--> Skip to main content

Pengertian Fauna dan Jenis-jenisnya

Fauna merupakan istilah yang sering disandingkan dengan flora, di mana keduanya dapat membentuk suatu keanekaragaman hayati. Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang apa itu fauna, karena dalam pelajaran biologi di sekolah sudah sering di singgung tentang fauna, bahkan di internet pun sudah banyak informasi yang bisa kita dapatkan tentang fauna termasuk salah satunya dari situs Targetkita.com yang membahas dunia fauna. Berbicara tentang fauna, apa itu fauna? Berikut ini adalah penjelaannya.

Pengertian Fauna

Pengertian Fauna

Fauna merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut hewan dan kehidupannya. Dapat dikatakan bahwa istilah fauna itu mengacu pada semua kehidupan hewan dalam suatu wilayah, pada periode waktu tertentu, maupun keduanya.

Istilah fauna pertamakalinya digunakan untuk istilah biologi oleh naturalis Carl Linnaeus, sebagai istilah untuk menggambarkan hewan dalam suatu wilayah tertentu. Fauna bisa merujuk pada koleksi khas hewan yang ditemukan di tempat atau diwaktu tertentu. Jenis fauna yang bisa ditemukan ditempat tertentu ditentukan oleh berbagai faktor diantaranya yaitu kehidupan tumbuhan, lingkungan fisik, sejarah evolusi dan penghalang topografi.

Jenis-jenis Fauna

Ada beberapa jenis pengelompokan fauna atau hewan diantaranya adalah sebagai berikut:

Berdasarkan jenis makanannya

Jenis hewan berdasarkan dari jenis makanannya dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu:

  • Herbivora, merupakan hewan pemakan jenis tumbuh-tumbuhan. Umumnya mempunyai ciri-ciri berkaki empat, hidup di daratan, hewan mamallia. Sebagai contoh, hewan kerbau, sapi, kambing, kuda, domba, dan kelinci. Selain itu, burung yang memakan biji-bijian juga termasuk herbivora.
  • Karnivora, merupakan hewan yang memakan daging. Umumnya hewan karnivora mempunyai gigi taring atau gigi yang jumlahnya banyak dan tajam serta memiliki kuku atau cakar yang kuat, beberapa diantarnya mempunyai racun atau bisa yang dapat digunakan untuk melumpuhkan mangsanya. Sebagai contoh, hewan macan, singa, harimau, anjing, kucing, buaya, ular, dan burung elang.
  • Omnivora, merupakan hewan yang memakan segala. Umumnya hewan omnivora bisa memakan tumbuh-tumbuhan, biji-bijian dan juga hewan yang lain. Sebagai contoh, hewan babi, tikus, ayam dan berbagai jenis unggas.

Berdasarkan cara berkembangbiak

Jenis hewan berdasarkan cara berkembangbiaknya bisa dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu:

  • Ovipar, merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur. Hewan ovipar mempunyai ciri-ciri berkaki dua dan tidak memiliki daun telinga. Sebagai contoh hewan ayam, bebek, angsa, itik, dan burung.
  • Vivipar, merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara beranak. Hewan vivipar ciri-cirinya berkaki empat dan memiliki daun telinga. Sebagai contoh hewan kambing, sapi, harimau dan kucing.
  • Ovovivipar, merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Sebagai contoh hewan ovovivipar adalah hewan biawak dan buaya.

Berdasarkan cara mempertahankan diri dari pemangsa

Jenis hewan berdasarkan dari cara mempertahankan diri dikelompokkan menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Mimikri, merupakan hewan melindungi dirinya dengan cara mengubah warna tubuhnya sesuai tempat yang di singgahinya supaya bisa mengelabuhi penglihatan musuhnya. Sebagai contoh hewan bunglon dan belalang.
  • Automi, merupakan hewan yang melindungi dirinya dengan cara melepaskan bagian tubuhnya untuk mengelabuhi musuh. Dimana bagian tubuh yang dilepas tersebut dapat tumbuh kembali. Sebagai contoh hewan cicak dan kadal.
  • Menggulung, merupakan hewan yang melindungi dirinya dengan cara menggulung. Sebagi contoh hewan trenggiling dan kaki seribu.
  • Berkamuflase, merupakan hewan yang melindungi dirinya dengan berpura-pura mati dengan berdiam diri dan tidak melakukan gerakan apapun untuk mengecoh pemangsanya maupun mangsanya. Sebagai contoh hewan jenis ikan air laut dan hewan yang hidupnya di sekitar terumbu karang.
  • Mengeluarkan cairan pekat atau berbau menyengat. Sebagai contoh hewan yang mengeluarkan cairan pekat adalah cumi-cumi. Cairan pekat tersebut dapat membuat air menjadi keruh sehingga dapat menghalangi pandangan musuhnya. Kemudian, hewan yang mengeluarkan bau yang sangat menyengat, contohnya walang sangit.

Itulah penjelasan tentang pengertian fauna dan jenis-jenisnya. Semoga dengan Berbagi Informasi Dunia Fauna ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Terutama bagi teman-teman yang memang saat ini sedang mencari informasi tentang fauna.

Buka Komentar
Tutup Komentar