--> Skip to main content
Menu

Pengertian Manajemen Keuangan

Baik dalam kehidupan individu, kelompok, organisasi atau bahkan perusahaan, keuangan merupakan salah satu aspek yang sangat penting. Dalam skala yang lebih besar, manajemen keuangan adalah salah satu elemen terpenting dalam menjalankan perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan tim keuangan untuk membantu perusahaan dalam menentukan berbagai kebijakan yang berkaitan dengan perusahaan. Lalu, apa itu manajemen keuangan? Tenang karena kali ini kita akan membahas berbagai macam hal lengkap seputar pengelolaan keuangan.

Pengertian Manajemen Keuangan

Pengertian Manajemen Keuangan

Dilansir dari cantara.id, secara efisien dan efektif, sumber daya keuangan suatu entitas atau perusahaan dikelola melalui kedisiplin ilmu manajemen keuangan.

Manajemen investasi, manajemen kas, dan perencanaan keuangan adalah bagian dari manajemen keuangan, yang juga mencakup aktivitas seperti penganggaran. Aspek penting lainnya termasuk pengendalian biaya, pembiayaan, dan analisis kinerja keuangan.

Memaksimalkan nilai perusahaan bagi pemangku kepentingan adalah tujuan utama manajemen keuangan, yang melibatkan memastikan sumber daya keuangan yang cukup untuk mendanai operasi.

Manajemen keuangan dalam konteks bisnis berusaha untuk mengurangi risiko keuangan sekaligus memaksimalkan keuntungan.

Manajemen risiko keuangan yang efektif merupakan aspek penting dari manajemen keuangan. Pengambilan keputusan mengenai investasi dan pembiayaan juga memainkan peran penting. Ini melibatkan pertimbangan jenis investasi yang tepat dan sumber pembiayaan yang optimal.

Selain itu, pengawasan sumber daya moneter juga mencakup pemeriksaan dan penilaian kemajuan fiskal korporasi, bersama dengan perumusan taktik moneter yang bertahan lama dan segera.

Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan menyeluruh dari manajemen keuangan adalah untuk menjamin bahwa organisasi memiliki modal keuangan yang cukup untuk mendukung aktivitasnya dan meningkatkan nilai keseluruhan bisnis untuk berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemegang saham, kreditor, karyawan, dan masyarakat luas. Beberapa tujuan utama tambahan meliputi:

  • Dengan tujuan meningkatkan pendapatan perusahaan, manajemen keuangan berupaya menangani sumber daya keuangan secara efektif dan efisien, sehingga meningkatkan profitabilitas perusahaan.
  • Manajemen keuangan berusaha untuk menjamin bahwa organisasi memiliki arus kas yang cukup untuk memenuhi kewajiban dan hutangnya secara tepat waktu.
  • Dengan mengelola risiko keuangan secara efektif dan memilih investasi yang tepat, nilai perusahaan dapat ditingkatkan melalui pengelolaan keuangan.
  • Manajemen keuangan difokuskan pada pengelolaan dan pengukuran risiko keuangan perusahaan. Ini termasuk risiko seperti risiko operasional, risiko pasar, dan risiko kredit.
  • Laporan keuangan diberikan kepada pemegang saham, kreditur, dan karyawan untuk menjaga hubungan positif dengan pemangku kepentingan dan memastikan akurasi dan transparansi dalam pengelolaan keuangan.

Tips Mengelola Manajemen Keuangan

Berikut merupakan beberapa tips untuk manajemen keuangan yang baik dan dapat anda praktekan dalam mengelola keuangan anda:

  • Buat rencana keuangan jangka panjang
  • Lakukan pemantauan arus kas
  • Kelola utang dengan bijak
  • Kelola risiko keuangan
  • Tetap fokus pada tujuan jangka panjang
  • Pelajari tren keuangan
  • Gunakan sistem manajemen keuangan yang tepat

Dengan menerapkan sistem tips ini, maka setiap perusahaan dapat mengelola keuangannya dengan efektif dan lebih efisien sehingga dapat meningkatkan kemampuan untuk mencapai tujuan dalam waktu jangka panjang.

Kesimpulan

Melakukan pekerjaan dengan baik dalam pengelolaan keuangan perusahaan sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan.

Transparansi dan kejujuran merupakan aspek terpenting dalam pengelolaan keuangan dalam suatu perusahaan, mengingat masalah keuangan perusahaan rentan terhadap manipulasi.

Untuk melakukan ini, lakukan teknik yang dibahas sebelumnya sebanyak mungkin.