--> Skip to main content
Menu

Pengertian Sistem Informasi dan Komponen Sistem Informasi

Pengertian sistem informasi dan komponen sistem informasi – Jika kita perhatikan sistem informasi memberikan dampak yang besar dari waktu ke waktu dalam kehidupan manusia shari-hari. Namun faktanya masih banyak orang yang belum memahami apa itu sistem informasi. Hal tersebut masih bisa dikatakan wajar mengingat istilah sistem informasi belum terlalu umum, terlebih lagi bagi yang masih awam. Sudah tahukah kamu apa yang dimaksud sistem informasi? Nah bagi kamu yang belum tahu di sini bisa kamu dapatkan penjelasan tentang definisi sistem informasi baik itu secara umum maupun pendapat dari beberapa ahli. Selain itu juga kami sertakan penjelasan tentang contoh, komponen, ciri-ciri, fungsi tujuan dan apa saja kemampuan sistem informasi.

Pengertian Sistem Informasi dan Komponen Sistem Informasi

Pengertian Sistem Informasi dan Contohnya

Seperti apa sih definisi sistem informasi dan contohnya? Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian sistem informasi dan contoh penerapannya.

Pengertian Sistem Informasi

Pengertian sistem informasi adalah sistem yang menggunakan teknologi komputer untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi. Dapat pula dikatakan bahwa definisi sistem informasi adalah sistem yang menyediakan informasi yang merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi yang biasanya digunakan untuk manajemen dalam pengambilan keputusan dan untuk menjalankan operasinal pada perusahaan.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Para ahli mempunyai pendapat yang berbeda-beda dalam menanggapi pengertian sistem informasi. Sistem informasi menurut para ahli adalah sebagai berikut.

1. Pengertian Sistem Informasi Menurut MC Leod

Sistem informasi menurut MC Leod adalah sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan sebuah informasi.

2. Pengertian Sistem Informasi Menurut O'brien

Pengertian sistem informasi menurut o'brien 2005, bahwa sisitem informasi adalah kombinasi dari setiap unit yang dikelola oleh orang-orang, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), jaringan komputer, database (basis data), jaringan komunikasi data (komunikasi) yang mengumpulkan, mengunduh serta menyebarkan informasi seputar bentuk organisasi.

3. Pengertian Sistem Informasi Menurut Alter

Definisi sistem informasi menurut alter yaitu sebagai tipe khusus dari sistem keerja yang mana manusia dan mesin melakukan pekerjaan dengan mengguunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu atau menyediakan jasa tertentu bagi pelanggan.

4. Sistem Informasi Menurut Robert A. Leitch

Bahwa sistem informasi ialah sebuah sistem dimana di dalam sebuah organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, dukungan operasi, bersifat manajerial dan adanya kegiatan strategi dari suatu organisasi serta menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan.

5. Sistem Informasi Menurut Henry Lucas

Menyatakan sistem informasi adalah sebuah kegiatan dari prosedur-prosedur yang sudah diorganisasikan, jika dieksekusi maka akan bisa menyediakan informasi untuk mendukung dalam pengambilan keputusan serta pengendalian di dalam.

6. Sistem Informasi Menurut John f. Nash

Sistem informasi adalah kombinasi dari manusia, alat teknologi atau fasilitas, media dan prosedur, serta pengendalian yang ditujujukan untuk menata atau mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pengguna intern maupun ekstern, serta menyediakan dasardalam pengambilan keputusan yang tepat.

Contoh Sistem Informasi

Adapun contoh sistem informasi adalah sebagai berikut:

1 Knowledge Work System

Knowledge work system adalah jenis sistem informasi yang di dalamnya memuat berbagai informasi terbaru tentang ilmu pengetahuan. Selanjutnya ilmu pengetahuan yang dimuat akan bisa diakses oleh seluruh penggunanya dan dapat digunakan untuk memecahkan berbagai masalah yang sedang dihadapi.

