--> Skip to main content
Menu

Universitas Pertamina Sebagai Salah Satu Kampus Terbaik di Jakarta

Selain banyak orang yang mengadu nasib di Jakarta, juga banyak yang menjadikannya sebagai tempat untuk mengenyam pendidikan. Ada banyak kampus terbaik yang ada di Jakarta, baik itu kampus swasta maupun yang negeri yang bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk kuliah di sana. Nah, salah satu kampus terbaik di jakarta yang bisa kamu jadikan sebagai tempat kuliah yang tepat adalah Universitas Pertamina.

Kampus Terbaik di Jakarta

Tentang Universitas Pertamina

Universitas Pertamina adalah universitas swasta non kedinasan yang berada dibawah naungan salah satu perusahaan BUMN yaitu Yayasan Pertamina. Universitas Pertamina memang merupakan kampus yang baru berdiri yaitu berdiri pada tahun 2016, akan tetapi meskipun baru berdiri kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik yang ada di Jakarta. Kampus ini mempunyai banyak jurusan untuk jenjang pendidikan S1. Tidak hanya itu saja, universitas ini juga memiliki misi untuk bisa menjadi kampus Top World University.

Secara resmi, Universitas Pertamina didirikan pada tanggal 1 Februari 2016. Pendirian tersebut berdasarkan dari SK Menristekdikti No. 60/KPT/I/2016. Kemudian pada tanggal 11 Februari 2016, Universitas Pertamina diresmikan oleh Direktur Utama PT Pertamina Persero dan Menristekdikti yang juga mendapatkan dukungan dari Menteri BUMN.

Universitas Pertamina yang didirikan oleh PT. Pertamina merupakan bentuk kontribusinya terhadap masyarakat. Yang mana dalam hal ini kontribusinya diwujudkan dalam bentuk pendidikan perguruan tinggi. Walaupun Universitas Pertamina yang mendirikan adalah PT. Pertamina, namun Universitas swasta unggulan ini tidak hanya menyelenggarakan program studi teknik rumpun teknologi dan sains saja, namun juga ada program studi rumpun humaniora dan sosial.

Fakultas Dan Program Studi Universitas Pertamina

Terdapat beberapa fakultas dan program studi di Universitas Pertamina. Adapun beberapa fakultas dan program studi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Fakultas Teknologi Industri terdiri dari program studi teknik mesin, teknik elektro, teknik logistik, dan teknik kimia.
  • Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi terdiri dari program studi teknik perminyakan, teknik geologi, dan teknik geofisik.
  • Fakultas Perencanaan Infrastruktur terdiri dari program studi teknik lingkungan dan teknik sipil.
  • Fakultas Sains dan Ilmu Komputer terdiri dari program studi ilmu komputer dan kimia.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari program studi ekonomi dan manajemen.
  • Fakultas Komunikasi dan Diplomasi terdiri dari program studi komunikasi dan hubungan internasional.

Keunggulan Universitas Pertamina

Universitas Pertamina dalam hal mendidik para mahasiswanya mempunyai keunggulan tersendiri. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang ada di Universitas Pertamina:

  • Proses pembelajaran dan kurikulum yang diterapkan di Universitas Pertamina adalah dengan menjalankan tugas dan proyek yang berhubungan dengan bisnis energi dan teknologi, sehingga mahasiswa akan dibekali kemampuan untuk berpikir secara kritis. Dengan demikian, maka mahasiswa akan lebih mampu dalam menyelesaikan berbagai masalah yang kompleks.
  • Universitas Pertamina memiliki lingkungan pembelajaran yang nyaman sehingga dapat menanamkan karakter Integrity, Social Responsibility, Profesionalism, Spirituality, Global Mindset dan Excellence.
  • Sarana dan prasarana pembelajaran terbaik ada di Universitas Pertamina sehingga membuat mahasiswa yang belajar di sana merasa lebih nyaman.
  • Staf pengajar yang ada di Universitas Pertamina adalah seorang lulusan dari perguruan tinggi ternama baik itu dari dalam negeri maupun dari luar negeri.
  • Menerapkan sistem pembelajaran bingual yaitu menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris dalam rangka menuju World Class University dan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MES).

Hal menarik lainnya di Universitas Pertamina yaitu ada berbagai program beasiswa bagi para mahasiswanya. Jika mahasiswa berhasil terpilih mendapatkan beasiswa maka pendidikannya di Universitas Pertamina akan sangat terbantu. Dengan adanya program beasiswa ini tentunya akan menambah minat para calon mahasiswa untuk berkuliah di Universitas Pertamina.