--> Skip to main content
Menu

Pengertian Data Center dan Ciri Data Center Terbaik

Bagi sebuah perusahaan atau bisnis, keberadaan data center bisa dikatakan sangat penting. Data center menjadi fasilitas utama atau kebutuhan utama yang harus ada dalam sebuah perusahaan atau bisnis. Kenapa demikian? Simak penjelasan tentang apa itu data center dalam pengertian data center dan ciri-ciri data center terbaik bagi perusahaan dalam artikel ini.

Pengertian Data Center

Pengertian Data Center

Data center adalah pusat data yang merupakan sebuah tempat atu ruangan yang secara khusus dibuat untuk keperluan penyimpanan data pada sebuah entitas. Penyimpanan data yang dimaksudkan yaitu dapat diartikan ke dalam banyak hal. Terutama arti dari data sendiri untuk setiap bisnis atau perusahaan jelas berbeda. Data-data yang disimpan dalam data center bisa dalam bentuk informasi atau server komputer sebuah perusahaan.

Dapat disimpulkan bahawa data yang tersimpan tidak selalu dalam bentuk fisik yang bisa disentuh atau dipegang. Maksudnya yaitu data dapat berupa file yang tidak akan memakan banyak tempat. Dapat dikatakan bahwa pengertian data center adalah sebuah tempat penyimpanan data yang dalam proses penyimpanannya tidak memakan ruang secara fisik atau nyata, tetapi memerlukan bantuan internet.

Ciri-ciri Data Center Terbaik

Untuk lebih memajukan keberlangsungan bisnis dalam sebuah perusahaan, maka menentukan pilihan data center yang tepat sangat diperlukan. Adapun beberapa Ciri Data Center Terbaik diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Lokasi strategis

Lokasi yang strategis menjadi factor penting karena dapat memberikan kemudahan aksesbilitas bagi tim IT perusahaan untuk melakukan pemeliharaan dan pengkinian sistem di Data Center. Lokasi Data Center yang berada di dekat kantor perusahaan dapat memungkinkan tim IT segera melakukan pekerjaannya dengan cepat dan mudah tanpa harus membuang waktu untuk perjalanan. Tidak hanya itu saja, lokasi Data Center yang baik dan strategis juga cenderung memiliki jaringan internet yang baik dengan banyak pilihan.

2. Reliabilitas

Reliabilitas atau keadaan menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan. Untuk melihat reliabilitas bisa dengan mengecek redundansi sistem dan infrastruktur. Selain itu juga perlu memastikan adanya proses Back-up apabila ada gangguan pada Data Center. Hal lainnya yang perlu diperhatikan yaitu sistem pendingin yang memadai, agar perangkat server tetap terjaga dan tidak overheat sehinggga bisa beroperasi dengan optimal.

4. Skalabilitas

Data center yang mempunyai skalabilitas dan mampu mendukung pertumbuhan bisnis digital perusahaan secara cepat dan tepat sangatlah penting. Untuk memastikan skalabilitas Data Center bisa dengan menilai kapasitas Data Center dalam hal ruang maupun daya terhadap prediksi pertumbuhan baban kerja IT.

3. Sistem keamanan

Faktor penting yang harus ada pada Data Center adalah keamanan atau Security karena bisa berdampak pada berbagai aspek. Tidak hanya berdampak sebatas asset data saja, akan tetapi juga berdampak terhadap keuangan perusahaan. Terkait keamanan, setidaknya terdapat hal yang perlu diperhatikan yaitu software dan teknologi yang digunakan serta sistem untuk mengamankan hardware maupun infrastruktur fisiknya. Selain itu, perlu juga untuk memastikan bahwa sistem keamanan yang diterapkan pihak penyedia layanan tidak mengganggu kelancaran bisnis yang dijalankan.

5. Reputasinya baik

Reputasi menjadi kata kunci yang dapat digunakan untuk menentukan Data Center yang tepat bagi perusahaan. Untuk melihat seperti apa reputasi Data Center, bisa dengan mencari testimoni dari para pelanggannya, melihat reviewnya di internet atau mungkin bisa juga referensi dari teman-teman IT yang diperpercaya. Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak terkait apabila ada hal yang diragukan.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian data center dan ciri data center terbaik, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.