--> Skip to main content
Menu

Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Manfaatnya

Berdasarkan informasi dari Kabar bisnis, terdapat manfaat yang nyata datang dari pembangunan ekonomi, seperti standar hidup yang lebih baik, lebih mudah mendapatkan pekerjaan, dan pendapatan lebih tinggi. Selain itu, terdapat juga beberapa manfaat yang lain yang sering kali tidak terlihat secara langsung tetapi sama pentingnya. Nah, melihat begitu pentingnya pembangunan ekonomi karena memberikan banyak manfaat, lalu seperti apa itu pembangunan ekonomi? Bagi kamu yang belum tahu silahkan simak penjelasan tentang pengertian pembangunan ekonomi dan manfaatnya dalam artikel ini.

Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Manfaatnya

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pengertian pembangunan ekonomi adalah sebuah proses untuk peningkatan pendapatan per kapita atau pendapatan total dengan melakukan perhitungan adanya pertambahan penduduk yang juga diiringi dengan fundamental yang ada. Dapat dikatakan, pembangunan ekonomi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh Negara dalam mengembangkan kegiatan ekonomi dan taraf hidup untuk warganya.

Pembangunan ekonomi juga dapat diartikan sebagai adanya kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang dapat diwujudkan dalam bentuk pendapatan nasional. Pembangunan ekonomi tidak dapat lepas dari yang namanya pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut karena adanya pertumbuhan ekonomi dapat memperlancar proses pembangunan ekonomi. Begitu pula sebaliknya, adanya pembangunan ekonomi juga dapat mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi.

Manfaat Pembangunan Ekonomi

Adanya pembangunan ekonomi tentu memiliki berbagai manfaat. Adapun beberapa manfaat pembangunan ekonomi yaitu:

Menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi jumlah pengangguran

Pada saat pembangunan ekonomi telah dilaksanakan, maka secara otomatis di berbagai sektor pembangunan terutama dalam bidang industri juga akan mengalami kemajuan yang pesat. Sehingga, akan banyak dibutuhkan karyawan dalam melaksanakan kegiatan industrinya. Dengan begitu terciptalah banyak lapangan pekerjaan yang dapat mengurangi jumlah pengangguran.

Mensejahterakan Masyarakat

Karena pendapatan masyarakat yang meningkat dan jumlah masyarakat yang menganggur semakin berkurang, maka kehidupan masyarakat akan bisa menjadi lebih sejahtera.

Meningkatkan pendapatan nasional

Pembangunan ekonomi dapat memajukan berbagai sektor salah satunya dalam bidang industri. Semakin pesatnya perkembangan industri maka akan berpengaruh pada pajak nasional, sehingga pendapatan nasional pun menjadi lebih meningkat.

Kegiatan ekonomi menjadi lancar

Didalam pembangunan ekonomi terdapat kegiatan ekonomi, sehingga apabila pembangunan ekonomi dapat tumbuh dengan pesat, maka kegiatan ekonomi yang ada di dalamnya dapat berjalan dengan lancar.

Teknologi berkembang dengan pesatnya

Adanya pembangunan ekonomi yang terus tumbuh berkembang dalam sektor industri dan sektor ekonomi lainnya tentu dapat mendorong terciptanya perkembangan teknologi yang pesat.

Dapat memperbaiki pendidikan

Jika pembangunan ekonomi terlaksanakan dengan baik, maka kesejahteraan masyarakat akan menjadi lebih meningkat. Dengan kesejahteraan masyarakat yang meningkat, maka akan membuat banyak masyarakat menjadi bisa menyekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Meningkatnya Keahlian

Dengan pembangunan ekonomi yang berkembang pesat, maka dapat membuat masyarakat menjadi bisa meningkatkan keahliannya. Sebagai contoh, pemerintah bisa mendatangkan tenaga ahli dari luar agar masyarakat bisa belajar banyak dari tenaga ahli tersebut, sehingga keahlian masyarakat bisa lebih meningkat.

Negara Menjadi Lebih Tertata

Dengan pembangunan ekonomi yang baik tentu akan dapat membuat Negara menjadi lebih tertata pembangunannya dan pertumbuhan perekonomiannya.

Kenyamanan lebih terjaga

Negara yang telah tertata dari berbagai aspek dapat membuat masyarakatnya bisa merasakan berbagai fasilitas yang ada dengan nyaman. Lain halnya dengan Negara yang tidak tertata dengan baik, tentu masyarakatnya merasa kurang nyaman dengan berbagai fasilitas yang ada.

Demikian penjelasan tentang pengertian pembangunan ekonomi dan manfaatnya, semoga penjelasan yang telah kami tulis tersebut dapat bermanfaat.