2. Office Automation Systems

Office automation systems adalah sistem yang tugasnya untuk menggabungkan beberapa piranti atau peralatan IT dalam sebuah jaringan dan dipusatkan pada sebuah server tertentu. Tujuan dari penggabungan peralatan IT dari pekerja atau anggota adalah agar komunikasi lebih mudah dan lebih efisien.

3. Transaction Processing system

Transaction processing system adalah sistem informasi yang biasanya digunakan pada instansi atau organisasi yang melakukan operasional atau kegiatan tertentu secara rutin. Misalnya melakukan transaksi keuangan, registrasi ulang yang dilakukan secara berkala dan lain-lain.

Komponen Sistem Informasi

Sistem informasi mempunyai beberapa komponen yang mendukungnya. Adapun komponen dari sistem informasi adalah sebagai berikut:

  • Komponen input yaitu data yang akan masuk ke dalam sistem informasi.
  • Komponen model yaitu kombinasi antara prosedur, logika serta model matematika yang memproses data yang telah tersimpan pada database dengan cara yang telah ditentukan untuk dapat menghasilkan output yang diinginkan.
  • Komponen output yaitu hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang bermanfaat bagi seluruh tingkatan manajemen dan seluruh pengguna sistem.
  • Komponen teknologi yaitu alat yang terdapat dalam sistem informasi, teknologi yang dipakai dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan data, mengakses data, menghasilkan output dan mengirimkan output, serta memantau pengendalian pada sistem.
  • Komponen basis data yaitu kumpulan data yang saling terkait yang tersimpan di dalam komputer dengan memakai software database.
  • Komponen kontrol yaitu komponen untuk mengendalikan jika terjadi gangguan terhadap sistem informasi.

Ciri-ciri Sistem Informasi

Dari penjelasan di atas, maka ciri ciri sistem informasi adalah sebagai berikut:

  • Baru, yaitu informasi yang diperoleh adalah baru, dan masih segar bagi penerima informasi.
  • Tambahan, yaitu informasi yang memberikan tambahan atau nilai tambah terhadap informasi yang telah hadir sebelumnya.
  • Kolektif, yaitu informasi bisa menjadi sebuah koreksi dari informasi sebelumnya yang ada kesalahan.
  • Penegas, yaitu informasi yang bisa mempertegas informasi yang telah ada sebelumnya.

Fungsi Sistem Informasi

Berikut yang termasuk fungsi sistem informasi adalah:

  • Untuk meningkatkan aksesbilitas data kepada pengguna secara efektif dan efisien.
  • Untuk mengembangkan proses perencanaan yang lebih efektif.
  • Untuk mengidentifikasi kebutuhan tentang keterampilan pendukung sistem informasi.
  • Dapat menjamin ketersediaan kualitas serta kemampuan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  • Memahami dan mengantisipasi akan konsekuensi ekonomi.
  • Untuk menentukan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.

Tujuan Sistem Informasi

Secara umum tujuan dari sistem informasi adalah untuk menghasilkan sebuah informasi. Sistem informasi adalah data yang diproses menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi penggunanya. Data yang diproses pun tidak akan cukup jika dikatakan sebagai sebuah informasi. Agar informasi dapat berguna, maka harus ada 3 pilar berikut ini:

  1. Relevance yaitu tepat pada orangnya.
  2. Timeliness yaitu tepat waktunya.
  3. Accurate yaitu akurat atau terpecaya dan tepat nilainya.

Jika 3 hal tersebut tidak dapat terpenuhi, maka informasi tidak bisa dikatakan berguna, melainkan garbage atau sampah.

Kemampuan Sistem Informasi

Kemampuan sistem informasi antara lain sebagai berikut ini:

  • Transaksi lebih cepat & akurat.
  • Kapasitas penyimpanan lebih besar & akses lebih cepat.
  • Mengurangi informasi yang terlalu berlimpah.
  • Alat pendukung pengambilan keputusan.

Demikian penjelasan yang bisa kami tuliskan pada kesempatan ini tentang pengertian sistem informasi dan komponen sistem informasi serta hal yang berkaitan. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat.