--> Skip to main content
Menu

Persiapan Umroh 9 Hari Untuk Wanita

Ibadah umroh menjadi ibadah sunnah yang bisa dilakukan oleh setiap umat muslim kapan pun. Sebelum umroh, persiapan umroh menjadi hal yang penting untuk dipahami dan dipersiapkan dengan baik supaya terhindar dari kesulitan ketika sudah berada di tanah suci. Lalu, apa sajakah persiapan umroh 9 hari untuk wanita? Nah, bagi yang belum tahu simak penjelasannya dalam artikel ini sampai selesai.

Persiapan Umroh 9 Hari Untuk Wanita

Daftar Persiapan Umroh 9 Hari untuk Wanita

Bagi seorang wanita yang hendak melakukan ibadah umroh selama 9 hari, ada berapa hal yang perlu dipersiapkan secara khusus. Adapun persiapan umroh 9 hari untuk wanita yang kami rangkum dari situs Hamsa Travel umrah bandung ini meliputi berbagai hal penting yang sangat diperlukan saat umroh.

Berikut ini adalah daftar persiapan umroh 9 hari untuk wanita:

Pakaian Ihram

Pakaian ihram merupakan pakaian penting yang perlu kamu persiapkan saat mau berangkat umroh. Sebaiknya pilihlah pakaian ihram yang warnanya tidak mencolok. Pastikan kamu membawa 2 atau 3 pakaian ihram.

Pakaian Non-ihram

Tidak hanya pakaian ihram saja, kamu juga perlu mempersiapkan pakaian non-ihram, misalnya gamis syar’i yang tertutup dan sebaiknya yang berbahan menyerap keringat. Kamu pastikan membawa pakaian non-ihram ini minimal 4 atau 5 gamis.

Pakaian Dalam

Pastikan kamu juga membawa pakaian dalam yang cukup sesuai dengan kebutuhanmu yaitu selama 9 hari.

Baju Tidur

Jangan sampai kelupaan bawa juga baju tidur yang nyaman dan bisa menyerap keringat. Kamu bisa membawa baju tidur 1 atau 2 stel.

Perlengkapan Mandi

Jangan sampai lupa untuk membawa perlengkapan mandi dan handuk. Pastikan kamu membawa perlengkapan untuk mandi sesuai kebutuhan dasar.

Kaos Kaki, Sandal, dan Sepatu

Bawa juga kaos kaki, sandal, dan sepatu yang nyaman sesuai dengan kebutuhanmu selama perjalanan umroh.

Perlengkapan Ibadah

Pastikan kamu membawa perlengkapan untuk ibadah seperti mukena, sajadah, Al-Qur’an saku, buku do’a kecil, dan tasbih. Sebaiknya bawa mukena yang mudah dilipat agar lebih mudah dibawa dalam perjalanan.

Vitamin dan Obat

Bawa juga vitamin atau obat yang kamu perlukan, terutama apabila kamu harus mengkonsumsinya untuk jangka waktu tertentu. Kamu dapat membawa obat-obatan sebagai antisipasi terhadap kondisi kesehatanmu yang bisa saja bisa terjadi.

Pembalut atau Pantyliner

Meskipun jadwal datang bulanmu telah kamu ketahui, tetaplah bersiaga jika kemungkinan terjadi tidak terduga. Jadi, sebaiknya kamu juga perlu membawa pembalut atau pantyliner sebagai langkah untuk pencegahan.

Kaca mata dan Masker

Untuk melindungi mata dan wajah dari debu dan sinar matahari yang kuat selama di tanah suci sebaiknya kamu membawa kacamata dan masker.

Tanda Pengenal

Sertakan tanda pengenal pada semua barang, terutama tas atau koper. Mengingat banyaknya jamaah yang melakukan umroh, ini akan membantu menghindari kehilangan atau pertukaran barang.

Tas Kecil

Membawa tas kecil untuk menyimpan berbagai barang penting seperti uang, ponsel maupun barang lainnya.

Aksesoris yang lain

Untuk melengkapi persiapan umroh selama 9 hari, pastikan kamu juga membawa beberapa aksesoris berikut ini:

  • Botol minum dan Botol Spray: Kamu dapat membawa botol minum untuk mengisi air zam-zam untuk diminum dan botol spray untuk menyemprotkan air ke wajah untuk menyegarkan wajah.
  • Jarum pentul atau peniti: Bawalah jarum pentul atau peniti dalam jumlah yang cukup sebagai antisipasi apabila kerudung atau baju terjadi robek, atau untuk berbagai keperluan mendesak yang lainnya.
  • Topi, kaca mata hitam dan payung: Bawalah topi, kacamata hitam dan payung untuk melindungi diri dari terik sinar matahari selama di tanah suci.
  • Masker: Bawalah beberapa masker untuk melindungi hidung dan mulut dari udara kering. Kamu dapat membasahi masker terlebih dahulu supaya dapat memberikan sesasi yang sejuk. Penting untuk diketahui, bahwa saat berihram jangan mengenakan masker.

Itulah daftar Persiapan Umroh 9 Hari Untuk Wanita yang penting untuk kamu persiapkan sebelum kamu berangkat umroh ke tanah suci. Dengan mempersiapkan berbagai hal tersebut, maka kamu dapat menghindari kesulitan mencari berbagai peralatan yang diperlukan saat di tempat tujuan. Dengan begitu kamu akan lebih fokus pada niat awalmu yaitu menunaikan ibadah umroh di tanah suci.