Skip to main content

Pengertian ISP (Internet Service Provider)

Pengertian ISP (Internet Service Provider) – Bagi beberapa orang yang sudah terbiasa menggunakan jaringan internet, tentunya istilah ISP sudah bukan hal yang asing lagi. Setiap orang yang menggunakan jaringan internet pastinya akan menggunakan ISP. Meskipun ISP selalu digunakan, namun masih banyak orang yang tidak tahu dengan apa itu ISP Internet Service Provider. Karena kebanyakan mereka itu hanya sekedar menggunakan saja tanpa memahaminya. Maka dari itulah dalam pembahasan ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud ISP (Internet Service Provider) agar teman-teman yang belum tahu, bisa tahu tentang apa yang dimaksud dengan Internet Service Provider (ISP). Supaya bisa lebih memahaminya, di sini selain kami jelaskan tentang definisi Internet Service Provider (ISP), juga kami jelaskan tentang fungsi ISP Internet Service Provider, cara kerja ISP Internet Service Provider, jenis-jenis ISP (Internet Service Provider), dan contoh ISP di indonesia.
Pengertian ISP (Internet Service Provider)

Pengertian ISP (Internet Service Provider)

ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider artinya penyelenggara jasa internet yang merupakan produsen yang memberikan jasa layanan akses internet atau media komunikasi informasi yang berbasis online. ISP ini mempunyai jaringan yang luas, baik itu secara domestik maupun secara internasional sehingga para penggunanya bisa terkoneksi dengan jaringan internet global. Jaringan tersebut merupakan media transmisi yang dapat mengalirkan data-data dari satu tempat ke tempat lain. Media transmisi ini bisa berupa kabel, modem dan jalurnya, VSAT atau radio.

Atau secara singkatnya pengertian dari ISP adalah sebuah badan atau perusahaan yang menghubungkan komputer melalui saluran komunikasi ke server ISP yang telah terhubung ke Inteernet atau bisa dikatakan sebagai penyedia layanan jasa Internet.

Fungsi ISP Internet Service Provider

Jelaskan fungsi ISP (Internet Service Provider)? Fungsi dan tugas utama dari ISP (Internet Service Provider) adalah sebagai perusahaan penyedia layanan koneksi internet bagi masyarakat umum. Apabila tidak ada produk ISP, mungkin kita tidak akan dapat menikmati akses jaringan internet seperti yang bisa kita nikmati sekarang ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah peranan dan fungsi ISP:
  • ISP sebagai perusahaan penyedia layanan jasa koneksi internet.
  • Sebagai perusahaan penyedia perangkat modem untuk dial-up koneksi internet.
  • Sebagai penghubung pengguna internet ke gateway internet terdekat.
  • Sebagai media penghubung pengguna jasa internet dengan layanan informasi yang ada pada www (World Wide Web).
  • Sebagai media yang dapat membantu pengguna jasa untuk melakukan aktivitas download dan upload data dari internet.
  • Sebagai penyedia untuk homepage.

Cara Kerja ISP Internet Service Provider

Jelaskan cara kerja dengan ISP (Internet Service Provider)? Setelah pengguna layanan ISP melakukan permintaan akses internet kepada pihak ISP, maka selanjutnya ISP akan merouting jaringannya ke perangkat yang dimiliki oleh pengguna, seperti acces point, modem dan juga handphone. Kemudian, pengguna dapat menggunakan dan menikmati akses internet di perangkat yang dimilikinya, bahkan dapat memilih jenis jaringan mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Pelayanan Koneksi Internet yang Disediakan ISP

Sebutkan jenis pelayanan koneksi internet yang dilakukan oleh ISP? Berikut ini adalah jenis pelayanan koneksi internet yang dilakukan oleh ISP di Indonesia.
  • Dial-Up-Connection
  • ISP jenis ini merupakan yang paling umum digunakan pada bisnis warnet, di mana pengguna tidak dikenai biaya secara terus menerus tetapi sesuai dengan waktu penggunaan pengguna ketika terhubung ke jaringan internet. Dial-up-connection menggunakan modem dan kabel telepon untuk dapat terhubung ke internet. Akses dial-up ini umumnya digunakan untuk: personal dial-up, corporate dial-up, LAN dial-up ISDN dan Night server access.
  • Dedicated Connection
  • ISP jenis ini mempunyai sifat yang menetap di mana pengguna akan terhubung ke jaringan internet selama 24 jam penuh dalam waktu 7 hari. ISP jenis ini umumnya digunakan oleh perusahaan yang mempunyai jumlah karyawan dan komputer yang banyak.
  • Internet Hotspot
  • Layanan internet jenis ini tidak menggunakan kabel layaknya pada dial-up. Internet hotspot biasanya digunakan di cafe, bandara ataupun di tempat-tempat umum yang lain. Jenis layanan internet hotspot sangat cocok bagi kamu yang menggeluti bisnis bidang kuliner.
  • Internet Wireless
  • Merupakan layanan internet tanpa kabel dan tanpa adanya biaya telepon. Biaya yang dikenakan yaitu hanya biaya penggunaan internet saja.
  • Internet Mobile Acces
  • Jenis layanan ini merupakan layanan ISP untuk pengguna perangkat mobile atau smartphone sehingga pengguna bisa mengakses internet melalui perangkat perangkat yang mereka gunakan. ISP jenis ini merupakan yang paling banyak digunakan untuk mengakses internet di smartphone yang mendukung jaringan GSM dan juga CDMA.

Itulah jenis-jenis ISP (Internet Service Provider).

Contoh ISP di indonesia

Sebutkan beberapa contoh ISP di Indonesia? Beberapa contoh Internet Service Provider di Indonesia adalah sebagai berikut ini:
  • Indihome – Telkom Speedy
  • Merupakan ISP yang termasuk anak perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) bidang telekomunikasi, yaitu PT. Telkom Indonesia. Di kalangan pengguna internet ISP ini menjadi ISP favorit karena menghadirkan koneksi internet yang stabil.
  • Acces Service Dedicated to Internet
  • ISP ini disebut Astinet yang juga berasal dari PT. Telkom Indonesia yang digunakan untuk koneksi internet dalam skala yang besar.
  • IM2
  • Jenis produk ISP ini berasal dari PT. Indosat M2 yang menyediakan layanan jasa penyewaan domain dan hosting.
  • Centrin
  • Produk ISP yang berasal dari PT. Centrin Online yang memberikan layanan akses internet yang dilengkapi dengan infrastruktur yang sangat canggih.
  • Provider Seluler
  • Merupakan ISP yang banyak digunakan masyarakat di mana saat ini semua provider sudah menyediakan jasa ISP yang berbasis kuota internet. Umumnya ISPI ini digunakan untuk ponsel.

Seperti itulah penjelasan yang bisa kami tulis tentang pengertian ISP (Internet Service Provider). Semoga apa yang kami tulis dalam blog temukan pengertian bisa membantu teman-taman semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar