--> Skip to main content
Menu

Perbedaan Sundubu Jjigae Dan Budae Jjigae

Ketika kamu menonton film drama korea kesayanganmu tentunya kamu pernah kan dibikin ngiler oleh makanan yang ditayangkan dalam film tersebut. Biasanya berbagai macam menu khas korea dihidangkan panas-panas dengan warna yang mencolok memiliki daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. Kini, masyarakat Indonesia juga sudah mulai menggandrungi masakan kuliner khas korea tersebut. Hal tersebut terbukti dengan semakin banyaknya restoran Korea yang ada di berbagai kota besar di Indonesia.

Perbedaan Sundubu Jjigae Dan Budae Jjigae

Dari sekian banyaknya hidangan makanan khas korea, makanan sundubu jjigae dan budae jjigae menjadi 2 makanan berkuah yang sering ditemui dan disukai oleh masyarakat Indonesia. Lalu seperti apa sih perbedaan Sundubu Jjigae dan Budae Jjigae? Nah, simak penjelasannya di sini untuk mengetahui perbedaannya.

Perbedaan Sundubu Jjigae Dan Budae Jjigae

Untuk megetahui perbedaan antara Sundubu Jjigae dan Budae Jjigae kita harus tahu dulu apa itu sundubu jjigae dan apa itu budae jjigae. Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa Itu Sundubu Jjigae

Jjigae dalam bahasa korea berarti sup, sedangkan sundubu artinya adalah tahu halus atau sejenis tofu yang lembut. Pemberian nama pada menu ini cukup menjelaskan lauk tahu halus yang menjadi bahan utama dari menu sundubu jjigae. Biasanya orang korea menyajikan hidangan sundubu jjigae ke dalam ttukbaegi atau sebuah pot keramik yang warnanya hitam dan dengan semangkuk nasi beserta dengan kimchi.

Bahan dasar lain yang penting dan tidak boleh dilewatkan ketika membuat sundubu jjigae yaitu bubuk cabai Korea atau yang dikenal dengan sebutan gochugaru. Inilah yang menjadi kunci dibalik warna khas merah yang mencolok pada kuahnya. Bahan lain yang juga digunakan yaitu minyak goreng, bawang putih, bawang bombay, minyak wijen, garam, gula, kecap asin, dan air. Semua bahan tersebut dimasukkan kemudian ditumis secara bertahap ke dalam ttukbaegi yang sudah dipanaskan di atas api kompor.

Selain menggunakan tofu, biasanya topping untuk sundubu jjigae klasik terdiri dari ayam, telur, dan daging sapi. Dalam proses pembuatan kuah, daging harus ikut ditumis supaya dagingnya tidak alot atau kurang matang. Ketika bumbu kuahnya sudah lengkap dan mendidih, maka masukkanlah telur beserta tahu ke dalam pot. Setelah itu untuk menambah aroma sup jangan lupa untuk menaburinya dengan potongan daun bawang.

Apa Itu Budae Jjigae

Budae jjigae merupakan Makanan Korea yang mempunyai cerita sejarah yang unik tersendiri. Secara harfiah kata budae berarti unit militer. Dinamakan budae jjigae karena makanan korea ini pertama kali muncul ketika zaman perang. Kala itu, para tentara korea yang telah kelaparan memutuskan untuk mencampur menjadi satu semua sisa-sisa makanan tentara Amerika. Budae jjigae sampai saat ini masih menjadi hidangan andalan bagi masyarakat korea ketika ada acara berkumpul bersama dengan keluarga maupun teman. Hal tersebut karena hidangan budae jjigae memiliki porsi yang besar. Biasanya budae jjigae disajikan dalam steamboat atau sebuah panci.

Untuk pembuatan kuah budae jjigae, prosesnya kurang lebih seperti halnya membuat kuah sundubu jjigae. Yang membedakan antara kedua makanan tersebut yaitu terletak pada toping yang digunakannya. Jika sundubu jjigae menggunakan tahu halus, sedangkan untuk budae jjigae ini menggunakan luncheon atau sosis. Akan tetapi untuk budae jjigae, bisa lebih bebas berkreasi dengan menambahkan jenis toping yang lain seperti jamur kancing, ramyeon, keju mozzarella, bisa juga lauk apapun sesuai yang diinginkan.

Itulah perbedaan sundubu jjigae dan budae jjigae, semoga penjelasan yang telah kami tulis ini dapat bermanfaat.