--> Skip to main content

Manfaat Kopi Untuk Rambut Dan Cara Menggunakannya

Berdasarkan penjelasan dari situs Tangerangnews, hampir semua orang tahu kalau kopi itu baik untuk kesehatan tubuh termasuk juga dapat memberikan beberapa manfaat yang luar biasa untuk kesehatan rambut. Kopi merupakan bahan alami yang luar biasa bisa memberikan keajaiban bagi rambut mulai dari merangsang pertumbuhan hingga dapat membuat rambut menjadi sehat berkilau.

Manfaat Kopi Untuk Rambut Dan Cara Menggunakannya

Jadi, dibalik cita rasanya yang khas, kopi ternyata juga menyimpan sejumlah manfaat yang potensial dan sangat disayangkan jika hal tersebut dilewatkan. Nah, untuk mengetahui lebih jelas tentang apa saja manfaat kopi bagi rambut dan cara menggunakannya, kamu bisa menyimak penjelasan dalam artikel ini sampai selesai.

Manfaat Kopi Untuk Rambut

Ada beberapa manfaat potensial dari kopi untuk kesehatan rambut menurut dari beberapa ahli dan penelitian. Beberapa manfaat kopi untuk kesehatan rambut yaitu:

1. Mengatasi rambut rontok

Untuk mengatasi rambut yang rontok dan merangsang pertumbuhan rambut dengan lebih cepat bisa dengan memanfaatkan masker kopi untuk rambut. Pada tahun 2007 silam, studi laboratorium membuktikan, bahwa kandungan kafein pada kopi dapat membantu memblokir hormon dihidrotestosteron yang menjadi penyebab folikel rambut menjadi rusak dan menyebabkan rambut menjadi rontok. Zat kafein yang terkandung dalam kopi ini bersifat simultan, sehingga juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Dengan demikian maka rambut akan bisa tumbuh secara lebih cepat.

2. Membuat rambut menjadi lebih lembut, bebas dari kusut, dan tampak berkilau

Kopi mengandung antioksidan flavonoid yang dapat memperbaiki tampilan rambut. Misalnya dapat membuat rambut menjadi terlihat lebih sehat dan berkilau. Tidak hanya itu saja, kopi juga bermanfaat untuk menghaluskan rambut. Dengan demikian, rambut akan bisa terbebas dari kusut, menjadi lebih lembut dan lebih mudah disisir.

3. Menghilangkan ketombe

Kopi dapat bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Hal tersebut karena kandungan kafein pada kopi dapat membantu untuk mengangkat minyak, sel kulit yang mati, dan kotoran yang menjadi penyebab ketombe.

4. Menghilangkan uban

Manfaat kopi selanjutnya yaitu dapat membuat warna rambut menjadi lebih gelap secara alami, terutama pada rambut yang telah berubah. Hal tersebut dikarenakan, kopi memiliki warna yang gelap, sehingga dapat menutup setiap helai rambut yang telah mulai beruban atau memutih.

Cara Menggunakan Kopi Untuk Rambut

Jika cara menggunakan kopi untuk rambut digunakan secara tepat, maka kamu akan mendapatkan manfaat kopi untuk kesehatan rambut secara optimal. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

1. Menggunakan masker kopi dengan lidah buaya

Sediakan campuran kopi bubuk sebanyak 3 sendok makan dan gel lidah buaya sebanyak 1 sendok makan. Campuran tersebut dapat kamu oleskan ke rambut sebagai masker rambut. Setelah itu tunggulah selama 20 menit agar bisa meresap. Jika sudah bilas rambut hingga bersih.

2. Menyemprotkan seduhan kopi

Seduhlan bubuk kopi hitam beberapa sendok dengan air panas sebanyak 2 cangkir. Diamkan sampai dingin. Setelah itu masukkanlah ke dalam botol semprot. Jika sudah kamu semprotkan seduhan kopi tersebut ke rambut yang sebelumnya telah dibasahi, kemudian lakukan pemijatan ringan agar bisa merata. Apabila sudah, diamkan selama 20 menit agar bisa meresap. Setelah itu, baru kamu bilas dan cuci rambut hingga bersih seperti biasa.

3. Menggunakan masker kopi, minyak kelapa, dan yogurt tawar

Sediakan campuran kopi bubuk sebanyak 3 sendok makan, minyak kelapa sebanyak 1 sendok, dan yogurt tawar sebanyak 1 sendok. Campuran tersebut dioleskan ke rambut sebagai masker rambut. Diamkan selama 20 menit agar meresap. Setelah itu, bilaslah rambut hingga bersih.

Itulah penjelasan tentang manfaat kopi untuk rambut dan cara menggunakannya. Memanfaatkan kopi untuk rambut umumnya sangat minim efek samping karena merupakan bahan alami. Jadi apa salahnya jika kamu mencoba untuk melakukan hal itu.

Buka Komentar
Tutup Komentar