--> Skip to main content
Menu

Pengertian Command Center dan Tips Menggunakannya

Masalah atau kesulitan dalam sebuah industri dapat datang dari mana pun. Maka dari itulah, biasanya dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu mengatasi masalah atau kesulitan tersebut, termasuk kesulitan yang melebihi prediksi industri atau perusahaan. Untuk bisa mengatasi hal tersebut, maka umumnya setiap industri memerlukan command center. Untuk membangun command center dengan baik mungkin bisa bekerjasama dengan Massen Daten Informatika yang telah berkompeten dalam membangun command center untuk sebuah perusahaan. Berbicara tentang command center, seperti apa sih command center itu? Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian command center dan tips menggunakannya.

Pengertian Command Center

Pengertian Command Center

Command center adalah lokasi atau tempat yang menyediakan alat dan teknologi untuk memberikan suatu perintah, arahan, koordinasi, dan pengambilan suatu keputusan dengan cepat dalam mendukung maupun menghadapi peristiwa-peristiwa penting yang berkaitan dengan suatu perusahaan. Bagi sebuah perusahaan, command center menjadi salah satu fasilitas yang sangat diperlukan oleh perusahaan dalam menjalani Business Continuity Management atau Crisis Management.

Command center bisa mengidentifikasi situasi darurat di masa mendatang, maka secara alami bisa ditingkatkan. Command center biasanya mempunyai sistem informasi yang terintegrasi termasuk sistem komunikasi, sistem control, sistem informasi geografis, sistem pengambilan keputusan, yang dipakai untuk mengumpulkan informasi, menganalisis dan menyebarkan informasi yang penting untuk mengkoordinasi dan mengarahkan operasi yang terkait.

Tips Menggunakan Command Center

Setelah memahami tentang apa itu Command Center yang bisa memberikan keuntungan dalam sebuah bisnis. Maka perlu tahu juga bagaimana cara memaksimalkan IT command center secara efektif. Untuk itu perlu tahu beberapa tips menggunakan command center dengan tepat. Adapun tips-tips yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu sebagai berikut:

Menentukan tujuan dan kebutuhan

Sebelum memulai untuk membangun atau menerapkan command center, pastikan terlebih dahulu menentukan apa tujuan dan kebutuhan yang akan dicapai. Hal ini akan bisa memudahkan dalam menentukan jenis command center yang tepat dan mengelola sumber daya yang ada dengan efektif.

Menyediakan sumber daya yang memadai

Setelah menentukan tujuan dan kebutuhan, maka selanjutnya yaitu menyediakan sumber daya yang memadai. Pastikan telah mempunyai sumber daya yang memadai untuk melakukan pengelolaan command center, termasuk di dalamnya tenaga kerja yang berkualitas dan terlatih, metode kerja yang tepat, dan teknologi yang tepat. Command center tentunya tidak akan bisa maksimal tanpa adanya sumber daya yang memadai.

Penerapan metode kerja secara jelas

Tanpa adanya metode kerja yang jelas, maka pekerjaan tidak akan bisa dilakukan secara maksimal. Untuk itu pastikan telah mempunyai metode kerja yang terukur dan jelas yang bisa diterapkan oleh anggota tim command center dalam melakukan pengelolaan berbagai aktivitas secara efektif terkait dengan tujuan dan kebutuhan command center.

Menyediakan sistem komunikasi

Untuk menjamin kelancaran fungsi command center tentu sangat penting untuk menyediakan sistem komunikasi yang baik. Hal itu karena kelancaran operasi sangat tergantung dengan sistem komunikasi yang baik. Jadi pastikan telah mempunyai sistem komunikasi yang efektif yang bisa memungkinkan untuk berkomunikasi dengan anggota tim, mitra maupun orang lain yang ada di lingkup terdekat.

Menetapkan sistem manajemen

Sistem manajemen yang jelas untuk memonitoring merupakan salah satu bagian yang penting dalam command center. Meskipun command center bisa mendeteksi suatu krisis, tetapi masih memerlukan monitoring yang baik. Pastikan telah mempunyai sistem pelacakan yang efektif yang mampu melacak aktivitas terkait dengan tujuan maupun kebutuhan command center secara realtime.

Menyediakan sistem pelatihan yang baik

Sistem pelatihan yang baik ini penting disediakan untuk memastikan bahwa anggota tim command center bisa mempunyai kompetensi yang dibutuhkan secara tepat dalam mengelola aktivitas yang berhubungan dengan tujuan maupun kebutuhan command center.

Menyediakan sistem penilaian

Belajar dari sistem evaluasi penilaian yang baik tentu dapat meningkatkan kinerja command center secara teratur dan mengidentifikasi hal-hal yang perlu dilakukan perbaikan. Tentunya ini akan membantu command center dalam meningkatkan efisiensi secara menyeluruh.

Kutipan sumber https://cv-MDI.com

demikian penjelasan tentang pengertian command center dan tips menggunakannya, semoga dapat bermanfaat.