--> Skip to main content
Menu

Pengertian Kokain Efek dan Bahaya yang Ditimbulkan

Kokain merupakan obat golongan stimulan yang jika disalahgunakan bisa memberikan efek adiksi atau kecanduan. Selain itu penyalahgunaan kokain juga dapat berdampak buruk pada fisik maupun psikologis penyalahgunanya. Bahkan, penyalahgunaan kokain juga bisa menyebabkan kematian. Nah, apa itu kokain? Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian kokain, efek dan bahaya yang ditimbulkan.

Pengertian Kokain

Pengertian Kokain

Kokain adalah senyawa yang diperoleh dari daun tanaman Erythroxylum coca atau yang dikenal dengan daun koka. Senyawa yang terdapat pada kokain disebut sebagai alkaloid. Tanaman Erythroxylum coca tumbuh banyak di Amerika Selatan dan oleh masyarakat setempat sudah digunakan sejak lama untuk keperluan ritual keagamaan dan untuk penambah stamina.

Namun, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menggolongkan kokain sebagai NAPZA golongan I dan penggunaannya hanya diperbolehkan untuk tujuan ilmu pengetahuan. Hal tersebut lantaran kokain bisa menimbulkan efek yang berbahaya jika sampai disalahgunakan.

Efek dari Penggunaan Kokain

Kokain adalah salah satu jenis narkoba yang bisa menyebabkan efek ketergantungan atau adiksi obat. Jika telah terkena efek tersebut, maka penggunanya bisa merasakan dorongan yang kuat untuk terus menggunakan kokain.

Kokain dapat menimbulkan efek bagi penggunanya seperti merasa gembira, lebih percaya diri, berenergi, dan banyak bicara dalam waktu yang singkat. Efek lain dari kokain yaitu terjadinya perubahan suasana hati yang secara drastis serta menghilangkan rasa lelah dan sakit. Namun, efek tersebut hanya dapat berlangsung sekitar setengah jam hingga 3 jam saja.

Pada saat penggunaan kokain dihentikan, maka dapat muncul gejala putus obat. Efek inilah yang bisa menimbulkan terjadinya gangguan kesehatan mental, seperti perubahan mood, depresi, psikosis, gelisah, susah tidur dan perubahan perilaku yang terkadang mengarah ke hal kekerasan.

Namun, apabila kokain sering digunakan maka dapat menyebabkan penggunanya mulai mengalami halusinasi, paranoia, panik, cemas, mudah marah, melakukan tindakan yang aneh secara berulang dan suka melakukan kekerasan.

Bahaya Kokain bagi Kesehatan Fisik Maupun Mental

Efek yang ditimbulkan kokain bisa membahayakan dan mengganggu berbagai fungsi organ pada tubuh. Adapun bahaya kokain bagi kesehatan fisik dan mental yaitu sebagai berikut:

Otak

Kokain bisa memicu terjadinya gangguan fungsi pada otak yang salah satunya yaitu produksi hormon dopamine yang merupakan senyawa yang berfungsi menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh. Hal tersebut bisa memicu berbagai macam gejala, seperti kelainan gerak tubuh atau tremor dan kejang. Jika penggunaannya dalam dosis yang tinggi maka kokain dapat menyebabkan mati otak.

Jantung

Penggunaan kokain juga bisa menyebabkan denyut jantung dan tekanan darah menjadi meningkat serta pembuluh darah yang memasok darah ke jantung menjadi menyempit. Jika hal ini tidak segera dilakukan penanganan maka bisa memicu terjadinya serangan jantung dan aritmia yang bisa membahayakan nyawa.

Paru-paru

Menghirup kokain dengan hidung bisa memicu terjadinya iritasi yang bisa menyebabkan hidung menjadi berair, hilangnya indra penciuman hingga mimisan. Sedangkan menggunakan kokain dengan cara dihisap seperti rokok dapat menyebabkan paru-paru mengalami iritasi, rentan mengalami infeksi bahkan parahnya bisa menyebabkan kerusakan secara permanen.

Ginjal

Kokain bisa menyebabkan masalah gagal ginjal akut. Penderita hipertensi yang menggunakan kokain bisa mengalami perepatan terjadinya kerusakan ginjal jangka panjang. Hal tersebut karena kokain bisa membuat tekanan darah menjadi meningkat.

Saluran pencernaan

Jika kokain digunakan dalam jangka panjang maka bisa pembuluh darah ke usus bisa menjadi semakin sempit dan ini dapat menyebabkan luka di sepanjang saluran pencernaan sehingga akan berisiko mengalami kebocoran usus maupun lambung.

Kulit

Risiko infeksi pada kulit maupun jaringan sekitarnya seperti otot bisa terjadi karena penggunaan kokain dengan cara disuntik. Umumnya infeksi yang terjadi disebabkan karena bakteri Staphylococcus. Biasanya bakteri tersebut terdapat di jarum suntik yang dipakai secara bergantian sehingga menjadi tidak steril.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian kokain efek dan bahaya yang ditimbulkan, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.