--> Skip to main content
Menu

Pengertian Mesin CNC Plasma Cutting, Cara Kerja dan Keunggulannya

Saat ini perkembangan teknologi digital telah merambah ke bidang teknik yaitu untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan teknik. Salah satunya yaitu dalam bidang pengelasan khususnya untuk memotong plat, logam maupun material yang lain. Alat yang membuat proses memotong menjadi lebih mudah tersebut dikenal dengan mesin CNC plasma cutting. Untuk mendapatkan mesin tersebut saat ini cukup mudah karena sudah ada yang Jual mesin cnc plasma surabaya dan di berbagai daerah lain. Lalu seperti apa sih CNC plasma cutting itu? Bagaimana cara kerjanya dan apa saja keunggulannya? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Pengertian Mesin CNC Plasma Cutting

Pengertian Mesin CNC Plasma Cutting

Mesin CNC plasma cutting adalah sebuah mesin yang mempunyai kemampuan untuk memotong plat dari berbagai jenis logam atau material lain dengan tingkat akurasi yang tinggi. CNC merupakan singkatan dari Computer Numerical Control yaitu teknologi sistem kontrol yang mengkombinasikan teknologi komputer dengan peralatan mesin. Peralatan mesin beroperasi dengan memanfaatkan energi panas dari sinar laser dengan kedalaman yang disesuaikan dengan tebal plat logam yang akan dipotong. Dengan sistem CNC maka mesin ini mampu memotong secara otomatis dengan tingkat akurasi yang tinggi dan hasil potongannya pun rapi.

Mesin CNC plasma akan menjadi sangat berguna untuk memudahkan anda dalam menjalankan bisnis yang berhubungan dengan pemotongan pelat logam atau material lainya. Karena dengan mesin CNC plasma anda dapat memotong atau memberikan suatu motif tertentu pada berbagai jenis logam dan berbagai bahan lain secara cepat dan tepat. Selain itu Mesin CNC Plasma ini mempunyai keunggulan dari berbagai sisi, mulai dari waktu pengerjaan yang lebih cepat dan efisien, hemat biaya, hingga produk yang dihasilkan berkualitas tinggi.

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh mesin CNC plasma ini, maka hasil potongan akan lebih presisi dan jauh lebih halus. Maka dari itulah, mesin ini sangat cocok apabila digunakan untuk menjalankan usaha las, atau pemotongan plat logam, besi atau yang sejenisnya.

Cara Kerja Mesin CNC Plasma Cutting

Melihat penjelasan di atas tentunya anda akan lebih penasaran dengan bagaimana cara kerja dari mesin CNC plasma. Cara kerjanya cukup sederhana yaitu dengan menghubungkan mesin CNC plasma dengan komputer, kemudian menyiapkan desain yang ingin dipotong atau dicetak, tunggulah beberapa waktu, mesin akan bekerja untuk melakukan pemotongan terhadap media sesuai desain yang telah dibuat.

Mesin CNC Plasma bekerja dengan cara meniupkan gas ivert dengan kecepatan tinggi lewat komponen nozzle. Dalam waktu yang bersamaan, gas nozzle tersebut membentuk busur listrik yang nantinya akan mengenai bagian permukaan media yang dipotong.

Gas nozzle tersebut akan berubah menjadi plasma yang mempunyai suhu panas yang tinggi dan akan melelehkan media yang akan dipotong. Komponen nozzle yang terdapat di mesin CNC plasma adalah atau obor plasma atau torch plasma yang bekerja untuk pemicu arus listrik dan penyemprot gas. Dalam hal perawatan, komponen ini menjadi yang sangat penting untuk dirawat dengan baik supaya kualitas hasil potong tetap terjaga.

Kelebihan Mesin CNC Plasma Cutting

Pengertian Mesin CNC Plasma Cutting

Bukan tanpa alasan lagi kenapa anda sangat perlu menggunakan Mesin CNC Plasma Surabaya untuk bisnis yang anda jalani. Terdapat banyak keunggulan yang dimiliki oleh mesin CNC plasma sehingga cocok untuk anda gunakan. Adapun beberapa keunggulannya yaitu:

  • Hasil pemotongan dengan tingkat akurasi yang baik apabila dibanding dengan mesin pemotong konvensional yang lain. Hal tersebut karena mesin CNC plasma telah menggunakan sinar laser sehingga dalam pengerjaannya bisa selalu stabil.
  • Akurasi yang baik tersebut membuat hasil potong dari mesin CNC plasma tidak ada tandingannya karena bisa memberikan hasil yang presisi, rapi sesuai dengan desain. Selain itu, mesin ini juga termasuk mesin yang hemat energi karena proses pengerjaan yang dilakukan dengan mesin ini sangat cepat.
  • Selain bisa digunakan untuk memotong logam, CNC plasma juga dapat digunakan untuk memotong berbagai material. Mulai dari material akrilik, kayu multipleks dan lain-lain. Bahkan bisa digunakan untuk memotong bahan material yang lunak seperti kertas, kulit, silicon dan karet.
  • Mesin CNC plasma cutting ini mampu digunakan untuk memotong plat logam yang tebal karena mesin CNC plasma cutting ini dapat mengeluarkan panas hingga 6000 Watt.
  • Tingkat kesalahan pemotongan yang terjadi sangat rendah karena akurasinya yang tinggi, sehingga pola potong yang rumit pun bisa diselesaikan dengan baik.

Demikian penjelasan tentang pengertian mesin CNC plasma cutting, cara kerja dan keunggulannya. Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas dapat bermanfaat.