--> Skip to main content

Mau Beli Mobil Bekas? Berikut Ini Ciri-Ciri Kendaraan Tidak Layak Dibeli

Bagi yang ingin membeli mobil tentunya akan dihadapkan pada pilihan baru atau beli bekas, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi yang sudah menabung sejak lama dan keuangan lebih dari cukup maka cocok sekali untuk beli baru. Sedangkan bagi yang punya dana terbatas tentunya harus memilih opsi selain beli baru yaitu mencari mobil bekas yang tentunya dalam hal performa dan penampilan masih layak untuk dipakai.

Beli Mobil Bekas

Jika bicara tentang mobil bekas, maka calon pembeli harus lebih teliti lagi dalam mengeceknya agar tidak mendapatkan mobil yang tidak layak pakai sehingga tidak pantas dibeli dengan harga normal. Untuk membedakan mana mobil bekas yang bagus dengan yang tidak layak beli, berikut ini akan dijelaskan lebih rinci ciri-ciri kendaraan bekas yang tidak layak untuk dibeli sekalipun harganya jauh lebih murah.

Pernah kebanjiran

Ciri-Ciri Kendaraan Tidak Layak Dibeli

Ciri pertama kendaraan bekas yang sebaiknya tidak jadi dibeli yaitu pernah kebanjiran apalagi bagi orang-orang yang tinggal di daerah rawan banjir. Biasanya setelah banjir surut, ada banyak orang yang menjual mobil bekas miliknya karena kebanjiran dan ingin menggantinya dengan yang baru. Jadi calon pembeli harus waspada dan hati-hati agar tidak membeli kendaraan yang pernah kebanjiran tersebut. Mobil yang pernah kebanjiran tentunya akan berdampak besar terhadap performanya terutama mesin akan mengalami masalah cukup serius dan juga mudah terjadi korsleting pada bagian tertentu.

Lalu bagaimana cara mengecek mobil yang pernah kebanjiran? hal pertama cobalah untuk mengecek pada bagian bawah karpet. Jika terdapat kotoran seperti lumpur atau yang lainnya maka kemungkinan besar mobil tersebut pernah kebanjiran. Selain itu, cek juga pada semua baut yang ada apakah mengalami korosi atau karat, jika iya maka ada indikasi mobil tersebut pernah kemasukan air karena banjir.

Mengalami tabrakan

Ciri-Ciri Kendaraan Tidak Layak Dibeli

Selain kebanjiran, ciri lain dari kendaraan bekas yang sudah pasti tidak layak beli dan tidak diinginkan oleh calon pembeli adalah mobil pernah mengalami tabrakan. Apalagi benturan yang cukup kencang dan menyebabkan bagian luar mobil menjadi rusak atau penyok atau bahkan membuat rangka menjadi berubah. Jika rangka berubah dan tidak sesuai dengan posisi idealnya maka bisa jadi akan berpengaruh terhadap fungsi komponen lain secara keseluruhan. Untuk mengecek keadaan mobil yang pernah terjadi tabrakan juga cukup mudah yaitu dengan mengecek bagian seperti kap mesin, kaki-kaki, dan yang lainnya apakah ada perbaikan atau tidak.

Itulah 2 ciri yang membuat calon pembeli harus bisa lebih berhati-hati lagi ketika ingin beli kendaraan bekas. Agar terhindar dari kendaraan tidak layak pakai, maka sebaiknya pilih platform mobbi yang sudah bertransformasi sekarang dan dulunya lebih dikenal mo88i. Dengan beli mobil bekas Jakarta dan sekitarnya di platform ini, maka dijamin kendaraan akan bebas banjir dan tidak mengalami tabrakan sebelumnya, cari mobil bekas sekarang juga di mobbi.

Buka Komentar
Tutup Komentar