--> Skip to main content
Menu

Sejarah Singkat Nabi Muhammad SAW

Kisah nabi Muhammad dapat diceritakan kepada anak-anak kita agar tahu Sejarahnya. Dalam kisah Nabi Muhammad SAW terdapat berbagai peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW dari mulai kelahirannya, menikah, ketika berdakwah hingga wafat. Nah, dalam pembahasan ini akan kami sampaikan kisah sejarah singkat Nabi Muhammad SAW yang telah kami rangkum dari situs Arobiyah Institute.

Sejarah Singkat Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW lahir di kota Makkah pada tangggal 12 Rabi’ul awwal tahun gajah yang bertepatan pada tahun 570 Masehi. Disebut tahun gajah karena ketika lahirnya Nabi Muhammad SAW terjadi peristiwa penyerangan untuk merobohkan ka’bah yang dilakukan oleh para pasukan pasukan gajah abrahah.

Nama orang tua Nabi Muhammad SAW Abdullah bin Abdul Muthalib dan Aminah binti Wahab. Abdullah adalah seorang saudagar yang sering melakukan perjalanan ke Negeri Syam. Akan tetapi Nabi Muhammad SAW lahir dalam keadaan yatim karena ayahnya Abdullah bin Abdul Muthalib wafat ketika Nabi Muhammad SAW masih dalam kandungan. Ketika itu, Nabi Muhammad SAW di dalam kandungan Ibunya baru 2 berusia bulan.

Setelah Nabi Muhammad SAW lahir, beliau diserahkan kepada ibu asuhnya yang bernama Halimah Sa'diah untuk disusukan. Hal tersebut karena pada zaman dulu orang arab mempunyai kebiasaan menitipkan dan menyusukan anak-anak mereka kepada perempuan asuh yang tinggal di pedalaman atau pedesaan. Tujuannya supaya anak-anak mereka bisa tumbuh di lingkungan yang alami dan udaranya masih segar. Nabi Muhammad SAW tinggal di desa Bani Sa'ad bersama ibu asuhnya selama 4 tahun.

Kisah selanjutnya ketika Nabi Muhammad SAW berusia 6 tahun sang Ibu wafat. Setelah itu Nabi Muhammad SAW dirawat oleh kakenya dari pihak ayahnya yang bernama Abdul Mutalib. Selang waktu 2 tahun, sang kakek juga wafat.

Semenjak itu Nabi Muhammad SAW selanjutnya dirawat oleh pamannya yang bernama Abu Thalib. Abu Thalib merupakan salah satu seorang petinggi dari keluarga Bani Hasyim. Bersama dengan pamannya Nabi Muhammad SAW sering pergi berdagang ke Syam.

Setelah itu Nabi Muhammad SAW tumbuh dewasa dan beliau menikah saat berusia 25 tahun dengan Siti Khadijah yang saat itu usianya 40 tahun. Siti Khadijah merupakan seorang wanita yang cantik, terpandang dan berasal dari golongan berada di Arab.

Ketika Nabi Muhammad SAW telah berusia 40 tahun beliau mendapatkan wahyu. Setelah Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu dari Allah SWT, beliau mulai melakukan dakwahnya. Pada mulanya, dakwah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Ketika Nabi Muhammad SAW berusia 63 tahun, beliau wafat. Beliau mengalami sakit dalam berapa saat, suhu tubuhnya tinggi hingga akhirnya beliau menghembuskan nafas terakhirnya.

Itulah sejarah singkat Nabi Muhammad SAW, untuk membaca sejarah lebih lanjut bisa buka Sejarah Nabi Muhammad Saw dari Lahir sampai wafat pdf. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat.