--> Skip to main content
Menu

Apa itu BPOM dan Bagaimana Cara Scan Barcode BPOM

Siapa sih yang tidak familier dengan BPOM? Tulisan BPOM biasanya tercantum pada obat dan makanan. Label BPOM pada kemasan obat dan makanan ini berupa kode. Selain kode BPOM terkadang pada produk tertentu juga ada yang mencantumkan dalam bentuk barcode BPOM. Lalu sebenarnya apa itu BPOM dan bagaimana cara scan barcode BPOM? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu BPOM

Apa itu BPOM?

BPOM merupakan singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. BPOM merupakan suatu lembaga yang bertanggung jawab dalam mengawasi keamanan maupun kualitas dari obat dan makanan yang diedarkan di Indonesia. Dengan adanya No. Registrasi dan barcode yang telah diterbitkan oleh BPOM, kita dapat lebih yakin bahwa produk tersebut itu aman digunakan. Apabila kamu ingin melakukan verifikasi keaslian dari suatu produk atau obat yang kamu gunakan, kamu dapat melakukan pengecekan dengan scan barcode yang tertera pada kemasan produk tersebut melalui website BPOM atau aplikasi BPOM.

Cara Scan Barcode BPOM

Terdapat 2 cara scan barcode BPOM yang dapat kamu lakukan yaitu tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi. Adapun cara yang dapat kamu lakukan diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

Cara Scan Barcode BPOM Tanpa Aplikasi

Meskipun berupa barcode, kamu tetap dapat memverifikasi kode atau menscan kode tanpa aplikasi. Jadi, cara Scan barcode bpom tanpa aplikasi bisa dilakukan melalui situs web BPOM. Adapun caranya yaitu:

  • Bukalah browser pada perangkatmu lalu buka situs web resmi BPOM.
  • Selanjutnya kamu dapat cek pada bagian produk yang akan dicari.
  • Terdapat 3 cara untuk memverifikasi keaslian dari suatu produk dan kode BPOM yaitu dengan menginputkan No. Registrasi, Merk, atau Nama Produk.
  • Untuk No. Registrasi silahkan masukkan sesuai dengan nomor yang tercantum pada kemasan.
  • Situs akan mulai untuk mencocokan datanya.
  • Apabila datanya benar maka akan menampilkan informasi tentang produk tersebut.

Bagaimana, cukup mudah kan? Selain melalui situs web BPOM untuk scan barcode BPOM juga bisa melalui aplikasi BPOM untuk memverifikasi produk terkait. Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan Cara Scan Barcode BPOM dengan aplikasi berikut ini.

Cara Scan Barcode BPOM dengan Aplikasi

Cara scan Barcode BPOM menggunakan Aplikasi tentu akan lebih mudah dan cepat jika dibanding dengan cara scan barcode BPOM tanpa aplikasi dimana mana kita harus menginputkan kodenya secara manual. Dengan menggunakan aplikasi kita hanya perlu scan barcode saja dengan aplikasi menggunakan fitur scan kamera. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah caranya:

  • Unduh dan pasang aplikasi BPOM Mobile melalui PlayStore.
  • Jika sudah terpasang bukalah dan berikan izin untuk akses kamera ponsel.
  • Pada halaman utama silahkan klik icon barcode.
  • Setelah itu arahkan kamera ponselmu ke Barcode/ QR Code BPOM yang tercantum pada kemasan produk.
  • Aplikasi akan mulai melakukan proses menscan Barcode.
  • Apabila kodenya Valid, secara otomatis aplikasi akan menampilkan hasilnya dan opsi relevan tentang produk tersebut.
  • Disini juga dapat menginput Nomor registrasi Produk atau NIE untuk pengecakannya.

Demikian informasi yang dapat kami rangkum dari situs cekbpom.info tentang apa itu BPOM dan bagaimana cara scan barcode BPOM. Semoga apa yang kami bagikan ini bermanfaat bagi kamu yang hendak membeli produk obat dan makanan untuk mengecek apakah produknya terdaftar di BPOM ataukah tidak.