Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

Advertisement
Pengertian Paypal – Paypal berkaitan erat dengan yang namanya dunia bisnis online. Dalam dunia online terdapat bermacam-macam cara atau sistem pembayaran mulai dari transfer bank lokal sampai dengan yang menggunakan metode pembayaran virtual seperti paypal. Lalu apa itu Paypal? Mungkin diantara anda ada yang masih belum tahu tentang apa yang dimaksud paypal. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengertian paypal dan cara menggunakannya.

Pengertian Paypal

PayPal adalah salah satu alat pembayaran (payment processor) virtual yang banyak digunakan oleh internet mamrketer karena alat pembayaran ini bisa dibilang aman.  Perusahaan paypal disebut Paypal Inc. yaitu perusahaan dalam jaringan yang menyediakan layanan transfer uang lewat surat elektronik, menggantikan metode yang lama yang menggunakan kertas, seperti wesel pos dan cek. Selain itu Paypal juga menyediakan layanan bagi para pemilik situs e-commerce, lelangan dan jenis usaha yang lainnya.

Paypal merupakan jasa penengah atau disebut dengan istilah “brokor” yang digunakan untuk transaksi online yang paling populer di dunia. Paypal dapat diibarakan sebagai rekening virtual, yang dapat digunakan untuk transaksi oleh semua pengguna internet di negara manapun. Untuk melakukan transaksi paypal cukup mudah yaitu hanya dengan mengetahui email paypal seseorang, kita dapat mengirimkan sejumlah uang virtual ke akun paypal orang tersebut secara cepat dan aman.

Paypal bisa digunakan dalam bermacam-macam transaksi misalnya untuk bisnis online, jual beli barang, menerima pembayaran dari pihak lain secara online, membeli aplikasi atau software, mengirim donasi, membeli ebook dan lain-lain. Jika dibanding dengan cek atau money order paypal lebih cepat. Tentunya untuk dapat melakukan semua transaksi tersebut kita harus punya akun paypal dan tahu bagaimana cara menggunakannya. Untuk itu berikut ini saya berikan cara membuat akun paypal dan cara menggunakan paypal.

Cara membuat paypal/ cara daftar paypal

Untuk dapat memiliki akun paypal, anda diharuskan memenuhi persyaratan yang ditentukan yaitu mempunyai akun email yang aktif dan minimal harus sudah berusia 18 tahun atau lebih. Jika anda telah memenuhi persyaratan tersebut, maka langsung saja ikuti langkah-langkah membuat akun paypal berikut ini.

- Buka situs resmi paypal www.paypal.com. 
Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

- Setelah itu pilih sign up/ Daftar, maka akan tampil seperti berikut ini.
Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

  • Akun pertama “Membeli dengan menggunakan akun paypal” ditujukan untuk orang yang ingin melakukan pembayaran dengan paypal pada saat berbelanja online. Dengan mengaktifkan akun ini, maka anda harus mempunyai sebuah kartu kredit.
  • Akun kedua “Menerima pembayaran dengan menggunakan paypal” ditujukan untuk orang yang akan menerima pembayaran melalui paypal. Tetapi dengan akun ini, anda juga masih dapat membayar menggunakan akun paypal ini pada saat transaksi online. Dengan memilih akun ini, anda tidak harus mempunyai kartu kredit, sebab apat juga diaktifkan dengan Virtual Card Number (VCN) seperti VCN Bank BNI. Untuk memilih jenis akun ini, anda cukup pilih “Memulai“.

- Masukan alamat email yang dipakai untuk mendaftar Paypal. Jika sudah pilih “Berikutnya“
Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

- Di halaman berikutnya, anda akan diminta untuk memasukan data-data sebagaimana contoh berikut  ini, kemudian apabila sudah diisi dengan benar pilih Setuju dan Lanjutkan.
Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

- Langkah berikutnya yaitu isi form tentang bisnis anda. Pada form ini anda dapat mengisikan bebas sesuai minat anda. 
Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

- Memasukan identitas, dalam form ini kami menggunakan identitas  berdasarkan Kartu Tanda Penduduk.  Apabila  sudah diisi dengan benar, pilih Kirim.
Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

- Akhir dari perjalanan pendaftaran paypal, anda akan menjumpai tampilan seperti berikut ini.
Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

- Anda masuk ke email yang anda gunakan untuk mendaftar paypal, dan bukalah kotak masuk email dari paypal dengan subjek “Selamat datang di PayPal! Aktifkan Rekening Anda Sekarang”  Jika sudah dibuka, pilih tautan yang bertuliskan “Ya, ini adalah alamat email saya“ .
Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

- Maka selanjutnya anda akan dibawa ke halaman paypal dan diminta untuk memasukan sandi yang telah anda buat pada saat pengisian form pendaftaran, kemudian pilih Konfirmasi Alamat Email. 
Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

- Sampai langkah ini anda telah berhasil membuat akun Paypal. Anda akan dibawa ke halaman akun paypal dengan tampilan seperti berikut ini:
Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

Cara menggunakan paypal

Berikut ini adalah cara menggunakan paypal yang cukup mudah dalam mengirim uang maupun melakukan penarikan uang ke rekening bank lokal. Oke langsung saja inilah caranya.

Cara pengiriman uang melalui paypal

Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

Di paypal mengirim uang dibedakan 2 jenis yaitu family and friends dan payment as service. Yang membedakan di sini yaitu pada pajak atau fee yang dikenakan. Untuk pilihan family and friend tidak setahu kami tidak dikenakan pajak alias 0% tapi jumlah yang kami kirim kecil, sedangkan untuk Payment as service dikenakan pajak sesuai kebijakan jenis akunnya.

Cara pengirimannya cukup mudah tinggal pilih send money to friends and family atau Pay for good or service masukan sejumlah uang yang akan di transfer. 
Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

Cara withdraw paypal/ penarikan

Penarikan bisa dilakukan setelah melakukan link/ mengaitkan ke bank lokal. Bank lokal ini dijadikan sebagai bank penerima dalam kurs rupiah.

Berikut inicara mengaitkan akun paypal ke bank lokal :
Untuk Business account : pilih Profile -> profil setting -> Financial information -> di bagian label bank accounts pilih update
Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

Kemudian pilih add/tambahkan, isi sesuai dengan data yg diminta. untuk nama bank dan kode bank pilih di link whats this.. seperti gambar berikut ini, kemudian continue.
Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

Untuk account personal sama saja, pada halaman depan bisa langsung pilih link add bank account.

Untuk melakukan penarikan dapat pilih langsung tarik dana/ Withdraw funds dihalaman depan, kemudian masukan jumlah yang akan ditarik lalu pilih continue. Jumlah minimum Withdraw di paypal yaitu 10$ usd.

Berikut ini contoh proses withdrawal, senilai 10$ yang akan di konversi sesuai dengan kurs yg berlaku dikurangi biaya administrasi senilai IDR 16.000.
Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya

Itulah artikel dari kami tentang Pengertian Paypal dan Cara Menggunakannya. Semoga artikel yang ada di blog temukan pengertian ini dapat menambah pengetahuan kita.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru