--> Skip to main content
Menu

Pengertian PayPal Fungsi dan Cara Daftarnya

Berbelanja online sekarang ini bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, hal tersebut karena ada banyak situs atau aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk berbelanja online. Hal tersebut dapat terjadi berkat adanya dukungan yang maksimal dari kemajuan teknologi di segala bidang, termasuk dalam bidang pembayaran seperti penggunaan PayPal. Nah, apa itu PayPal? Bagi kamu yang belum tahu, kamu bisa menyimak penjelasan tentang pengertian PayPal, fungsi dan cara daftarnya berikut ini.

Pengertian PayPal

Pengertian PayPal

PayPal adalah rekening secara virtual yang menyediakan layanan jasa transfer maupun pembayaran secara online. PayPal mempunyai jaringan yang sangat luas sehingga dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan antar Negara.

Sampai sekarang ini Paypal masih menjadi salah satu alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis online di seluruh dunia. Hal tersebut dikarenakan transaksi menggunakan PayPal mempunyai tingkat keamanan yang terbilang baik dan terjamin apabila dibandingkan dengan berbagai media pembayaran virtual lainnya yang serupa.

Dalam melakukan berbagai transaksi online, PayPal banyak digunakan sebagai sumber dana. Selain itu juga digunakan untuk pembayaran maupun penerimaan uang yang terjadi dalam bisnis online. Uang yang ada di Paypal dapat dilakukan penarikan dengan mudah, karena bisa ditarik ke rekening bank, maupun ke berbagai dompet digital seperti dana, ovo, gopay, shopeepay dan lain-lain. Namun, untuk bisa melakukan penarikan saldo paypal, minimal saldo harus $10. Jika saldo kurang dari $10 dan ingin menarik saldo paypal, solusinya bisa dengan menggunakan bantuan jasa convert paypal.

Fungsi PayPal

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan apabila menggunakan PayPal. Selain dapat digunakan untuk berbelanja secara online di marketplace global, kamu juga dapat menerima kiriman yang berasal dari luar negeri secara praktis dan cepat. Adapun beberapa fungsi dari PayPal diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

  • Sebagai pembayaran alternatif bagi yang tidak mempunyai rekening Bank.
  • Untuk berbelanja secara online dengan aman tanpa ada batasan wilayah Negara.
  • Untuk mengirim uang kepada teman, keluarga, maupun kerabat yang dimanapun berada meskipun tinggal di wilayah Negara yang berbeda.
  • Bisa menerima uang dalam bentuk mata uang asing, yang dapat ditarik atau dicairkan menjadi rupiah ke bank lokal maupun dompet digital misalnya ke akun dana. Namun, untuk mencairkannya harus memenuhi ambang minimal yaitu 10$ jika tidak maka solusinya bisa menggunakan jasa convert paypal ke dana.

Cara Daftar PayPal

Untuk membuat atau mendaftar akun Paypal tidak membutuhkan waktu yang lama, terutama apabila kamu yang sebelumnya memang sudah memiliki kartu kredit. Pastikan juga kamu sudah mempunyai email yang valid dan sudah berusia lebih dari 18 tahun. Jika memang sudah memenuhi persyaratan tersebut, maka berikut ini adalah panduan untuk membuat akun Paypal dengan mudah:

Bukalah situs web PayPal

Bukalah situs web paypal.com, apabila kamu terdeteksi berasal dari Indonesia, maka kamu akan diarahkan ke situs web PayPal yang berbahasa Indonesia.

Pilihlah tombol daftar sekarang

Terdapat 2 jenis akun paypal yang dapat kamu pilih, yaitu akun rekening pribadi dan bisnis. Apabila kamu ingin membuat akun PayPal untuk perusahaan, maka kamu dapat memilih yang bisnis, namun jika untuk pribadi kamu dapat memilih akun rekening pribadi.

Pilihlah profesi dan isi data diri

Pilihlah profesimu, kemudian isikan data dirimu secara lengkap, setelah itu masukkan password yang kamu pilih.

Menunggu proses verifikasi akun

Akun yang telah kamu buat, membutuhkan proses verifikasi supaya dapat dipakai di berbagai macam merchant PayPal yang ada di seluruh dunia.

Saat ini, untuk membuat akun PayPal dapat dilakukan dengan mudah melalui smartphone. Hanya dengan mendownload aplikasi PayPal yang tersedia di PlayStore pada Android atau di App Store pada iOS, kamu sudah bisa mendaftar. Untuk langkah-langkah pendaftaran yang diperlukan kurang lebih seperti ketika mendaftar melalui situs web resmi PayPal.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian PayPal, fungsi dan cara daftarnya, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.