--> Skip to main content
Menu

Pengertian Proxy dan Fungsinya

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, hampir semua orang bisa menggunakan internet. Untuk itu sistem yang dapat mengamankan pengguna sangat diperlukan. Hal tersebut karena pada saat perangkat mulai terhubung, ISP atau server bisa mendapatkan informasi perangkat, lokasi maupun informasi pribadi penggunanya. Melihat hal tersebut, tentunya orang tidak ingin jika informasi pribadinya tersebar secara luas, karena bisa saja bahaya mengintai jika dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itulah, diperlukan sebuah proxy untuk melindunginya. Nah, apa itu proxy? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Proxy dan Fungsinya

Pengertian Proxy

Proxy merupakan sebuah sistem yang menjadi penengah antara pengguna dengan internet untuk menyembunyikan identitas atau informasi pribadi pengguna. Dengan demikian maka data yang dikirimkan ke website tujuan akan memakai alamat IP dari proxy server dan bukan memakai alamat IP penggunanya.

Untuk dapat menjalankan tugasnya, proxy memerlukan sebuah server atau yang dikenal sebagai proxy server. Proxy server yaitu layanan jaringan yang menyediakan layanan proxy dapat berupa komputer atau alat tertentu yang fungsinya untuk melakukan proses permintaan menggunakan proxy.

Dengan proxy, maka identitas dan IP address pengguna akan disembunyikan. Biasanya, orang-orang menggunakan proxy seperti Proxysite untuk mengakses situs yang telah diblokir di suatu wilayah tertentu. Selain itu proxy juga banyak digunakan oleh perusahaan tertentu untuk membangun jaringan bisnis secara tertutup.

Bagaimana sampai di sini kamu sudah mengerti kan seperti apa itu proxy. Selanjutnya setelah kamu tahu pengertian proxy, maka kamu perlu tahu juga cara kerja proxy.

Cara Kerja Proxy

Biasanya proxy server terletak diantara local computer dan jaringan internet. Tanpa adanya proxy server, maka informasi dari perangkat komputermu terlebih dahulu akan diteruskan melalui router penyedia layanan internet atau ISP, baru selanjutnya diteruskan ke situs yang dikunjungi.

Proxy server biasanya terletak di antara local computer dan jaringan internet. Tanpa proxy server, informasi dari komputer Anda akan diteruskan melalui router penyedia layanan internet (ISP) lebih dulu, baru kemudian diteruskan ke server situs yang ingin dikunjungi.

Jika kamu menggunakan proxy untuk mengakses situs web, maka ketika mengakses sebuah situs web, permintaanmu akan dikirim ke proxy server untuk diproses. Kemudian permintaan yang telah diubah datanya, akan dilanjutkan ke situs web yang kamu tuju. Dengan demikian, situs web tersebut akan melihat alamat IP proxy server bukan alamat IP kamu.

Fungsi Proxy

Proxy sendiri mempunyai beberapa fungsi yang bermanfaat bagi para pengguna internet. Adapun beberapa fungsi proxy diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

1. Untuk mengontrol penggunaan internet anak

Supaya penggunaan internet untuk anak bisa lebih terjaga, maka orang tua dapat membatasi akses internet anaknya dengan memanfaatkan proxy server untuk mengakses situs web tertentu melalui perangkatnya. Dengan demikian, maka anak-anak bisa lebih terkontrol dalam mengakses internet dan tidak akan mengakses ke situs-situs web yang berbahaya.

2. Untuk memberikan perlindungan tambahan

Untuk koneksi Internet yang lebih aman ketika browsing, baik itu individu maupun organisasi bisa memanfaatkan proxy server. Tentunya bagi instansi atau perusahaan mana pun, sangat dibutuhkan sistem yang dapat menjamin keamanan data supaya data-data yang sensitif tidak sampai bocor ke tangan kompetitor atau ke Negara lain.

3. Untuk meringankan bandwidth

Dengan menggunakan proxy server, maka pengguna bisa mendapatkan bandwidth dan koneksi internet yang lebih baik. Selain itu Proxy server juga dapat dipakai untuk menyimpan web cache atau menyimpan salinan website secara local, khususnya untuk situs web yang sering diakses.

4. Untuk mengakses website yang diblokir

Pengguna internet juga dapat memanfaakan proxy server untuk mengakses website yang telah diblokir oleh pemerintah. Hal tersebut karena permintaan yang dikirimkan memakai proxy akan melalui proxy server dan bukan server ISP yang telah dikontrol oleh pemerintah.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian proxy dan fungsinya, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.