan oleh blogger melalui blognya dengan mengulas suatu produk tertentu. Bagi blogger yang memiliki blog yang bagus bertrafik tinggi, maka tidak jarang jika ada perusahaan tertentu atau pihak lain yang menghubunginya untuk bekerja sama mempromosikan produknya. Jika blogger setuju dengan kerjasama tersebut, maka blogger akan mandapatkan uang dari kerjasama endorse tersebut. Apabila pihak yang mengajak kerjasama tersebut puas dengan ulasan yang ditulis oleh blogger, maka kemungkinan besar kerja sama akan bisa dilakukan lagi di lain kesempatan.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian blogger dan cara blogger menghasilkan uang, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar