--> Skip to main content

Pengertian Barcode dan Contoh Cara Membuatnya

Barcode dan QR Code sering kali kita jumpai di kemasan produk, atau ketika akan melakukan pembayaran digital. Adanya Barcode atau QR Code sangatlah bermanfaat karena dapat menyimpan informasi suatu produk atau barang. Bahkan penggunaan barcode atau QR code saat ini telah berkembang karena banyak digunakan untuk mempermudah pembagian informasi seperti link website, Google Drive, Google Form, WA atau yang lainnya. Lalu apa itu Barcode? Nah bagi kamu yang belum tahu pengertian barcode dan contoh cara membuatnya bisa menyimak penjelasannya di sini.

Pengertian Barcode

Pengertian Barcode

Pengertian barcode adalah kode batang yang berbentuk garis-garis yang memiliki jarak dan ketebalan yang berbeda disertai dengan kumpulan angka. Masing-masing garis yang terdapat pada barcode ini menyimpan informasi berupa teks dan angka dari suatu data. Fungsi barcode adalah untuk mengubah informasi produk menjadi suatu kode tertentu agar memudahkan dalam proses identifikasi dan control produk.

Sementara itu, ada juga QR Code (Quick Response Code) yang merupakan penerus dari barcode yang berbentuk kotak-kotak kecil, dengan 3 kotak yang terdapat di ujung sisi. QR Code pada dasarnya ini adalah satu jenis dari barcode yang bisa dengan mudah dibaca menggunakan sebuah perangkat digital seperti aplikasi pembaca QR pada smartphone maupun alat scanner QR Code. Fungsi QR Code adalah untuk memudahkan pengguna smartphone dalam mengakses informasi secara cepat.

Bedanya QR Code dengan barcode yaitu barcode hanya dapat menyimpan informasi berupa teks dan angka, sedangkan QR Code bisa menyimpan lebih banyak informasi dari suatu data dalam berbagai macam format dan multimedia.

Contoh Cara Membuat Barcode

Agar lebih memahami seperti apa barcode berikut ini saya contohkan cara membuat barcode untuk WA sendiri dan pada link google form.

Cara Membuat Barcode Wa Sendiri

Untuk barcode pada WA sendiri ini sebenarnya adalah jenis QR Code. Untuk membuatnya sangatlah mudah karena bisa dilakukan secara langsung menggunakan aplikasi Whatsapp sehingga tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Nah, bagi kamu yang belum tahu cara membuat barcode wa sendiri simak penjelasan berikut ini:

  • Buka aplikasi Whatsapp kamu, tap pada tombol titik tiga yang letaknya berada di bagian kanan atas layar
  • Setelah itu tap tombol “Setelan”
  • Selanjutnya tap tombol yang berbentuk QR Code letaknya berada di sebelah kanan profil
  • Sekarang QR Code berhasil kamu buat dan kamu bisa membagikannya.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak video membuat barcode QR Code pada WA (WhatsApp) berikut ini:

Cara Mengubah Link Google Form Menjadi Barcode

Contoh membuat barcode selanjutnya yaitu cara mengubah link google form menjadi barcode. Cara ini bisa dilakukan secara gratis dengan menggunakan barcode generator online. Nah, bagi kamu yang belum tahu caranya kamu bisa menyimak penjelasannya berikut ini:

  • Silahkan kamu buka website Barcode.tec-it.com
  • Setelah itu masukan link yang ingin kamu ubah menjadi sebuah barcode
  • Selanjutnya klik tombol “Download”
  • Jadilah sebuah barcode dari link yang sebelumnya telah kamu masukan.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak video tentang cara membuat barcode link Google Form berikut ini:

Selain link Google Form, cara yang sama ini juga dapat dilakukan untuk link website, Google Drive, dan link-link yang lain.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian barcode dan contoh cara membuatnya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang saat ini ingin membuat sebuah barcode.

Buka Komentar
Tutup Komentar